TRAVELING KE YOGYAKARTA: “INDAHNYA PESONA CANDI RATU BOKO”

Traveling ke Yogyakarta adalah sebuah perjalanan wisata yang menyenangkan, apalagi perjalanan wisata berhubungan dengan sejarah. Kali ini kunjungan ke Yogyakarta kami fokuskan ke sebuah candi yang memiliki nilai yang bagus untuk diabadikan.

Salah satu yang kami tuju adalah “Candi Ratu Boko”, candi ini merupakan sebuah situs purbakala yang berada di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Candi ini sekarang sangat mudah dijangkau dan berjarak 18 kilometer dari Kota Yogyakarta.

Untuk menuju ke Candi Ratu Boko ini sangat mudah, apabila sampai di Jalan Solo di kilomerter 17 atau mendekati Candi Prambanan tinggal mengambil arah menuju ke Pasar Piyungan.

TRAVELING KE YOGYAKARTA: “INDAHNYA PESONA CANDI RATU BOKO”
Keindahan Candi Ratu Boko

Traveling Murah Ke Yogyakarta

Candi Ratu Boko ini berada di area seluas 25 hektar dan diketinggian 196 meter dari permukaan laut. Untuk masuk ke Candi Ratu Boko ini memang terdapat perbedaan anatara tiket reguler dengan tiket untuk paket Candi Ratu Boko Sunset. Ratu Boko sendiri sangat terkenal dan memiliki tempat pilihan terbaik untuk menikmati sunset di Yogyakarta. Mengapa bisa dikatakan meiliki tempat terbaik untuk sunset? Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada diperbukitan.

Traveling Murah Ke Yogyakarta
Keindahan alam di Candi Ratu Boko
Istana Ratu Boko ini merupakan peninggalan situs arkeologi yang berbeda dibanding situs yang lain, karena Ratu Boko merupakan bekas kompleks istana yang terdiri atas beberapa bagian pembangunan. Dibagian-bagian candi terdapat bangunan yang melengkapi istana. Dibagian tengah kompleks terdapat gapura utama sebagai pintu masuk kompleks, lapangan, kolam, paseban dan candi untuk pembakaran. Dibagian tenggara, juga terdapat pendapa, balai, tiga candi, kolam dan kompleks keputren. Dibagian timur terdapat goa batu sedang dibagian barat hanya terdiri atas perbukitan, Candi Prambanan terlihat dengan jelas dibagian ini.

Baca Juga :

Liburan Wisata Yogyakarta

Terdapat legenda menarik tentang cerita Candi Ratu Boko ini, yaitu terdapat Raja yang bernama Prabu Dewatasari atau lebih dikenal dengan Prabu Boko yang hidup di Keraton Prambanan.

Liburan Wisata Yogyakarta
Suasana siang di Candi Ratu Boko
Letak candi Boko ini memang sangat menarik karena berada di atas Bukit Seribu dengan ketinggian kurang lebih 200 meter sehingga tempat ini sering diburu untuk menikmati sunset. Selain menikmatai sunset, kita bisa melihat Candi Prambanan, pemandangan Gunung Merapi dan Merbabu yang tampak indah sangat megah. Juga setengah dari Kota Yogyakarta juga terlihat dari perbukitan ini.
Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel