Tips Mengendarai Mobil Bersama Anak

Kebutuhan akan rasa aman dan nyaman rupanya masih menjadi tujuan utama seseorang melakukan perjalanan dengan kendaraan, khususnya saat berkendara dengan menggunakan mobil. Begitu pula saat mengajak serta anak-anak melakukan perjalanan, tentunya banyak hal yang harus diperhatikan agar mereka tidak rewel dan juga merasa senang, sehingga hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Oleh karena itu, pada episode kali ini akan disampaikan beberapa pedoman untuk Anda tentang tips mengendarai mobil bersama anak.

Tips Mengendarai Mobil Bersama Anak
Gambar ilustrasi (Foto: edriving

Mengajak anak untuk bepergian dengan mobil adalah hal yang biasa dilakukan, apalagi saat musim liburan. Tentunya buah hati yang senang dan tidak rewel akan membuat perjalanan menjadi bertambah menyenangkan.

Cara Mengendarai Mobil Bersama Anak yang Menyenangkan

Agar perjalanan menjadi menyenangkan, tentunya terdapat hal-hal yang harus diperhatikan, selain agar tercipta rasa aman, khususnya keselamatan anak-anak juga agar keceriaan si kecil tidak hilang selama perjalanan berlangsung.

Baca juga: Tips Otomotif Terbaru “Posisi yang Tepat Saat Mengemudi Mobil”.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan perjalanan bersama anak, antara lain:

  1. Perhatian dengan seksama sekeliling mobil jangan sampai ada anak-anak berada di dekat mobil, saat Anda ingin menggerakkan mobil atau saat maju atau mundur. Jangan lupa membuka jendela agar Anda bisa mendengar sesuatu, misalnya teriakan  atau bila perlu bunyikan klakson sejenak.
  2. Jangan pernah meletakkan atau menempatkan anak-anak di depan air bag, karena tekanan yang keras dari air bag saat meletup sangat membahayakan keselamatan anak-anak. Sangat dianjurkan untuk meletakkan anak-anak di tengah jok pada baris kedua. Hal ini selain aman, anak-anak yang diletakkan pada jok baris kedua tidak akan mengganggu pengemudi.
  3. Sangat dianjurkan untuk menempatkan anak-anak yang masih balita (bawah lima tahun) pada jok khusus yang sesuai untuk mereka. Dan yang utama, pastikan semua sabuk pengaman yang ada pada jok khusus untuk anak tersebut sudah terpasang dengan baik dengan memperhatikan kenyamanan anak.
  4. Untuk Anda yang tidak ikut mengemudi, selalu perhatikan aktivitas anak-anak di dalam mobil. Dan jangan lupa untuk mengunci mobil khususnya pada saat mobil sedang melaju. Dan yang paling penting, jangan lupa untuk menjauhkan anak-anak dari segala perangkat mobil, seperti rem tangan dan tangkai kopling. Hal ini untuk menghindari rasa penasaran pada anak malah dikhawatirkan bisa membahayakan jiwa seluruh penumpang.
  5. Bawalah makanan dan minuman yang menjadi kesukaan anak-anak, dengan tujuan agar mereka tidak rewel selama perjalanan. Atau bisa juga dengan menyiapkan berbagai permainan atau media hiburan yang bisa menghibur anak-anak. Dan juga buatlah atau atur suhu di dalam mobil tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin.

Itu dia sedikit informasi dan tips mengendarai mobil bersama anak, semoga bermafaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda yang akan melakukan perjalanan bersama si kecil.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengendarai Mobil Bersama Anak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel