Tips Memilih Scanner

Kebutuhan data dan informasi di era digital menjadi hal yang sangat penting, apalagi di era paperless seperti saat ini. Ditambah lagi dengan semakin berkembangnya dan semakin majunya teknologi membuat segalanya bisa diakses melalui internet. Untuk itu, dibutuhkan alat yang bisa menyimpan data dalam bentuk digital, data yang sudah disimpan dalam bentuk file, selain digunakan sebagai arsip juga digunakan sebagai informasi yang sewaktu-waktu dibutuhkan. Hal ini menjadikan dibutuhkannya alat scanner yang bisa menyimpan data dengan cepat dan mudah. Namun, dibalik kemudahan menggunakan scanner, tidak ada salahnya Anda memahami tips memilih scanner sebagai alat pendukung Anda dalam bekerja.

Tips Memilih Scanner
Foto: scannerszone.

Dengan banyaknya dokumen yang sering tercecer, hal ini membuat kebanyakan instansi atau bahkan perusahaan-perusahaan mulai berpikir cara untuk mendokumentasikan berkas, baik gambar, tulisan atau pun foto di dalam komputer. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa alat seperti scanner sangat dibutuhkan. Dengan adanya kemampuan alat yang bisa memindai (scan) gambar dan mengubahnya ke dalam format digital, hal ini akan membuat Anda tidak perlu harus berhadapan dengan tumpukan kertas.

Alat Scanner dan Cara Memilihnya

Sama halnya dengan kebutuhan perangkat elektronik lainnya, maka untuk mendapatkan hasil scan terbaik, dibutuhkan scanner terbaik pula. Oleh karena itu, sebelum memilih scanner Anda harus memahami apa yang Anda butuhkan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: Tips Membeli CD Writer.

Terdapat beberapa langkah yang bisa dilakukan sebelum memilih scanner yang tepat sesuai dengan kebutuhan, antara lain:

  • Perhatikan besarnya resolusi optical yang ada pada scanner. Tentunya hal ini tergantung pada peruntukan scanner tersebut. Apabila akan menggunakan scanner untuk memindai teks dengan OCR (optical character recognition) maka gunakanlah scanner dengan resolusi 300 dpi. Namun, apabila akan mencetak foto hasil pemindaian dengan ukuran besar, maka pilihlah scanner dengan resolusi 1200 dpi atau 2400 dpi. Semakin besar resolusi akan membuat Anda bebas menyunting dokumen, khususnya foto dan gambar.
  • Dynamic range. Yang dimaksudkan disini adalah banyaknya gray level dari bagian yang paling terang dan paling gelap dalam suatu gambar dengan nilai berkisar antara 0 sampai 4. Inilah yang memungkinkan Anda untuk mencetak foto menjadi lebih terang atau lebih gelap. Oleh karena itu, apabila akan menggunakan scanner untuk kebutuhan rumah atau kantor, cukup menggunakan dynaminc range dengan kisaran 2,0 sampai 3,0. Namun, apabila scanner digunakan untuk memindai slide negatif atau foto, maka dibutuhkan dynamic range dengan kisaran di atas 3,0.
  • Color depth. Yaitu kemampuan sacanner dalam mengenali warna dan menyimpannya. Pada umumnya scanner beroperasi dengan 8 bit per channel atau 24 bit untuk RGB, namun yang menjadi masalah adalah timbulnya gangguan elektrik yang membuat gambar menjadi kurang bagus.

Selain tiga hal tersebut di atas, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan seperti adanya fitur tambahan yang ada pada scanner. Namun, yang menjadi catatan adalah antara scanner dan komputer harus memiliki interface yang sama.

Dengan semakin canggihnya teknologi, alat scanner saat ini sudah banyak variasi produk dari berbagai merk yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Semoga sedikit informasi dan tips memilih scanner, yang bersumber dari Buku "Sayang Barang Hemat Uang - Kumpulan Tips-tips Jitu Klasika Kompas", yang diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Scanner"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel