Tips Membeli Aksesori Laptop

Anda seorang pekerja kantoran, blogger atau content creator yang selalu menggunakan laptop? Kalau jawabannya ya, maka pasti Anda memiliki banyak pernak pernik yang berhubungan dengan laptop, mulai dari keyboard wireless, mouse, bahkan tas yang bisa digunakan untuk membawa laptop kemana pun Anda ingin bekerja dengan menggunakan laptop. Bahkan dengan berkembangnya teknologi, semakin banyak aksesori yang diciptakan untuk mempermudah proses dalam bekerja, bahkan saat ini sudah ada keyboard yang bentuknya hanya setengah ukuran keyboard biasa untuk bermain game. Untuk itu dengan melihat kebutuhan dan juga keinginan, di bawah ini akan disampaikan tips membeli aksesori laptop.

Tips Membeli Aksesori Laptop
Foto: chartattack.com

Sejak munculnya laptop pertama kali sekitar tahun 1983, laptop menjadi barang yang berharga, apalagi untuk mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Apalagi dengan berkembangnya teknologi menjadikan laptop memiliki bentuk yang ringkas, sederhana dan juga ringan yang memungkinkan untuk dibawa dan bisa digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan di mana saja dan kapan saja.

Aksesoris Laptop dan Perlengkapan Laptop yang Dibutuhkan

Laptop saat ini sudah bukan menjadi barang mewah lagi, dan sudah menjadi kebutuhan, apalagi sejak merebaknya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan seluruh dunia, yang menjadikan setiap orang harus melakukan pekerjaan di rumah, hal ini membutuhkan perangkat yang mumpuni. Untuk itu dibutuhkan berbagai aksesori yang menunjang dalam menyelesaikan pekerjaan.

Terdapat beberapa aksesori laptop yang bisa Anda beli agar bisa bekerja dengan nyaman, antara lain:

  1. Tas.
  2. Mouse. 
  3. Card reader.
  4. Pendingin.
  5. Docking station.

Baca juga: Tips Agar PC Tidak Berisik.

1. Tas.

Mengapa tas laptop ini menjadi barang atau aksesori yang wajib Anda miliki? Hal ini disebabkan laptop merupakan perangkat elektronik yang sangat sensitif terhadap benturan. Hal ini menjadi alasan mengapa tas laptop menjadi barang yang harganya tidak bisa ditawar, maka pilihlah tas yang memiiki bantalan yang bisa meredam guncangan. Saat ini sudah banyak yang menjual tas khusus laptop dengan berbagai jenis dan ukuran, dan tergantung pada kebutuhan. Alangkah lebih baik apabila tas tersebut bisa menampung aksesori yang biasa digunakan, sehingga akan menjadi lebih ringkas.

2. Mouse.

Selama ini, fungsi mouse pada laptop sudah digantikan oleh touch pad yang terletak di bagian bawah keyboard. Untuk kebutuhan dalam waktu singkat kehadiran touch pad mungkin tidak menjadi masalah, namun apabila laptop ini digunakan dalam jangka waktu yang lama, maka menggunakan mouse akan bisa memberikan kenyamanan dalam bekerja. Untuk itu, Anda bisa memilih mouse yang berukuran kecil atau bisa menggunakan mouse wireless yang bisa connect dengan laptop yang Anda gunakan.

3. Card reader.

Dengan semakin pentingnya data dan proses pengambilan data juga perangkat yang digunakan, maka card reader menjadi salah satu perangkat yang dibutuhkan. Dengan cara ini, maka kebutuhan mentransfer data bisa dilakukan dengan cara yang mudah. 

4. Pendingin.

Seperti sebuah PC, maka laptop juga membutuhkan suhu yang stabil agar laptop bisa digunakan dengan baik, oleh karena itu panas yang dihasilkan oleh komponen dalam laptop harus dihindari dengan sistem pendingin yang cukup. Dengan adanya pendingin tambahan yang bisa diletakkan di bawah laptop akan membantu mendinginkan komponen yang ada, sehingga laptop bisa digunakan dengan nyaman.

5. Docking station.

Docking station menjadi alat yang sangat membantu, bila Anda tidak terlalu senang bepergian atau Anda termasuk orang yang mobilitasnya rendah. Dengan alat ini akan memungkinkan Anda untuk memusatkan semua koneksi mulai dari mouse, kabel jaringan dan juga kabel power dalam satu tempat di meja kerja. Sehingga Anda tidak perlu mencabut atau memasang kabel-kabel tersebut, apabila ingin menggunakannya tinggal meletakkan laptop di atas docking station dan Anda pun bisa langsung bekerja.

Itu dia sedikit informasi dan tips membeli aksesori laptop, yang bersumber dari Buku "Sayang Barang Hemat Uang - Kumpulan Tips-tips Jitu Klasika Kompas", yang diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas ini. Semoga  bermanfaat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Membeli Aksesori Laptop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel