Tips Mendetoks Tubuh Setelah Lebaran

Lebaran, menjadi salah satu momen yang menyenangkan, apalagi setelah sebulan berpuasa menahan hawa nafsu, termasuk menahan lapar dan dahaga. Begitu bahagia dan menyenangkannya momen lebaran, ditambah dengan sajian nikmat yang telah disediakan saat lebaran. Berbagai sajian, seperti opor, rendang, sampai gulai yang sayang sekali kalau dilewatkan. Kenikmatan sajian ini tidak bisa dibantah, namun harus diingat dengan menu makanan yang mengandung lemak dan kalori tinggi membuat tubuh harus bekerja keras. Untuk itu, tubuh membutuhkan proses untuk mengeluarkan racun. Berkaitan dengan hal tersebut, akan disampaikan tips mendetoks tubuh setelah lebaran untuk Anda.

Tips Mendetoks Tubuh Setelah Lebaran
Foto: carreras-energia

Sudah disadari dan dipahami bahwa setalah sebulan berpuasa, memang tubuh  menjadi lebih bersih dan berat badan menurun. Terinspirasi dari Tabloid Nyata yang membahas tentang cara mendetoks tubuh, maka di bawah ini akan disampaikan berbagai bahasan, yaitu cara membersihkan tubh dari racun setelah lebaran.

Cara Mendetoks Tubuh Setelah Lebaran

Lebaran memang menjadi hari yang menyenangkan, selain bisa berkumpul dengan keluarga, juga selalu tersedia makanan yang lezat. Bisa diakui bahwa pola makan yang selama ini bisa terkontrol, namun begitu lebaran, pola makan menjadi tidak terkontrol. 

Berikut akan disampaikan 20 cara mendetoks tubuh sesudah lebaran, antara lain:

  1. Banyak minum air putih.
  2. Minum air lemon.
  3. Mengkonsumsi jus sayur atau jus buah.
  4. Mengkonsumsi protein.
  5. Meminimalkan asupan gula.
  6. Buanglah minyak beracun.
  7. Mengkonsumsi teh hijau atau teh herbal.
  8. Lebih banyak makan buah dan sayur.
  9. Mengonsumsi makanan detoks.
  10. Mengurangi garam.
  11. Meminimalkan konsumsi tepung.
  12. Mengkonsumsi probiotik.
  13. Mengelola stress.
  14. Menyikat kulit.
  15. Rutin pijat.
  16. Meditasi.
  17. Olahraga.
  18. Beristirahat yang cukup.
  19. Mandi sauna.
  20. Mengurangi konsumsi obat.

Baca juga: Tips Mencegah Kolesterol Tinggi Setelah Lebaran.

1. Banyak minum air putih. Minum air putih menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendetoks tubuh. Jangan lupa minum air putih 8 sampai 10 gelas setiap hari. Langkah ini akan membantu untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

2. Minum air lemon. Selain air putih, langkah lain yang bisa dilakukan adalah dengan minum air putih hangat pada pagi hari ditambah dengan sedikit air lemon saat perut kosong. Cara ini bisa menjadi strategi yang ampuh untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Air lemon akan mengembalikan keseimbangan tubuh, mengeluarkan racun yang ada dalam sistem pencernaan dan bisa meningkatkan metabolisme tubuh. 

Selain menambahkan air lemon, terdapat beberapa alternatif lainnya, yaitu menambahkan beberapa sendok makan cuka sari apel dalam segelas air putih. Cuka sari apel merupakan obat pelembab dan penyembuh yang ampuh, antibiotik dan juga antiseptik alami yang mampu melawan kuman dan juga bakteri.

3. Mengkonsumsi jus sayur atau jus buah. Daripada menikmati snack yang tidak sehat, lebih baik mengkonsumsi smoothie atau jus sayur atau jus buah yang lebih menyehatkan. Tentunya tanpa menambahkan gula pasir. Kalau ingin terdapat tambahan rasa bisa ditambahkan bahan alami seperti madu atau bisa dengan gula Jawa.

Jus sayuran hijau yang baik juga lebih unggul daripada makanan lainnya karena akan membantu Anda dalam menyingkirkan racun  dari dalam tubuh, karena sayuran hijau mengandung antioksidan.

4. Mengkonsumsi protein. Dari berbagai kajian dan penelitian menunjukkan bahwa mayoritas membutuhkan banyak protein berkualitas tinggi, apalagi saat usia semakin berambah. Tidak hanya sebagai sumber energi saja, namun protein akan membantu kerja usus menjadi lebih baik. 

Sumber protein terbaik terdapat pada ikan, ayam tanpa lemak, kedelai dan juga kacang-kacangan.

5. Meminimalkan asupan gula. Mulai dari sekarang kurangilah konsumsi gula, termasuk pemanis buatan, makanan manis, dan juga permen. Hal ini dikarenakan asupan gula yang berlebihan bisa mengakibatkan kenaikan berat badan, diabetes, dan juga depresi.

Sebaiknya pilihlah pemanis alami, seperti madu, stevia, tetes tebu, gula kelapa atau bisa juga dengan sirup maple.

6. Buanglah minyak beracun. Jangan gunakan lagi berbagai minyak beracun, seperti minyak kacang, minyak sayur, minyak biji kapas, minyak canola, dan minyak bunga matahari. Gantilah dengan minyak yang lebih bagus, seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak rami, minyak alpukat dan juga minyak biji rami.

7. Mengkonsumsi teh hijau atau teh herbal. Kebiasaan menikmati secangkir kopi menjadi sebuah kebiasaan yang sering dilakukan, namun bagaimana kalau kebiasaan tersebut mulai diganti dengan minum teh hijau atau teh herbal. Berdasarkan berbagai referensi, bisa disampaikan bahwa kafein yang terkandung dalam kopi tidak merusak seperti zat lainnya.  Begitu pula dengan dampak kafein dalam kopi memang belum diketahui secara pasti. Namun kelebihan kafein akan diubah menjadi racun dalam tubuh dalam jangka waktu yang lama. 

Oleh karena itu, alangkah sebaiknya, konsumsi kopi diganti dengan konsumsi teh hijau yang lebih banyak mengandung antioksidan untuk mendetoks tubuh.

8. Lebih banyak makan buah dan sayur. Buah dan sayur banyak mengandung vitamin, mineral, antioksidan, enzim dan serat yang bermanfaat untuk tubuh. Buah dan sayur mengandung banyak serat yang akan membantu menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes dan stroke. Selain itu juga akan membantu menurunkan berat badan, karena membuat rasa kenyang lebih lama. 

Konsumsilah 21 sampai 38 serat per hari agar bisa mencapai kesehatan yang optimal. Hal ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi lima porsi buah dan sayur setiap harinya. Mengonsumsi cukup serat akan membantu  mengurangi makan makanan yang tidak sehat.

Cara yang paling mudah adalah menambahkan lebih banyak serat yaitu dengan memulai hari dengan mengonsumsi sereal gandum utuh. Serat akan bertahan di perut lebih lama, hal ini berarti membuat perut kenyang lebih lama, serat akan menggerakkan lemak melalui sistem pencernaan tubuh menjadi lebih cepat sehingga kurang diserap.

Baca juga: Tips Mengontrol Kadar Glukosa Darah.

9. Mengonsumsi makanan detoks. Terdapat beberapa makanan yang memiliki manfaat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, seperti: bawang putih, jeruk dan sayuran.

  • Bawang putih. Bahan makanan ini akan membantu merangsang liver untuk memproduksi enzim detoksifikasi yang akan membantu menyaring residu beracun dari sistem pencernaan.
  • Jeruk. Seperti lemon dan limau akan membantu tubuh membuang racun dari dalam tubuh dan akan melancarkan proses pencernaan. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengonsumsi jus lemon yang akan membantu membersihkan hati.
  • Sayuran. Sayuran hijau banyak mengandung klorofil, yang bisa membersihkan saluran perncernaan. Bahkan mengonsumsi wortel, bawang, asparagus, kubis, kangkung juga bagus untuk membersihkan tubuh.

10. Mengurangi garam. Menambahkan garam pada makanan memang sering dilakukan apalagi untuk menambah rasa. Namun, yang perlu diingat adalah terlalu banyak mengonsumsi garam bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, meningkatkan risiko stroke, ginjal, penyakit jantung, menurunkan daya ingat dan juga bisa mengakibatkan disfungsi ereksi.

11. Meminimalkan konsumsi tepung. Mulai saat ini, minimalkan konsumsi bahan makanan dari tepung putih, karena hal ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan bisa menyulitkan buang air besar secara normal. Anda bisa mengganti tepung terigu dengan jenis tepung lainnya, seperti tepung jagung, tepung gandum atau tepung beras merah.

12. Mengkonsumsi probiotik. Langkah ini bermanfaat untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Selain itu, probiotik mengandung bakteri baik yang bisa membantu mengembalikan keseimbangan tubuh. Dengan rajin mengonsumsi suplemen probiotik setiap hari, berarti diri kita akan mengenalkan bakteri baik dalam usus. Kondisi ini kan membantu mengatasi masalah pencernaan, seperti rasa kembung, konstipasi (susah buang air besar), diare dan rasa tidak nyaman pada perut.

13. Mengelola stress. Stress harus dikelola, karena stress bisa menjadi racun yang akan memiliki dampak buruk pada kesehatan. Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti dengan melakukan yoga, meditasi atau dengan hanya sekedar menarik napas dalam-dalam.

14. Menyikat kulit. Menyikat kulit menjadi cara yang paling mudah dan efektif untuk mendetoks tubuh, selain bisa mengangkat sel-sel kulit mati, menyikat pada kulit akan merangsang peredaran darah, meningkatkan pengeluaran racun dari dalam tubuh dan juga memperbaiki sistem limfatik.

15. Rutin pijat. Yang menarik disini adalah pemijatan pada titik tubuh tertentu bisa menyingkirkan racun dari dalam tubuh. Caranya sederhana yaitu bisa dengan menekan titik di leher dan punggung yang merupakan tempat penumpukan asam laktat sebagai penyebab rasa lelah dan stress. Setelah dipijat, minumlah banyak air putih untuk mengusir racun dalam tubuh melalui buang air kecil.

16. Melakukan meditasi. Meditasi tidak hanya mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh, namun juga mampu menyehatkan tubuh dan mencapai keadaan mental positif yang baik.

17. Olahraga. Melakukan olahraga selain membuat tubuh menjadi sehat, juga membantu mengeluarkan racun secara alami. Setiap melakukan olahraga dan tubuh berkeringat, racun dari dalam tubuh akan dikeluarkan melalui pori-pori kulit.

18. Beristirahat yang cukup. Istirahat harus menjadi prioritas. Tidur nyenyak setiap malam bisa membantu menghilangkan penumpukan racun. 

19. Mandi sauna. Ternyata mandi sauna bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Tidak perlu dilakukan setiap hari, cukup satu minggu sekali saja.  Saat mandi sauna, keringat akan banyak yang keluar. Berkeringat saat mandi sauna akan membantu mencegah penyakit atau mengembalikan keseimbangan tubuh.

20. Mengurangi konsumsi obat. Kurangilah mengkonsumsi obat kimia bila tidak benar-benar diperlukan.  Hal ini dikarenakan racun dalam tubuh dari obat-obat kimia bisa menumpuk dalam tubuh. 

Itu dia sedikit tips mendetoks tubuh setelah lebaran. Semoga bermanfaat.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mendetoks Tubuh Setelah Lebaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel