Tips Memasak dengan Cerdas

Bisa menyajikan makanan yang lezat dan bergizi merupakan sebuah kebanggaan bagi para Bunda di rumah. Dengan berkembangnya waktu dan teknologi membuat pada Bunda di rumah bisa memasak dengan cepat. Namun, terdapat beberapa hal yang tidak bisa dilakukan dengan alat canggih tersebut, oleh karena itu dibutuhkan tips memasak dengan cerdas agar para Bunda bisa memasak dengan cepat dan enak.

Tips Memasak dengan Cerdas
Foto: smarttechstuff.

Kesibukan ditambah dengan rutinitas yang harus dikerjakan membuat para anggota keluarga bisa segera menikmati makanan di rumah. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para Bunda untuk bisa menyediakan makanan yang sehat dan bergizi.

Cara Cerdas Memasak di Rumah

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan para Bunda untuk bisa mempersiapkan bahan makanan sebelum dimasak. Langkah atau tips dibawah ini akan bermanfaat bagi para bunda, antara lain:

  • Mengupas bawang merah.

Sering kali saat mengupas bawang merah atau bawang bombay Anda mengeluarkan air mata. Untuk itu terdapat cara sederhana agar Anda tidak mengeluarkan air mata saat mengupasnya, yaitu dengan meletakkan terlebih dahulu bawang merah atau bawang bombay ke dalam freezer selama 15 menit. Baru Anda bisa mengupasnya, yakinlah Anda akan bisa mengupas bawang merah tersebut tanpa menangis.

  • Mengupas bawang putih.

Agar bisa menghemat waktu untuk mengupas bawang putih, Anda bisa memanaskan terlebih dahulu ke dalam microwave selama 15 detik. Cara ini akan membuat bawang putih mudah untuk dikupas.

  • Mengupas telur.

Seringkali kita mengalami kesulitan untuk mengupas telur rebus, karena lengket. Hal ini mengakibatkan hasil kupasan telur tersebur menjadi tidak bagus. Untuk memudahkannya, masukkan sepotong lemon saat merebus telur. Atau bisa juga dengan memasukkan setengah sendok teh baking soda.

Baca juga: Hobi Makan & Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Hobi Ini.

  • Memotong apel.

Biasanya saat ingin menikmati apel, tiba-tiba datang si kecil atau teman yang duduk bersama kita, Terbersit di benak kita untuk membagi apel tersebut. Namun sayang tidak ada pisau? Gampang, jangan khawatir, Anda masih bisa memotong apel tersebut tanpa bantuan pisau. Caranya:

  1. Buanglah tangkai apel dengan cara memutarnya.
  2. Kemudian letakkan apel dalam genggaman sambil diputar-putar, sampai dengan mendapatkan posisi jari yang nyaman.
  3. Tekan kuat-kuat dan dorong ke samping. Apel akan terbelah menjadi dua bagian yang sama.

Mudah bukan? 

  • Membuat kopi nikmat.

Untuk bisa mendapatkan sajian minuman kopi yang nikmat, Anda bisa menambahkan sedikit garam dan kayu manis sebelum menyeduh kopi tersebut. Garam akan membantu menyingkirkan rasa pahit, dan kayu manis akan memberikan aroma yang nikmat.

  • Membuat paprika yang lezat.

Ini dia cara mudah untuk membuat paprika lezat, caranya cukup mudah, saat Anda membelinya, cobalah balik dan lihat pada bagian bawahnya. Apabila Anda melihat 3 tonjolan, maka itu paprika jantan. Paprika jenis ini, yaitu paprika jantan, lebih padat dan memiliki rasa yang lebih kuat, yang cocok untuk digunakan pada berbagai hidangan.

Sedangkan pada paprika betina, memiliki 4 tonjolan, yang memiliki rasa lebih manis dan sangat pas digunakan saat masih segar.

  • Mengiris kue.

Apabila tidak terdapat pisau untuk mengiris kue, Anda bisa menggunakan benang gigi, tentunya benang gigi yang masih bersih atau belum digunakan.

  • Mengupas kentang.

Terdapat trik mudah untuk mengupas kentang yang bisa dicoba, sebagai berikut:

  1. Buatlah keratan melingkar pada kentang.
  2. Tuangkan air panas ke dalam panci yang berisi kentang, dan masak sampai mendidih.
  3. Angkat dan buang airnya.
  4. Kemudian isi panci dengan air dingin, dan kupas kentang dengan menarik kulitnya.

Baru tahu juga kalau cara ini adalah cara mudah untuk mengupas kentang.

  • Cara membuat kentang menjadi lebih nikmat.

Terdapat cara lain untuk membuat hasil olahan kentang menjadi lebih nikmat, yaitu dengan cara:

  1. Potong-potonglah kentang, tapi jangan sampai terpisah dari bagian lainnya.
  2. Taburi dengan minyak zaitun.
  3. Letakkan kentang yang sudah ditaburi minyak zaitun tersebut di dalam loyang.
  4. Tambahkan garam dan merica secukupnya.
  5. Masukkan ke dalam oven.
  6. Panggang pada suhu 220 derajat Celsius selama 40 menit.

Hasil olahan kentang bisa Anda nikmati.

  • Memanggang ikan.

Membuat hasil olahan ikan memang sangat menarik, salah satunya dengan memanggang ikan. Namun mengolah ikan dengan memanggangnya adalah hal yang susah-susah gampang, karena bila tidak berhati-hati, maka ikan yang diletakkan di atas panggangan akan mudah putus bahkan hancur.

Untuk itu, agar diperoleh hasil panggangan yang bagus, Anda bisa meletakkan lemon yang sudah diiris tipis-tipis dan posisikan pada panggangan. Selain bisa mendapatkan rasa yang nikmat, cara ini tidak akan membuat ikan yang dipanggang menjadi hancur.

  • Membuat softdrink cepat dingin.

Anda baru saja berbelanja soft drink atau tiba-tiba Anda kedatangan tamu namun yang ada hany soft drink tapi tidak dingin, atau masih belum ada minuman dingin yang bisa disajikan? Untuk itu terdapat cara mudah agar soft drink tersebut bisa terasa dingin. Caranya, bungkus minuman dalam botol dengan kertas tisu yang sudah dibasahi. Dan simpan dalam freezer. Cara ini akan membantu minuman dalam botol menjadi cepat dingin.

Itu dia sedikit informasi dan tips memasak dengan cerdas. Semoga bermanfaat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memasak dengan Cerdas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel