Tips Mendapatkan Pekerjaan dengan Gaji Tinggi

Ada yang bilang saat ini masih masa pandemi Covid-19, sehingga banyak perusahaan yang mengurangi karyawannya dan juga melakukan rasionalisasi yang berhubungan dengan biaya. Dan juga, banyak pula informasi negatif yang beredar, bahwa karena pengaruh wabah Covid-19 membuat banyak perusahaan menutup usahanya. Berita ini memang bisa benar bisa tidak. Namun, yang pasti bagi seorang pencari kerja atau Anda yang baru lulus kuliah tentunya informasi negatif tersebut tidak akan mengurangi semangat Anda untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan jurusan, bakat, dan juga impian Anda. Oleh karena itu, sejalan dengan tema yang dibahas, maka tips mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi, sangat pas untuk disampaikan dalam tulisan kali ini.

Tips Mendapatkan Pekerjaan dengan Gaji Tinggi
Foto: ulearning.

Optimis dan semangat rasanya menjadi dua kata kunci bagi Anda yang memang berniat mencari pekerjaan. Tentunya dibalik semua musibah yang terjadi saat ini, manajemen termasuk pihak yang terlibat dalam pengambilan keputusan dalam perusahaan tersebut tidak akan tinggal diam, sehingga berusahan untuk tidak menutup usahanya. Bahkan banyak diantaranya, perusahaan-perusahaan di masa pandemi yang bahkan membuka lowongan kerja dengan gaji dan insentif yang menarik.

Tipe Pekerjaan dengan Gaji Tinggi

Waktu bergulir semakin cepat, yang membuat para sarjana lulusan baru selalu miliki pertanyaan yang sama, yaitu pekerjaan apa yang menawarkan gaji tinggi. Tentunya kembali lagi pada jenis industri dan jenis atau posisi apa yang dijabat yang menyebabkan pekerjaan tersebut bergaji tinggi.

Mengambil sedikit informasi yang pernah ditulis M. Sholekhudin dalam Tabloid Intisari Edisi No. 567, terdapat dua hal yang menyebabkan gaji sebuah pekerjaann bergaji tinggi, antara lain:

  • Jenis profesi pekerjaan tersebut menawarkan gaji yang tinggi, atau.
  • Perusahaan tempat bekerja tersebut memiliki standar gaji yang tinggi.

Kombinasi diantara keduanya akan memberikan tawaran menarik dengan pekerjaan yang bergaji tinggi.

Baca juga: Tips Melamar Kerja.

Beberapa tulisan memang memberikan gambaran yang menyebutkan jenis pekerjaan yang menawarkan gaji tinggi, meskipun saat ini masih di tengah pandemi. Bahkan mengacu pada tulisan M. Sholekhudin tersebut, terdapat beberapa jenis pekerjaan yang selama satu dekade bertengger di papan atas sebagai daftar pekerjaan favorit dan bergaji tinggi, yaitu:

|Lini A

Menurut Bernadette R. Themas, yang pernah menjabat sebagai Country General Manager Konsultan Rekrutmen Kelly Services Indonesia, menyampaikan bahwa, “Dari tahun ke tahun yang paling banyak dicari adalah pada posisi sales dan marketing.”

Sampai saat ini, meskipun saat ini masih terjadi wabah pandemi, posisi tersebut masih banyak yang ditawarkan, mengingat hidup matinya perusahaan berada di tangan manajer yang menjual dan memasarkan produk, sehingga wajar gajinya sangat tinggi. 

Baru setelah posisi sales dan marketing pada level kedua, posisi yang banyak dicari adalah posisi pada bidang keuangan (finance) dan akunting. 

|Lini B

Dibawah posisi lini A tersebut di atas terdapat lini B yang diisi berbagai profesi, antara lain:

  • Profesi engineering. Posisi ini memegang peringkat pertama pada Lini B, termasuk dalam kategori ini adalah para ahli TIK (Teknologi informasi-komunikasi). Saat ini semenjak pandemi semua sangat bergantung pada teknologi komunikasi, maka hal wajar bila profesi ini banyak diminati. 
  • Tenaga ahli pada industri minyak dan gas bumi, mulai dari tenaga teknik sampai tingkat manajer.

|Lini C

Pada lini C ini diisi oleh pekerjaan lain-lain, seperti ahli hukum, manajer HRD dan masih banyak bidang lainnya. 

Posisi tersebut diatas memang tidak bisa dipukul rata, hal ini sejalan dengan yang disampaikan M. Ali Akbar seorang konsultan rekrutmen JO Executive Jakarta. Tidak semua perusahaan migas menawarkan gaji yang tinggi.

Tips Bagi Pencari Kerja dengan Gaji Tinggi

Banyak hal yang harus diperhatikan bagi Anda yang memiliki mimpi untuk bisa mendapatkan pekerjaan dengan gaji besar. Mengutip apa yang disampaikan Bernadette dan Akbar dalam catatan yang disampaikan M. Sholekhudin, terdapat tips yang bisa dijadikan pedoman bagi Anda pencari kerja dengan gaji tinggi, antara lain:

  1. Apabila Anda masih sarjana yang baru lulus, maka jangan jual mahal. Lulusan perguruan tinggi mana pun posisi tawarnya masih rendah. Apabila menulis besar gaji yang diharapkan, jangan menulis terlalu tinggi. Oleh karena itu, sesuaikan dengan standar perusahaan yang Anda lamar.
  2. Untuk Anda yang baru pertama kali bekerja, janganlah melihat semata-mata nama besar pusahaan dan gaji yang ditawarkan. Namun, dalam hal ini gunakan kesempatan sebesar-besarnya untuk mendapatkan pengalaman terlebih dahulu. Setelah mendapatkan pengalaman, baru bisa mencari atau pindah ke perusahaan dengan level pekerjaan dan standar gaji yang tinggi.
  3. Selalu membekali diri dengan sikap dan perilaku yang baik, seperti berintegritas, bisa bekerja dalam tim, tahan terhadap tekanan dan masih banyak perilaku positif yang harus Anda miliki. 
  4. Bekali selalu dengan kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Pada dasarnya hampir semua pekerjaan dengan gaji tinggi menuntut pekerjanya selalu berkomunikasi dengan bahasa internasional.
  5. Saat akan melamar pekerjaan pada sebuah perusahaan, carilah informasi segala hal terkait dengan perusahaan yang akan Anda lamar (dalam hal ini tidak hanya gaji saja).
  6. Saat melamar kerja, pahami dengan benar deskripsi tugas (job description) pekerjaan yang akan Anda lamar.
  7. Pahami etika sat akan pindah kerja. Terlalu sering pindah pekerjaan akan membuat seseorang tidak diminati. Sangat dianjurkan pindah kerja setelah tiga tahun.
  8. Bagaimana dan apa pun latar belakang pendidikan yang pernah kita tempuh, kita memiliki kesempatan menempati posisi dengan gaji tinggi. 
  9. Ini yang sangat penting dan menjadi catatan, yaitu “Jangan memaksakan diri meraih sebuah profesi TANPA KOMPETENSI.” 

Maka ukurlah kemampuan diri sendiri, dan jangan semata-mata melihat pekerjaan hanya berdasarkan gaji, namun lihatlah profesi tersebut secara menyeluruh sehingga kita mampu untuk bekerja dengan kinerja terbaik.

Itu dia sedikit informasi tentang “tips mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi”. Semoga bermanfaat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mendapatkan Pekerjaan dengan Gaji Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel