Tips Melamar Kerja

Ada yang bilang melamar pekerjaan sekarang sangatlah sulit. Ditambah lagi para pesaingnya juga sangat banyak dan selalu bertambah setiap tahunnya, dikarenakan banyaknya sarjana baru yang lulus setiap tahunnya, yang menambah daftar para pencari kerja. Tentunya untuk mendapatkan pekerjaan membutuhkan trick khusus agar bisa diterima. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui apa yang menjadikan pihak HRD terkesima dengan dirimu. Banyak pengalaman dan fakta yang menunjukkan bahwa dengan mempelajari tips melamar kerja yang benar akan memberikan peluang lebih besar untuk diterima.

Banyak cara yang bisa dilakukan agar bisa diterima bekerja di suatu perusahaan, minimal dipanggil untuk wawancara oleh Tim HRD. Mulai membaca apa yang menjadi kebutuhan perusahaan, cara bersikap saat memenuhi panggilan wawancara, dan belajar dari pengalaman teman yang sudah diterima bekerja terlebih dulu.

Tips Melamar Kerja;Tips dan Trick Melamar Kerja;
Melamar kerja (Sumber gambar: pixabay.com)

Tips dan Trick Melamar Kerja

Tentunya banyak hal yang dilihat HRD untuk memanggil calon karyawan, mulai dari melihat surat lamaran sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan, sampai dengan melihat secara sekilas curriculum vitae pemalamr tersebut.

Baca juga:  Melihat Calon Karyawan dari Profil Sosial Media.

7 (tujuh) trick dari idntimes di bawah ini, mungkin bisa dicoba dan dipelajari agar HRD melirik Anda, antara lain:

  1. Aktiflah bertanya. Sekilas hal ini akan menunjukkan bahwa Anda sebagai pelamar memiliki minat pada perusahaan dan posisi yang dilamar.
  2. Tegas dan padat dalam menjawab. Jawaban yang Ada sampaikan saat dipanggil tes wawancara akan menjadi panduan pihak HRD untuk mengetahui dan mengenal karakter Anda.
  3. Bisa menempatkan diri. Dengan kata lain jangan sombong, setinggi keahlian Anda dan sepintar apa pun Anda, dan setinggi IPK yang Anda miliki tidak akan berarti bila Anda menunjukkan kesombongan.
  4. Realistis. Berpikirlah realistis, apalagi saat minta gaji, tidak mungkin Anda baru lulus kuliah, namun minta gaji setara Manajer, hal ini akan menjadikan pihak HRD berpikir untuk memanggil Anda kembali.
  5. Tertiblah saat mengikuti rangkaian tes. Biasanya pihak perusahaan akan melakukan serangkaian tes yang harus diikuti oleh calon karyawan, mulai dari wawancara sampai dengan tes kesehatan yang harus diikuti oleh calon karyawan secara tertib.
  6. Buatlah CV yang baik. Dengan CV yang baik akan membuat HRD tertarik dan mempersingkat waktu HRD untuk membaca CV yang dibaca.
  7. Milikilah keahlian atau skill yang berhubungan dengan posisi yang dibutuhkan perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan.

Selain beberapa tips diatas, selain dilihat dari beberapa tes yang dilakukan untuk melihat kemampuan dan sesuai kualifikasi yang dibutuhkan, Anda bisa belajar untuk menjadi seorang yang mau bekerja keras yang bisa dilakukan mulai dari sekarang dan nantinya bisa menjadi kebiasaan, minimal pada saat dilakukan tes psikologi akan tercermin pada hasil tes tersebut. Maka jadilah tipe pekerja keras yang dibutuhkan perusahaan (Sumber instagram.com/rintisansatartup), sebagai berikut:

  • Mulai bekerja sesegara mungkin.
  • Milikilah tujuan karir yang jelas.
  • Berani dalam menghadapi tantangan.
  • Miliki pola hidup sehat.
  • Tidak hanya fokus pada hasil saja.
  • Sadari kesalahan sendiri dan mau untuk memperbaiki.

Semoga informasi dan tips melamar kerja tersebut di atas bermanfaat untuk Anda dan mulai mempersiapkan diri agar sukses dan diterima bekerja di perusahaaan yang Anda impikan.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Melamar Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel