Tips Menghilangkan Noda Deodoran

Bau badan yang muncul tentunya sangat mengganggu, jangan khawatir saat ini sudah ada deodoranm yang bisa dengan cepat mengatasi bau badan tersebut. Namun, apa yang terjadi kalau ternyata setelah selesai menggunakan deodoran malah muncul masalah baru dengan munculnya noda bekas deodoran. Noda ini bisa muncul dikarenakan adanya garam keringat yang bercampur dengan kandungan deodoran tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut, maka di bawah ini akan diberikan tips menghilangkan noda deodoran.

Tips Menghilangkan Noda Deodoran
Foto: thriftyfun.com

Dan tentu saja jangan panik sampai harus membeli baju baru. Memang saat terdapat noda bekas deodoran pada pakaian, apalagi terdapat noda kuning atau noda putih di baju setelah menggunakan deodoran pasti membuat bete. Tenang, hal ini bisa dihindari dan terdapat cara mudah untuk menghilangkan noda deodoran dengan berbagai bahan yang akan dibahas berikut ini.

Cara agar Deodoran Tidak Menempel di Baju dan Menghilangkannya

Deodoran memang bisa mencegah bau badan, namun yang menjadi masalah, deodoran tersebut bisa meninggalkan noda kuning pada pakaian. Tentu hal ini akan membuat kesal, apalagi noda tersebut terjadi pada pakaian putih. Noda kuning akan semakin sulit dihilangkan bila dibiarkan berlarut-larut.

Terdapat bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan noda pada baju, antara lain:

  1. Lemon.
  2. Garam.
  3. Cuka.
  4. Lemon dan garam.
  5. Baking soda.
  6. Deterjen.
  7. Aspirin.
  8. Sabun cuci piring.
  9. Tisu basah.
  10. Kaos kaki basah.
  11. Hidrogen peroksida.
  12. Alkohol.
  13. Amonia cair.

Baca juga: Tips Agar Pakaian Putih Selalu Cemerlang.

1. Lemon

Lemon merupakan zat pemutih alami dengan sinar matahari bisa memudarkan noda kuning deodoran pada pakaian berwarna terang. Selain itu juga, lemon bisa menjadi pembersih yang luar biasa, karena mengandung asam sitrat dan pH tinggi. Lemon bisa digunakan untuk menghilangkan noda kekuningan yang baru muncul.

Cara yang bisa dilakukan adalah peraslah lemon, tempatkan air perasan lemon tersebut dalam wadah. Kemudian oleskan air lemon tersebut pada area ketiak pakaian yang terkena noda, biarkan selama 5 sampai 10 menit. Kemudian cucilah seperti biasa dengan menggunakan air hangat.

2. Garam.

Garam ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan noda kuning pada pakaian dikarenakan deodoran. Bahan ini aman untuk digunakan pada pakaian warna putih dan pakaian berwarna. Caranya mudah, basahilah area pakaian yang terkena noda karena deodoran. Kemudian oleskan garam. Kemudian gosok dengan sikat yang lembut namun kuat. Biarkan selama 8 sampai 12 jam atau semalaman. Kemudian basahi sekali lagi dan gosokkan lagi garam pada area yang terkena noda. Kemudian cucilah seperti biasa.

3. Cuka.

Cuka memiliki sifat asam yang bisa memecah endapan mineral dan minyak pada noda, sehingga mampu membersihkannya.

Basahilah area pakaian  yang terkena noda karena deodoran dengan cuka putih, biarlah selama semalaman. Pada esok paginya cucilah pakaian seperti biasa. Cara ini sangat pas untuk pakaian berwarna dari bahan alami seperti wol. Alangkah sebaiknya untuk tidak mengoleskan cuka pada pakaian putih, karena bisa membuat noda kekuningan.

Cara yang bisa digunakan seperti cara di atas, antara lain:

  • Encerkan 2 sendok makan cuka putih dengan air secukupnya.
  • Ambillah pakaian yang bernoda tersebut, kemudian rendam ke dalam larutan cuka selama 30 menit. Area yang ternoda harus benar-benar terendam.
  • Teteskan cuka lagi pada area pakaian yang terkena noda, kemudian gosok secara perlahan.
  • Bilas dengan air bersih.

4. Lemon dan garam.

Untuk menghilangkan noda karena deodoran, Anda bisa mencampur lemon dan garam untuk bisa memperoleh hasil yang optimal. Bahan yang dibutuhkan adalah lemon, garam dapur, air dan juga sikat lembut tapi kuat.

Cara yang bisa dilakukan, adalah:

  • Oleskan air lemon pada area ketiak pakaian yang terkena noda kuning. Kemudian jemur di bawah sinar matahari selama 15 menit, kemudian angkat.
  • Taburi area ketiak pakaian yang terkena noda dengan garam secukupnya. Gosok secara perlahan dengan sikat lembut, tapi kuat. Hal ini akan membantu untuk mengoptimalkan kerja lemon dalam menghilangkan noda kuning karena deodoran.
  • Bilas pakaian dengan air dingin, kemudian keringkan di bawah sinar matahari untuk mengoptimalkan proses menghilangkan noda oleh lemon.

5. Baking soda.

Baking soda menjadi bahan pilihan yang mampu menghalau noda kuning pada area ketiak pakaian  karena penggunaan deodoran. Cara ini hanya membutuhkan 3 sendok makan baking soda, air dan juga sikat yang lembut.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencampur 3 sendok makan baking soda  dengan satu bagian air sampai terbentuk pasta kental. Kemudian oleskan pasta tersebut pada area ketiak pakaian yang terkena noda kuning. Biarkan selama 30 menit, kemudian gosok secara perlahan dengan sikat yang lembut. Bilaslah dengan air sampai bersih.

6. Deterjen.

Selain dignakan untuk menghilangkan kotoran, deterjen juga bisa untuk menghilangkan noda pada pakaian, termasuk karena deodoran. Caranya tuang satu cangkir air ke dalam wadah, kemudian tambahkan satu sendok makan deterjen. Rendamlah pakaian yang terkena noda ke dalamnya selama 30 menit. Kucek bagian yang bernoda dengan tangan. Bilas sampai bersih, jemurlah di bawah sinar matahari.

7. Aspirin.

Aspirin mengandung asam salisilat yang akan membentuk campuran anti-kuning untuk menghilangkan noda keringat dan juga deodoran dari pakaian.

Cara yang bisa dilakukan, adalah:

  • Letakkan 3 sampai 4 tablet aspirin dalam wadah.
  • Tambahkan setengah cangkir air untuk melarutkan tablet aspirin.
  • Rendam pakaian yang bernoda ke dalam larutan tersebut, biarkan selama 15 menit.
  • Bilas dengan air biasa untuk menghilangkan sisa residu dari noda.

8. Sabun cuci piring.

Sabun cuci piring ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan noda kuning karena deodoran. Caranya mudah, Anda tinggal mengoleskan sabun pencuci piring pada area pakaian yang terkena noda, biarkan selama 30 menit, kemudian bilas sampai bersih.

9. Tisu Basah.

Tisu basah mengandung uap air yang membantu untuk mengurangi residu deodoran tanpa menyebabkan pakaian menjadi basah atau kotor. Caranya, ambillah tisu basah, kemudian gosok secara perlahan pada area pakaian yang terkena noda karena residu deodoran.

10. Kaos kaki bekas.

Kaos kaki yang terbuat dari bahan nilon bisa digunakan untuk menghilangkan noda putih karena deodoran.

Caranya, gunakan kaos kaki yang bersih. Bentuk menjadi bulatan, kemudian gosok pada area pakaian yang terkena noda. Dalam beberapa waktu, noda putih karena deodoran akan hilang.

11.  Hidrogen peroksida.

Hidrogen peroksida adalah pemutih alami dan penyerap yang baik. Bahan ini bisa digunakan untuk menghilangkan noda putih karena deodoran. Untuk itu, dibutuhkan hidrogen peroksida 2 sendok teh, sabun cair untuk cuci piring sebanyak 1 sendok teh dan air untuk membilas.

Caranya:

  • Masukkan 1 sendok teh sabun cuci piring ke dalam wadah. Tambah dengan 2 sendok teh hidrogen peroksida, aduk sampai membentuk larutan.
  • Rendam area pakaian yang terkena noda dalam larutan selama 30 menit. Gosoklah area pakaian yang terkena noda dengan sikat lembut atau bisa kucek dengan tangan.
  • Bilas menggunakan air biasa. Pastikan membilasnya sampai benar-benar bersih, karena hidrogen peroksida akan menjadi kuning bila terkena sinar matahari.
  • Keringkan pakaian di bawah sinar matahari untuk membantu menghilangkan noda.

12.  Alkohol.

Alkohol atau minuman beralkohol, juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda putih pada pakaian karena deodoran, khususnya pada pakaian berwarna gelap.

Caranya:

  • Oleskan alkohol pada area pakaian yang terkena noda dengan menggunakan bola kapas, tunggu selama beberapa menit. Noda akan segera hilang.
  • Untuk bisa mendapatkan hasil optimal, sebaiknya diamkan pakaian yang sudah dioleskan pada area yang terkena noda, dalam jangka waktu lama, namun tidak lebih dari 1 jam. Baru kemudian cuci pakian seperti biasa.

13. Amonia cair.

Amoni cair sangat bagus untuk mencuci pakaian kotor, bahkan bisa menghilangkan noda putih karena deodoran yang melekat terlalu lama.

Caranya, campur amonia cair dengan air, dengan perbandingan 1:1. Kemudian basahi noda tersebut dengan larutan amonia, dan biarkan selama beberapa menit, baru kemudian bilas sampai bersih.

Itu dia sedikit informasi dan tips menghilangkan noda deodoran pada pakaian. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menghilangkan Noda Deodoran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel