Candi Ijo, Candi dengan Sunset Keren di Jogja

Kalau dibilang menyesal, karena terlewat tidak mengunjugi spot keren yang satu ini. Pasti menyesal sekali. Mungkin bisa dikatakan terlewat karena banyaknya aktivitas saat mengunjungi berbagai temoat wisata di Jogja, bahkan sudah mengunjungi Candi Ratu Boko, masih belum sadar kalau lokasi spot keren tersebut berada di dekat Candi Ratu Boko. Apalagi saat ini masih terjadi wabah pandemi Covid-19, membuat rasa penyesalan semakin besar, karena belum bisa menikmati traveling, apalagi datang ke Candi Ijo, candi dengan sunset keren di Jogja tersebut. 

Candi Ijo, Candi dengan Sunset Keren di Jogja
Foto: holidify.com

Sebenarnya dahulu, saat sebelum pandemi ini terjadi, saat menikmati suasana di Candi Ratu Boko, beberapa kawan sempat mengajak duduk santai dan mengambil gambar di Candi Ijo, namun karena lupa atau masih menikmati suasana di Candi Ratu Boko, membuat ajakan tersebut menjadi seperti angin lalu. Baru kini, saat melihat berbagai foto kenangan traveling di Jogja, baru teringat kalau ternyata Candi Ijo juga memiliki spot keren selain di Candi Ratu Boko.

Candi Ijo Jogja

Candi Ijo merupakan candi yang memiliki letak paling tinggi di Yogyakarta, yang memperlihatkan pesona alam dan juga budaya yang sangat bagus. Apabila Anda sedang menikmati suasana dan duduk di undakan pada gerbang utama Candi Ratu Boko dan menghadap pada sisi barat, di sisi kiri akan terlihat sebuah bukit dan disitulah Candi Ijo berada. Karena keberadaan Candi Ijo ini yang membuat landasan Bandara Adisucipto ini tidak bisa diperpanjang ke arah timur.

Candi Ijo ini adalah candi yang dibangun sekitar abad ke-9, di sebuah bukit, yang oleh masyarakat disebut dengan Gumuk Ijo atau Bukit Hijau. Candi ini berada di ketinggian 420 meter di atas permukaan laut. Yang menarik adalah candi ini menawarkan panorama indah Kota Yogyakarta. Bahkan pada satu titiknya bisa melihat landasan Bandara Adisucipto.

Baca juga: Indahnya pesona Candi Ratu Boko.

Candi Ijo adalah candi yang terdiri atas 17 struktur bangunan yang terbagi dalam 11 teras berundak. Bangunan di teras ke 11 merupakan teras paling atas, yang merupakan bangunan utama berupa satu candi utama yang menghadap ke barat dan 3 buah candi perwara di depannya yang menghadap ke candi utama. Selain itu juga terdapat delapan buah lingga patok.

Halaman candi juga sangat menarik, yang ditumbuhi dengan rumput hijau dan juga lanskap yang membentang  yang menjadi tempat favorit bagi para pengunjung, apalagi dengan pemandangannya yang bagus.

Letak Candi Ijo

Candi Ijo ini berlokasi di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Atau sekitar 18 km dari Kota Yogyakarta, namun hanya berjarak 4 km dari Candi Ratu Boko. Untuk akses ke Candi Ijo, jangan khawatir, sangat mudah apalagi dengan berbagai fasilitas yang ada.

Berbicara tentang Candi Ijo, candi ini ditemukan pertama kali secara tidak sengaja oleh seorang administratur pabrik Gula Sorogedug dengan nama H.E. Doorepaal sekitar tahun 1886, saat sedang mencari lahan untuk penanaman tebu. Kemudian dalam jangka waktu yang tidak lama C.A. Rosemeler juga mengunjungi Candi Ijo dan menemukan tiga buah arca batu, dari temuan ini menarik minat para arkeolog untuk melakukan penggalian lebih lanjut.

Menarik bukan? Semoga setelah pandemi ini berakhir. Kita bisa menikmati kembali traveling yang menyenangkan. Dan semoga informasi tentang “Candi Ijo, candi dengan sunset keren di Jogja” tersebut bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin menikmati traveling di Jogja.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Candi Ijo, Candi dengan Sunset Keren di Jogja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel