Tips Menjaga Stamina Mobil yang Lama Tidak Digunakan

Wabah pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia bahkan seluruh dunia, praktis merubah kebiasaan masyarakat, tidak hanya itu, Pemerintah bahkan selalu menganjurkan pada masyarakat agar tetap dan selalu menjaga prokes (protokol kesehatan) termasuk diantaranya dengan menjaga jarak dan selalu menggunakan masker. Masih adanya kekhawatiran tersebut menjadikan kebanyakan orang bertahan untuk tidak pergi keluar rumah, kecuali ada faktor mendesak. Hal ini juga terjadi bagi mereka yang memiliki mobil yang menjadikan mobil tersebut jarang digunakan. Untuk itu agar mobil bisa awet, di bawah ini disampikan tips menjaga stamina mobil yang lama tidak digunakan.

Tips Menjaga Stamina Mobil yang Lama Tidak Digunakan
Foto: autoclassics.

Meskipun mobil jarang digunakan, namun tidak berarti  mobil tidak perlu dirawat, namun hal ini malah sebaliknya, mobil yang jarang dipakai malah membutuhkan perhatian ekstra, karena sebenarnya mobil tersebut sengaja dirancang untuk bisa terus digunakan.

Cara Menjaga Stamina Mobil yang Lama Tidak Digunakan

Meskipun mobil sudah menjadi sebuah kebutuhan, yang harus dipakai untuk mendukung pekerjaan, namun tidak jarang ada juga pemilik yang sangat jarang menggunakan kendaraan atau mobilnya, kecuali saat penting saja, tidak hanya satu atau dua hari, namun bisa berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan lamanya. Apalagi sejak wabah pandemi Covid-19 ini melanda yang menjadikan kebanyakan orang jarang bepergian.

Baca juga: Tips Mencegah Kehilangan Mobil.

Pada kenyataanya tidak jarang mobil sering hanya teronggok begitu saja di garasi atau di tempat Anda memarkir mobil seperti biasanya di rumah. Untuk itu, terdapat beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum meninggalkan kendaraan Anda, agar saat akan digunakan nanti kondisinya tetap baik, sebagai berikut:

  1. Cabutlah kabel baterai yang ada pada mobil. Hal ini bisa dilakukan dengan melepas kabel yang terhubung pada terminal listrik (terminal positif dan negatif). Dengan tujuan agar arus listrik pada baterai tidak hlang. Dan saat akan digunakan mobil bisa dengan segera kembali melaju.
  2. Gantunglah ban agar kontruksinya tidak berubah. Konstruksi ban yang berubah  bisa menyebabkan putaran ban tidak berjalan sebagaimana mestinya dan menyebabkan kenyamanan saat berkendara akan terganggu. Menggantung ban ini bisa dilakukan dengan cara mendongkrak roda dengan cara mengangkat bagian depan dan belakang kendaraan. Saat kendaraan sudah terangkat, topanglah dengan jack stand sehingga Anda tidak perlu melepas ban.
  3. Tutupilah mobil dengan cover khusus untuk menghindarkan dari debu, percikan air dan juga gangguan lingkungan lainnya yang bisa membuat penampilan luar mobil menjadi tidak indah lagi.
  4. Sebelum menghidupkan mesin, yakinkan bahwa keadaan mobil Anda masih dalam keadaan normal, dengan memeriksa oli mesin, air radiator, minyak rem, dan sebagainya. Jangan lupa memerika fungsi-fungsi lainnya dari perangkat lain agar tidak terlewatkan, seperti sistem rem, lampu, sistem kopling sekring bahkan wiper.
  5. Apabila masih belum yakin dengan kondisi kendaraan, Anda sangat dianjurkan untuk membawa mobil kesayangan tersebut ke bengkel yang Anda percaya untuk melakukan check agar kondisi kendaraan dalam keadaan baik setelah sekian lama tidak digunakan.

Itu dia sedikit tips menjaga stamina mobil yang lama tidak digunakan, semoga bermanfaat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menjaga Stamina Mobil yang Lama Tidak Digunakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel