Tips Seputar Pakaian

Tidak dapat dipungkiri, pakaian adalah kebutuhan utama sehari-hari, meskipun tidak perlu selalu baru, tetapi rasa nyaman dan enak dipakai menjadi kata kunci dalam memakainya. Terlepas dari kenyamanan saat dipakai, terkadang ada saja hal yang tidak diinginkan saat menggunakan baju tersebut. Entah kancing baju yang lepas, terkena permen karet, atau bahkan hal yang tidak diharapkan terjadi seperti baju tidak cukup dipakai. Untuk itu, di bawah ini akan disampaikan tentang tips seputar pakaian untuk mengatasi masalah pada pakaian yang tidak diharapkan.

Tips Seputar Pakaian
Foto: spoonssquared.

Memang tidak dipungkiri, terkadang harapan memakai pakaian yang pas dan sesuai harus terganggu karena terdapat sedikit masalah yang tidak diharapkan. Namun, selalu ada jalan menuju Roma, meskipun baju tersebut terkena sedikit masalah, dan karena Anda masih sangat menyukainya, maka tidak masalah kalau beberpa hal di bawah ini menjadi pedoman untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Tips dan Trik Seputar Pakaian

Sebenarnya terdapat banyak tips yang bisa diaplikasikan untuk mengatasi berbagai masalah pada pakaian kesayangan. Terdapat beberapa hal termasuk tips dan trik seputar pakaian, antara lain:

1. Kancing hampir lepas.

Ingin menggunakan baju kesayangan, namun kancing baju tersebut hampir lepas. Apabila tidak memiliki waktu untuk menjahit, Anda bisa melakukan hal ini dengan mengambil kuteks atau cat kuku bening. Kemudian oleskan pada kancing yang hampir lepas dan keringkan. Cara ini sangat membantu untuk mengencangkan kancing dengan cepat.

2. Kancing lepas.

Apabila kancing sudah terlanjur lepas, tentu cara di atas tidak bisa dipakai. Namun untuk kondisi darurat, Anda bisa menggunakan klip kertas atau paper clip. Buka paper clip tersebut, kemudian kaitkan pada kancing tersebut dan pasanglah di baju.

3. Merapikan kerah baju.

Baju yang akan dipakai tidak karuan, terutama kerah bajunya? Tidak usah khawatir, ambil saja catok rambut, kemudian gunakan untuk menyetrika bagian tersebut. Kerah baju akan rapi kembali.

Baca juga: Tips Agar Pakaian Putih Selalu Cemerlang.

4. Agar sweater lama terlihat baru.

Sweater kesayangan sudah lama dan seratnya berantakan? Sayangkan kalau dibuang? Untuk terlihat baru, gunakan saja pisau cukur untuk membersihkannya. Lakukan secara hati-hati agar tidak berlubang.

5. Membetulkan celana ketat agar tidak mudah melar.

Celana  ketat akan mudah melar apabila tidak dirawat secara tepat. Agar hal yang tidak diharapkan terjadi, alangkah sebaiknya disimpan terlebih dahulu di freezer sebelum menggunakannya saat pertama. Cara yang bisa dilakukan adalah ambil celana ketat tersebut, basahi di bawah air mengalir, kemudian peras.

Kemudian masukkan ke dalam plastic klip, simpan semalaman dalam freezer. Pada esok harinya, biarkan celana ketat  tersebut mencair, keringkan dengan mengangin-anginkan, dan gunakan seperti biasa. Suhu dingin freezer bisa memperkuat serat pada celana ketat, sehingga bisa tahan lama.

6. Untuk menghilangkan bulu-bulu.

Terkadang saat akan menggunakan baju yang dibutuhkan terdapat buku-bulu pada pakaian yang lain ikut menempel. Untuk membersihkannya, caranya sangat mudah, yaitu gunakan spons make up, pilihlah spons yang masih bersih, agar pakaian tidak menjadi kotor.

7. Melembutkan sweater.

Sweater biasanya dibuat dari bahan yang kasar, sehingga membuat kulit terasa gatal. Agar hal ini tidak terjadi, maka cucilah terlebih dahulu dengan kondisioner rambut dan cuka putih sebelum digunakan.

Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menyiapkan air di wadah, kemudian tambahkan beberapa sendok makan cuka putih, dan rendam sweater selama 15 menit. Setelah itu angkat, dan olesi sweater dengan kondisioner rambut secukupnya. Biarkan selama 30 menit, kemudian bilas sampai bersih dan jemur sampai kering.

8. Pakaian dari bahan kulit.

Jangan melipat pakaian dari bahan kulit, karena bisa menyebabkan kusut, dan hal ini akan sulit untuk dihilangkan. Oleh karena itu, sebagai gantinya, gantung saja pakaian kulit Anda. Dan jangan lupa menggunakan kartu nama atau bisa juga kertas tissue untuk melindungi bahan dari bekas jepitan.

9. Membersihkan permen karet.

Pakaian kesayangan terkena permen karet? Tentu hal ini akan sangat mengesalkan. Terdapat cara mudah untuk membersihkannya, yaitu ambil es batu, kemudian tempelkan pada permen karet tersebut. Setelah dingin, permen karet akan dapat dengan mudah lepas dari pakaian. Cara ini bisa digunakan juga apabila permen karet menempel pada rambut, sehingga Anda tidak perlu mengguntingnya.

10. Mencegah burket.

Saat siang hari yang terasa panas, tentunya akan membuat gerah. Namun ada satu yang tidak disenangi yaitu munculnya keringat di area ketiak yang menjadikan ketiak basah, tentunya hal ini akan membuat Anda malu untuk mengangkat tangan. Terdapat langkah mudah agar hal ini tidak terjadi, yaitu dengan cara menempelkan panty liner pada ketiak pakaian. Panty liner akan menyerap keringat di area tersebut.

11. Rok terbang.

Menggunakan rok saat bepergian memang akan membuat penampilan menjadi lebih feminin dan anggun, namun terdapat hal yang paling menjengkelkan apabila rok  tersebut terbang tertiup angin. Untuk menghindari hal ini tidak terjadi, maka bisa disiasati dengan cara menempelkan koin di balik rok, pada bagian bawah. Koin dalam hal ini berguna sebagai pemberat , sehingga apabila diterpa angin, rok tidak akan terbang.

12. Resleting mudah melorot.

Dari sekian masalah yang terjadi saat bersantai atau jalan-jalan, maka resleting atau zipper celana molorot menjadi masalah yang menjengkelkan. Apabila terpaksa harus memakainya, bisa disiasati dengan menggunakan ring atau lingkaran aluminium bekas gantungan kunci.

Caranya adalah masukkan ring tersebut ke lubang yang ada di pegangan kepala resleting celana, kemudian tarik ke atas untuk menutup resleting celana, dan kaitkan ring pada kancing yang ada di bagian atas resleting. Dan tutup ring dengan cara memasukkan kancing celana pada lubang.

13. Kancing jeans tidak bisa dikaitkan.

Perut buncit atau bisa berat badan yang bertambah akan membuat kancing celana jeans tidak bisa dikaitkan. Apabila hal ini terjadi, maka bisa disiasati dengan menyambung menggunakan karet rambut. Caranya yaitu dengan mencantolkan karet rambut pada kancing, kemudian lewatkan lubang kancing dan cantolkan lagi pada kancingnya.

14. Jeans untuk ibu hamil.

Ini dia yang menarik, hamil tidak berarti harus menyingkirkan jeans kesayangan. Pada trimester pertama kehamilan, Anda masih bisa menggunakannya dengan memanfaatkan tank top. Caranya adalah dengan mengenakan celana jeans seperti biasanya. Jangan memaksa untuk mengenakan celana jeans seperti biasa, dan jangan memaksakan untuk menutup resleting apabila memang tidak bisa dinaikkan. Untuk menutup bagian yang terbuka, gunakan tank top. Posisikan sedemikian rupa, hingga benar-benar menutup dan nyaman untuk digunakan, baru kemudian rapikan.

15. Apabila resleting macet.

Apabila resleting macet bisa diatasi dengan cara berikut ini:

  • Menggunakan lilin. Caranya adalah gosokkan lilin pada gerigi resleting, baik pada sisi kanan maupun sisi kiri, serta pada bagian depan dan belakang. Setelah itu coba tarik resleting secara perlahan.
  • Dengan menggunakan handbody lotion. Apabila tidak ada lilin, maka bisa digunakan handbody lotion. Oleskan handbody lotion pada gerigi resleting. Lakukanlah dengan hati-hati dan jangan terlalu banyak menggunakan handbody lotion agar tidak meninggalkan noda pada celana, atau Anda bisa menggunakan vaselin.
  • Menggunakan pensil. Sebagai langkah alternatif, Anda bisa mengunnakan pensil (grafit) untuk mengatasi resleting macet. Caranya mudah, Anda tinggal menggoreskan grafit pensil pada gerigi resleting. Setelah itu baru jalankan resleting.

16. Melonggarkan celana jeans.

Apabila celana jenas terasa tidak nyaman karena terlalu sempit, Anda bisa sedikit melonggarkan celana jeans yang sempit tersebut dengan menggunakan hair dryer. Caranya, nyalakan hair dryer, kemudian arahkan pada bagian dalam celana jens setidaknya 10 menit.

17. Stoking robek.

Celana stoking sangat mudah robek, apabila hal ini terjadi, langkah utama yang bisa dilakukan adalah jangan membiarkan hal ini terjadi, karena robekan pada stoking bisa meluas. Untuk mengunci robekan tersebut, bisa disemprotkan hair spray, atau bisa juga dengan mengoleskan cat kuku bening pada bagian stoking yang robek tersebut.

18. Celana robek. 

Aktifitas pekerjaan yang luar biasa, secara tidak sengaja membuat celana yang digunakan tiba-tiba robek. Jangan panik, meskipun tidak membawa celana ganti, Anda masih bisa mengatasinya. Kondisi daurat tersebut bisa diatasi dengan menggunakan stapler. Rekatkan area yang robek dengan menggunakan stapler dengan rapi dan selanjutnya celana tersebut bisa digunakan kembali.

Itu dia informasi dan tips seputar pakaian untuk mengatasi masalah pada pakaian yang tidak diharapkan, yang diambil dari Tabloid Nyata, semoga bermanfaat untuk Anda.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Seputar Pakaian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel