Tips Memilih Laptop Second

Dunia online dan berbagai istilah lainnya semakin mudah dikenal masyarakat. Masa pandemi memang mengharuskan kita untuk menerapkan protokol kesehatan, maka tidak salah kalau pada akhirnya kebanyakan dilakukan secara online, entah bekerja atau bersekolah, semua dilakukan agar semua warga tidak tertular wabah pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum terselesaikan. Di balik penerapan sekolah atau pun bekerja secara online, otomatis dibutuhkan perangkat yang bisa mendukung pelaksanaan tersebut, salah satunya adalah kebutuhan laptop. Namun, bagaimana kalau belum mampu membeli yang baru, maka laptop second menjadi pilihan. Untuk itu, di bawah ini akan disampaikan tentang tips memilih laptop second.

Foto: goldpc.

Laptop sendiri bisa dikatakan sudah bisa menggantikan fungsi komputer dalam kegiatan sehari-hari, apalagi dimasa pandemi seperti saat ini, dimana semua membutuhkan perangkat ini. Bahkan untuk bersekolah online dibutuhkan laptop yang minimal bisa melakukan kegiatan belajar. Memang saat ini bisa menggunakan smartphone, namun ukurannya yang kecil menjadikan masyarakat, khususnya orang tua lebih memilih laptop dalam mendukung kegiatan belajar mengajar di rumah. Begitu pula untuk mereka yang harus bekerja di rumah, laptop seperti menjadi sebuah kebutuhan dalam bekerja.

Cara Memilih Laptop Second Murah 

Laptop, perangkat ini memang semakin dibutuhkan, apalagi bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi, atau mereka yang harus membawa pekerjaan kemanapun atau ketika suatu saat membutuhkan pekerjaan tersebut bisa dikerjakan. Oleh karea itu, dengan adanya laptop, membuat Anda tidak terikat lagi harus dikerjakan di kantor saja, namun bisa dilakukan dimana saja.

Namun, dengan adanya kebutuhan, ditambah dengan harga laptop baru yang relatif mahal, banyak yang mengurungkan niatnya untuk membeli perangkat ini. Untuk itu, agar tetap bisa beraktifitas, maka solusi dan alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan membeli laptop second, apalagi harganya yang masih terjangkau. 

Baca juga: Tips Membeli Aksesori Laptop.

Untuk itu, agar bisa memilih laptop second yang baik, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan, antara lain:

  1. Memperhatikan kondisi fisik laptop. Pada hal ini jangan sampai ada bagian yang patah, tergores, retak, bekas tambalan atau malah buka paksa. Untuk itu, periksa dengan lebih teliti pada setiap sudut laptop agar bisa mendapatkan laptop dengan kondisi terbaik.
  2. Memeriksa layar. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan membersihkan terlebih dahulu layar tersebut, kemudian nyalakan laptop. Gunakanlah dektop tanpa backgrond dengan warna hitam dan perhatikan dengan seksama pada layar tersebut, apakah terdapat titik-titik merah atau tidak. Apabila terdapat titik merah, maka bisa dicurigai layar tersebut mengalami kerusakan, karena titik merah merupakan tanda adanya dead pixel atau sebuah titik pada layar LCD yang sudah tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya.
  3. Lakukan uji coba pada hardware, antara lain dengan mencoba USB, CD Rom dan perangkat yang tersedia, apakah bisa membaca data atau cermati juga suara yang keluar untuk menguji sound card-nya, juga melakukan koneksi internet untuk modem dan juga pemindaian pada harddisk untuk bisa mengetahui kondisinya. Begitu pula dengan baterai harus dilakukan uji coba dengan menyalakan laptop paling tidak setengah smapai satu jam tanpa adanya hubungan listrik.
  4. Apabila ada, Anda bisa menanyakan pada penjual apakah bisa mendapat CD Drive atau CD restore yang berfungsi untuk mengembalikan kondisi sistem software dan aplikasi lain yang sama seperti saat laptop tersebut baru keluar dari pabrik. Kalau ada akan menjadi nilai tambah, namun bila tidak ada bisa ditanyakan pada penjual, driver apa saja yang bisa digunakan. Jangan lupa menanyakan ketersediaan suku cadang dari setiap merek, dengan tujuan agar tidak susah saat mencari, apabila terdapat komponen yang rusak.
  5. Sesuaikan dengan kebutuhan, termasuk modelnya, apakah Anda menyukai model yang sederhana, dan jangan lupa meminta garansi.

Itu dia sedikit informasi dan tips memilih laptop second, yang bersumber dari Buku "Sayang Barang Hemat Uang - Kumpulan Tips-tips Jitu Klasika Kompas", yang diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas. Semoga  bermanfaat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Laptop Second"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel