Tips Mencegah Flu dengan Cara Mudah

Pancaroba, perubahan musim, apa pun namanya selalu mengkhawatirkan para ibu di rumah, kekhawatiran ini sangat wajar karena penyakit yang datang saat musim pancaroba akan mengganggu aktivitas, termasuk bagi si kecil. Diantara berbagai penyakit yang datang, penyakit flu menjadi salah satu penyakit yang sering datang saat musim pancaroba atau pergantian musim. Untuk itu, beberapa tulisan dan informasi di bawah ini, akan menyajikan beberapa tips mencegah flu dengan cara mudah, agar Anda bisa mencegahnya.

Tips Mencegah Flu dengan Cara Mudah
Foto: bcpowder.

Flu yang datang saat pergantian musim, akan menunjukkan berbagai gejala mulai dari yang ringan sampai dengan yang berat, begitu pula dengan proses kesembuhannya. Penyakit flu adalah penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya, apalagi kalau flu yang datang masih dalam tahap ringan, dengan beristirahat saja flu bisa hilang.

Cara Mudah Mencegah Flu

Siapa pun pasti tidak ingin sakit, begitu pula dengan penyakit flu, meskipun hanya dalam taraf yang ringan, siapa pun tidak ingin terkena jenis penyakit ini. Flu bisa dikatakan penyakit yang tidak berbahaya, namun bisa membuat Anda tidak nyaman.

Menurut Prof. Dr. Mangestuti Agil, MS., Apt., dari Fakultas Farmasi Univerasitas Airlangga yang pernah dimuat dalam Tabloid Nyata, terdapat cara mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah flu dengan cara mudah, antara lain:

  • Berkumur dengan air hangat.
  • Mengkonsumsi sup ayam.
  • Menghirup uap air dan minyak kayu putih.
  • Makan bawang putih segar.
  • Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Baca juga: Tips Mengatasi Flu di Masa Pancaroba.

  • Berkumur dengan air hangat.

Apabila tenggorokan mulai terasa sakit saat menelan, hal ini menjadi pertanda terjadi pembengkakan. Untuk itu, segeralah berkumur dengan air hangat sebanyak 250 mili liter air hangat yang bisa dicmpaur dengan 1 sendok teh garam beryodium.

Lakukan dengan berkumur sampai ke daerah tenggorokan, dengan mendongakkan kepala. Lakukan hal ini beberapa kali dan rasa sakit di tenggorokan akan berkurang.

Setelah berkumur, bisa menambahkannya dengan berkumur lagi dengan air jeruk, hal ini dilakukan untuk menciptakan suasana asam yang tidak disukai virus dan bakteri. Caranya, ambil satu gelas air hangat, campur dengan jus lemon secukupnya, dan langsung gunakan untuk berkumur di daerah tenggorokan. Kemudian lakukan dengan minum air hangat.

  • Mengkonsumsi sup ayam.

Pengalaman menunjukkan bahwa sup ayam ternyata mampu membantu mengatasi gangguan pada saluran pernapasan. Hal ini disebabkan karena adanya kombinasi antara bawang putih dan lada yang mampu membunuh bakteri yang bisa menyebabkan infeksi, sehingga bisa mengatasi batuk. Tidak hanya itu, bahkan semua komponen bahan sup, bisa membantu merangsang aktifnya sistem imun tubuh yang menyerang kuman,

  • Menghirup uap air dan minyak kayu putih.

Setelah berkumur, untuk mencegah flu bisa dilakukan dengan melakukan penguapan pada saluran pernapasan dengan menghirup uap air yang sudah dicampur dengan minyak kayu putih. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menyiapkan mangkok bersih dari bahan kaca dengan ukuran sedang, kemudian diisi dengan air mendidih.

Kemudian, teteskan dengan 3 sampai 4 tetes minyak kayu putih asli. Dan duduklah sambil menundukkan kepala ke arah mangkok, kemudian hirup uap tersebut selama beberapa detik, angkat kepala, lakukanlah sampai 3 sampai 4 kali.

Sebagai catatan, saat menghirup, tutup kepala dengan selembar kain, untuk mengurangi penyebaran uap air.

  • Makan bawang putih segar.

Bawang putih merupakan salah satu bahan alami yang sangat cocok digunakan sebagai anti bakteri dan anti virus. Saat badan sudah mulai terasa akan jatuh sakit, segera konsumsi satu siung bawang putih segar satu kali sehari.

  • Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Untuk menghindari flu, Anda bisa mengkonsumsi berbagai macam sayuran dengan warna hijau gelap dan buah-buahan. Pilihlah buah yang kaya akan vitamin C, seperti brokoli, jeruk, bayam dalam jumlah yang cukup. Hal ini dikarenakan sayuran dan buah tersebut kaya akan antioksidan.

Itu dia beberapa tips mencegah flu dengan cara mudah, agar Anda bisa mencegah flu yang akan menyerang tubuh. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mencegah Flu dengan Cara Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel