Tips Terhindar dari Jet-Lag

Wabah pandemi Covid-19 telah merubah segalanya, bahkan Anda yang memiliki hobi traveling dan juga sebagai travel blogger harus memiliki cara tersendiri agar bisa mengisi konten traveling yang sudah Anda bangun, karena kondisi pandemi yang tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan wisata. Bahkan bagi seorang yang sibuk dan harus melakukan perjalanan ke luar negeri dalam jangka waktu lama pun harus mengikuti aturan terkait wabah pandemi Covid-19 tersebut. Untuk itu, bagi Anda yang masih sering melakukan jarak jauh dengan pesawat, terdapat tips terhindar dari jet-lag, karena harus melewati zona waktu yang berbeda.

Tips Terhindar dari Jet-Lag
Foto: readersdigest.

Jet-lag sendiri merupakan gangguan tidur yang timbul dengan bentuk rasa kantuk pada siang hari, namun menjadi sulit tidur pada malam hari, yang ditimbulkan setelah melakukan perjalanan jarak jauh dengan menggunakan pesawat, dengan zona waktu yang berbeda.

Cara Mengatasi Jet-Lag

Bagi Anda yang sampai saat ini masih harus melakukan perjalanan jarak jauh dengan zona waktu berbeda, dengan menggunakan pesawat terbang, tentu pernah merasakan jet-lag. Hal ini membuat jam biologis tubuh menjadi kacau setelah menempuh perjalanan yang melewati beberapa zona waktu. Yang mengkhawatirkan adalah kondisi jet-lag bisa mempengaruhi kondisi fisik dan mental. Bahkan untuk mengembalikan situasi tubuh diperlukan waktu beebrapa hari untuk menyesuaikan dengan zona waktu yang baru.

Baca juga: Tips Mengatasi Flu di Masa Pancaroba.

Terdapat beberapa cara untuk menghindari jet-lag, antara lain:

  • Minumlah banyak air sebelum, selama dan setelah melakukan penerbangan agar terhindar dari dehidrasi.
  • Hindarilah merokok atau minum obat, bila tidak terdesak selama penerbangan.
  • Cukup tidur sebelum melakukan penerbangan, khususnya saat akan menempuh penerbangan jarak jauh.
  • Menggerakkan tubuh seperlunya selama penerbangan. Anda bisa melakukan pemanasan di tempat duduk atau dengan berjalan-jalan sejenak di dalam kabin. Langkah ini yaitu berjalan kaki sebentar bisa menghindari terhambatnya sirkulasi darah dan kaki yang bengkak.

Apabila terjadi kondisi Anda mengalami flu atau bahkan demam, alangkah sebaiknya menunda keberangkatan sampai Anda benar-benar sembuh untuk menghindari sakit pada sinus atau kerusakan pada telinga.

Aapabila perjalanan tersebut tidak bisa ditunda, sebaiknya Abda melakukan konsultasi pada dokter. Semoga sedikit informasi tentang tips terhindar dari jet-lag bermanfaat dan bisa menjadi pedoman untuk Anda yang akan melakukan perjalanan jarak jauh dengan pesawat terbang.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Terhindar dari Jet-Lag"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel