Resensi “Mudah Melakukan Percakapan Bahasa Mandarin Sehari-hari”

Dunia semakin berubah, tidak hanya manusianya yang mengalami perubahan dan perkembangan, namun semua yang mendukung kehidupan manusia turut mengalami perubahan, mulai dari teknologi, gaya hidup, bahasa dan banyak lagi yang lainnya, yang menuntut setiap orang yang berkecimpung didalamnya harus turut mengubah pola hidupnya. Salah satunya adalah perkembangan bahasa China atau Bahasa Mandarin, hal ini disebabkan China saat ini menjadi negara yang mulai membuka negaranya terhadap dunia luar, mulai dari pendidikan sampai dengan pekerjaan. Untuk itu, dengan memperhatikan ketertarikan pada Bahasa Mandarin, maka tidak salah kalau dalam kesempatan ini diampaikan tentang resensi “Mudah Melakukan Percakapan Bahasa Mandarin Sehari-hari”.

Resensi “Mudah Melakukan Bahasa Mandarin Sehari-hari”
Buku “Mudah Melakukan Percakapan Bahasa Mandarin Sehari-hari”

“Mandarin” sendiri berasal dari kata “Mandaren” yang memiliki arti “Yang Mulia Manchu”. Mancu sendiri merupakan nama suku yang mendirikan Dinasti Qing pada zaman Cina kuno. Kalau di Indonesia, bahasa Cina  lebih dikenal dengan Bahasa Mandarin. Bahkan fakta membuktikan, Bahasa Mandarin digunakan oleh lebih dari 1 miliar penduduk dunia yang mayoritas berada di Benua Asia, khususnya di negara Cina, Taiwan, Filipina, Singapura, Malaysia dan Indonesia. Ditambah lagi dengan tingginya aktivitas pada sektor industri Cina yang menyebabkan bahasa Mandarin sering dijadikan sebagai bahasa bisnis internasional.

Identitas Buku:

  • Judul: Mudah Melakukan Percakapan Bahasa Mandarin Sehari-hari.
  • Penulis: Liem A. Wijaya & Leoni A. Wijaya
  • Penerbit: PT. Tangga Pustaka.
  • Tahun terbit : Cetakan pertama 2009,  Cetakan ketiga 2010.
  • Tebal buku: viii + 216 halaman.
  • ISBN: 979-9051-89-4.

Resensi Buku “Mudah Melakukan Percakapan Bahasa Mandarin Sehari-hari”

Keberadaan bahasa Mandarin saat ini cukup diperhitungkan dalam kancah internasional. Tingginya kebutuhan bahaa Mandarin disebabkan tingginya kegiatan industri milik negara China diberbagai belahan dunia. Tidak hanya dalam dunia industri, dalam dunia pendidikan saat ini bahaaa Mandarin mulai memegang peranan penting.

Baca juga: Resensi “22 Rasa Nasi Kucing ala Angkringan”.

Buku ini sengaja ditujukan dan difokuskan bagi pemula, dan buku ini disusun secara sistematis dan mudah. Bahkan untuk pengenalan tata bahasa, kosa kata dan berbagai contoh percakapan sehari-hari sampai dengan pembicaraan bisnis dan pariwisata juga disajikan lengkap dalam buku ini.

Yang menarik, dalam buku ini yang bertujuan untuk membantu proses belajar, buku ini telah dilengkapi dengan CD yang berisi percakapan-percakapan dalam bahasa Mandarin yang akan membantu proses belajar secara lisan dan juga tulisan.

Kelebihan Buku “Mudah Melakukan Percakapan Bahasa Mandarin Sehari-hari”

Sebagai buku yang bertjuan untuk mengenalkan bahasa lain, diluar bahasa ibu, maka pilihan untuk memilih buku ini sungguh tepat, karena dalam buku memberikan pembelajaran secara tepat, mulai dari pengenalan huruf, cara penyebutan, penjelasan & penggunaan tata bahasa sampai dengan contoh percakapan dalam bahasa Mandarin.

Tidak hanya itu, dalam pengenalan, Anda bisa memahami kata demi kata sampai dengan vocab bahasa Mandarin, memang tidak seluruhnya dimasukkan dalam buku ini, namun cukup memberikan informasi awal khususnya untuk Anda yang masih pemula.

Kekurangan Buku “Mudah Melakukan Percakapan Bahasa Mandarin Sehari-hari”

Tentunya semua produk selalu ada kelebihan dan kekurangan, namun bagi yang masih pemula rasanya tidak ada kekurangan yang perlu dibahas dalam resensi ini.

Itu dia, sebagai buku yang membutuhkan praktek, semoga sedikit informai dan resensi “Mudah Melakukan Percakapan Bahasa Mandarin Sehari-hari”, bisa bermanfaat, menambah pengetahuan, bisa meningkatkan pemahaman dan aplikasi bahasa Mandarin, termasuk menginspirasi kita semua sehingga mau belajar dan tetap selalu praktek bahasa Mandarin dalam kehidupan sehari-hari.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Resensi “Mudah Melakukan Percakapan Bahasa Mandarin Sehari-hari”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel