Tips Memilih “Casing PC”

Di balik riuhnya perkembangan teknologi digital, termasuk didalanya perkembangan laptop yang semakin canggih, yang ditandai dengan semakin bagusnya laptop, seperti laptop gaming dari berbagai merk, namun masih ada beberapa orang yang masih nyaman dengan komputer yang dibangun sendiri. Tentunya sebagian orang ini baru merasa puas setelah membangun “PC” atau komputer yang sesuai dengan yang diidamkannya. Dari berbagai piranti yang dibutuhkan untuk membangun PC maka casing PC menjadi salah satu bagian yang selalu menjadi pertimbangan. Untuk itu, agar Anda tidak bingung dalam memilih casing yang sesuai, maka di bawah ini akan disampaikan tentang tips memilih casing PC.

Tips Memilih “Casing PC”
Foto: technewstoday.

Bagi Anda yang sudah terbiasa beraktivitas dengan komputer atau PC (Personal Computer) tentu sudah sangat familier dengan berbagai istilah yang berhubungan dengan komputer. Selain berbagai part komputer, terdapat satu bagian yang tidak kalah pentingnya yaitu casing komputer. Bagian ini sering juga disebut dengan computer case atau computer cabinet, yaitu wadah atau rumah dari semua komponen internal yang akan membentuk sebuah sistem komputer. 

Saat ini, casing komputer sangat bervariasi dengan model dan jenis yang semakin bagus, mulai dari warna, desain dan ukuran yang berbeda-beda, begitu pula dengan bahannya, ada yang terbuat dari besi, aluminium, plastik dan juga kombinasi dari berbagai bahan tersebut.

Cara Memilih Casing PC Terbaik

Berbeda dengan laptop, yang semuanya sudah disiapkan menjadi satu dalam sebuah produk laptop, maka komputer atau PC memiliki keunggulan tersendiri, apalagi yang dirakit sendiri, yaitu kita bisa memilih komponen terbaik yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Tidak hanya komponennya, namun casingnya bisa dipilih sendiri.

Dengan banyaknya pilihan casing, baik dari bentuk dan warna, menjadikan casing menjadi semakin menarik, berbeda dengan bentuk casing jaman dahulu yang cenderung monoton dan kaku. Dengan semakin berkembangnya bentuk PC, akan membuat Anda bisa mengekspresikan diri sesuai dengan cita rasa yang diinginkan dalam pemilihan casing terbaik.

Baca juga: Tips Memilih Scanner.

Oleh karena itu, terdapat beberapa pertimbangan bagi Anda yang ingin memilih casing terbaik, antara lain:

  1. Pemilihan casing hendaknya disesuaikan dengan motherboard yang digunakan. Pemilihan casing sebenarnya tidak bisa dilakukan semaunya, karena pada dasarnya casing harus menyokong motherboard yang digunakan. Terdapat dua jenis casing, yaitu jenis desktop. Ukuran casing ini lebih lebar karena diletakkan dalam posisi tidur. Sedangkan jenis kedua yaitu jenis tower, bentuk casing ini saat ini menjadi favorit para pecinta PC, karena tidak memakan tempat, juga bentuknya yang bagus. Terdapat tiga jenis ukuran casing bentuk tower, yaitu mini tower, med tower dan full tower. Berbeda dengan desktop, maka casing pada jenis ini menempatkan motherbord secara vertikal. Untuk tinggi tower disesuaikan dengan jumlah rak yang dibutuhkan.
  2. Perhatikan sistem pendinginan yang dipakai dalam casing. Sistem pendinginan yang baik akan sangat membantu kinerja komputer. Oleh karena itu, pilihlah casing yang memiliki tempat kipas pada bagian bawah depan dan bagian atas belakang agar sistem pendinginan bisa optimal. Dan yang lebih penting pastikan lubang keluar udara cukup lebar, sehingga angin yang masuk atau keluar bisa lebih leluasa.
  3. Pilihlah casing yang memudahkan untuk melakukan instalasi. Karena memasang hardware dalam casing bagi sebagian orang cukup membosankan.
  4. Pastikan power supply yang melekat di casing sudah sesuai dengan kebutuhan.
  5. Setelah semua perangkat yang disebutkan diatas sudah sesuai dengan kriteria, maka pilihlah model dan warna yang cocok dengan selera dan style Anda.

Semoga sedikit informasi dan tips memilih “Casing PC”, yang bersumber dari Buku "Sayang Barang Hemat Uang - Kumpulan Tips-tips Jitu Klasika Kompas", yang diterbitkan oleh Penerbit Buku Kompas bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih “Casing PC”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel