Mencegah Kanker Serviks dengan Bahan Herbal

Mencegah lebih baik daripada mengobati, sepertinya pas untuk menjadi bahan ide tulisan kali ini. Apalagi dengan berbagai penyebab yang tidak diketahui bagaimana awalnya, yang menjadikan penyakit itu datang, entah dari gaya hidup, pola konsumsi yang tidak bisa dihindari menjadikan ancaman penyakit, seperti kanker serviks yang mengancam kehidupan para wanita. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit ini hinggap ditubuh, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mencegah kanker serviks dengan bahan herbal. Bahan herbal menjadi salah satu bahan atau minuman obat tradisional yang bissa dicoba apalagi dengan biaya yang sangat terjangkau.

Mencegah Kanker Serviks dengan Bahan Herbal
Foto: newssamachar.

Sebenarnya apakah kanker serviks itu? Dari berbagai sumber yang didapatkan, kanker serviks merupakan kanker yang tumbuh pada sel di leher rahim. Biasanya kanker serviks ini lebih banyak berhubungan dengan infeksi menular seksual. Siapa saja yang berisiko terkena kanker servisk ini? Pada dasarnya setiap wanita akan berisiko terkena jenis kanker ini, atau wanita yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, sering gonta ganti pasangan atau mengonsumsi pil KB dalam jangka panjang.

Mencegah Kanker Serviks Sejak Dini dengan Bahan Herbal

Mendengarkan kata-kata “kanker serviks” saja bagi orang laki-laki sudah mengerikan, apalagi bagi kaum wanita yang berisiko terkena jenis kanker ini. Tentu saja kanker serviks masih menghantui kaum wanita, karena jenis penyakit ini menjadi penyebab kematian wanita kedua di negara-negara berkembang, termasuk di Indonesia.

Oleh karena itu, prinsip lebih baik mencegah daripada mengobati harus menjadi pegangan utama dalam hidup saat ini. Untuk itu, selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat agar tidak terkena penyakit, juga bisa mencegah agar tidak terkena penyakit kanker serviks.

Selain selalu melakukan pola hidup sehat, tidak ada salahnya menggunakan bahan-bahan herbal sebagai langkah pencegahan terhadap penyakit kanker serviks ini. Terdapat beberapa bahan herbal yang bisa digunakan, dengan mengambil sedikit tulisan dari Prof, Dr. Mangestuti Agil, MS., Apt dari Departemen Farmakognosi dan Fitokimia, Fakultas Farmasi, Universitas Airlangga, yang juga pernah ditayangkan dalam Tabloid Nyata, antara lain:

  • Kunyit putih.
  • Kunir.
  • Brotowali.
  • Pegagan.
  • Bawang putih.
  • Sambiloto.

Baca juga: Tips Mengantisipasi Kanker Serviks & Kanker Payudara.

  • Kunyit putih.

Diantara jenis bahan herbal, maka kunyit putih menjadi salah satu bahan rempah yang sudah digunakan sejak dahulu kala. Kunyit putih sudah sering dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan pada lambung, anti radang, limpa, melindungi fungsi liver, anti mikroba, dan juga membantu melancarkan datang bulan. Bahkan pengobatan tradisional di China sudah menggunakan kunyit putih sebagai obat untuk mengatasi kanker ovarium dan juga serviks.

Cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker serviks, yaitu pilihlah rimpang segar dengan ukuran 5 cm sampai dengan 10 cm, kemudian cuci bersih dan sikat. Setelah itu, kupas kulitnya dan iris tipis. Baru kemudian direbus dalam 500 ml air dengan api sedang. Minum air rebusan kunyit putih sebanyak satu gelas dua kali seminggu.

  • Kunir.

Selain kunyit putih, kunir atau kunyit juga sering digunakan sebagai bahan obat tradisional karena memiliki banyak manfaat. Salah satunya sebagai bahan obat anti kanker.

Caranya, parut atau tumbuk kunir segar, kemudian tambahkan air matang sedikit demi sedikit pada tumbukan tersebut sambil memerasnya. Saring dalam gelas sampai 100 ml. Minum air perasan kunir tersebut seminggu sekali.

  • Brotowali.

Tanaman ini sangat terkenal karena rasa pahitnya, meskipun rasanya yang pahit, namun bisa untuk mengatasi alergi, seperti gatal-gatal di kulit. Selain itu, brotowali juga memiliki manfaat untuk vitalitas, dan juga mempertahankan daya tahan tubuh, karena mengandung zat yang bekerja sebagai antioksidan, imunomodulator dan juga adaptogenik, yang membuat brotowali mampu mencegah kanker.

  • Pegagan.

Pegagan menjadi salah satu tanaman yang bisa digunakan sebagai bahan herbal, hal ini disebabkan kandungan bahan aktif daun pegagan bisa menjaga fungsi saraf, antioksidan, antiradang dan juga anti kanker. Dengan khasiat anti kanker telah terbukti mencegah dan mengatasi kanker usus, kanker serviks dan kanker darah.

Untuk menggunakan daun pegagan sebagai pencegah kanker serviks, caranya mudah, yaitu pilihlah daun pegagan yang masih segar, kemudian cuci sampai bersih. Kemudian bisa dikonsumsi, dengan menjadikan daun pegagan sebagai lalapan.

  • Bawang putih.

Bawang putih bisa digunakan sebagai pencegah kanker serviks. Caranya sangat mudah dengan mengonsumsi satu siung bawang putih mentah setiap hari. 

  • Sambiloto.

Sambiloto sudah lama dikenal sebagai bahan tanaman obat, apalagi dengan rasanya yang pahit. Sambiloto menjadi bahan tanaman obat yang memiliki khasiat untuk menjaga daya tahan tubuh dan juga mencegah kanker.

Caranya, rebus 3 sampai 5 lembar daun sambiloto, kemudian minum air rebusan sambiloto sebanyak 100 ml setiap dua minggu sekali.

Itu dia, sedikit informasi dan tips mencegah kanker serviks dengan bahan herbal. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Mencegah Kanker Serviks dengan Bahan Herbal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel