Sukses Dengan Percaya Diri

Hidup adalah sebuah pilihan, dan memang kita harus memilih, begitu pula untuk meraih sukses, tidak ada yang harus dilakukan kecuali memulai atas apa yang diyakini dan harus dilakukan. Bahkan menurut Stephen Covey, terdapat tiga hal yang konstan dalam hidup, yaitu perubahan, pilihan dan prinsip. Tentunya begitu pula untuk meraih sukses. Sukses dengan percaya diri menjadi sebuah pilihan awal saat ingin memulai suatu tindakan.

Banyak orang yang ada di sekitar kita merasa bingung saat ditanya bagaimana untuk bisa meraih sukses dan bagaimana untuk memulai kesuksesan itu. Hal ini juga sama dengan yang dialami seorang Eni Kusuma, seorang Mantan TKW, motivator dan saat ini juga menjadi pembimbing sekolah gratis di Banyuwangi. Bahkan teman terdekatnya pernah mencemoohnya dengan kata-kata, “Wah, segitu PD-nya, memangnya kamu siapa, seorang pembantu gitu!”. Kata-kata ini bisa memberikan dua pilihan, untuk orang memiliki sifat optimis, pasti menganggap hal ini menjadi sebuah dorongan luar biasa untuk menunjukkan bahwa dirinya bisa sukses, namun kebalikan dari orang optimis, bagi orang pesimis kata-kata tersebut membuat dirinya bisa bertambah minder dan menjadi semakin terpuruk.

Sukses dengan percaya diri
Foto: inc.

Percaya Diri, Kunci Awal Sukses

Siapa bilang sukses tidak bisa diraih? Kebanyakan setiap orang menginginkan sukses dengan cepat dan instan, padahal sejatinya dalam hidup semua membutuhkan proses, sama halnya dengan proses terbentuknya manusia, tidak bisa tiba-tiba langsung menjadi besar tanpa harus belajar merangkak dan berjalan.

Menurut Eni Kusuma, percaya diri merupakan hal yang abstrak, namun sangat berpengaruh dan memiliki dampak bagi kehidupan kita. Menurutnya, percaya diri adalah milik setiap orang, dari latar belakang mana pun. Namun, ternyata percaya diri hanya milik orang-orang tertentu saja, yang pasti sudah memiliki kelebihan bila dibandingkan dengan orang lain.

Baca juga: Menggapai Sukses dengan “The Power of Bodo Amat”.

Selain itu, percaya diri ternyata juga dipengaruhi oleh lingkungan tempat kita berada, percaya diri bisa dengan mudah terbentuk apabila berada dalam lingkungan yang tepat atau berada dalam lingkungan yang kondusif, yaitu dalam keluarga yang harmonis. Namun, begitu pula sebaliknya percaya diri akan sulit terbentuk bila seseorang berada dalam lingkungan keluarga yang berantakan atau broken home dan juga miskin.

Percaya Diri adalah Sikap Diri yang Harus Dibentuk

Eni Kusuma dalam beberapa tulisannya, berdasarkan pengalamannya, yang memulai kesuksesan dari hanya seorang mantan TKW, menyampaikan bahwa hanya orang-orang mampu open mind akan kondisi dirinya terhadap dunia luar dirinya yang akan memiliki rasa percaya diri. Sesulit apa pun keadaannya, sebagai manusia yang memiliki hak yang sama di hadapan Tuhan dan sebagai mahluk yang memiliki kecerdasan. Tidak ada alasan bagi dirinya untuk tidak percaya diri.

Open Mind menjadi salah satu faktor yang harus dimiliki seseorang agar bisa memiliki percaya diri. Semua hal pasti mengalami perubahan, bukankah sesuatu yang pasti adalah perubahan itu sendiri. Dengan belajar hal baru dan selalu mencari informasi untuk meningkatkan diri, maka dirinya akan tumbuh dengan sendirinya. Bahkan keahlian yang didasarkan atas kecintaan, akan memberikan peluang yang besar untuk berkembang.

Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk tidak percaya diri. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Hanya mereka yang sadar dengan segala kelebihannya yang akan memiliki rasa percaya diri. Selain itu, kemampuan untuk menyulap kekurangan yang dimilikinya menjadi sebuah keunikan yang tidak dimiliki orang lain akan menjadi suatu kelebihan.

Semoga informasi dan motivasi tentang “sukses dengan percaya diri” bermanfaat dan menjadi dorongan positif untuk selalu meraih kesuksesan.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Sukses Dengan Percaya Diri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel