Tips Otomotif Terbaru “Posisi yang Tepat Saat Mengemudi Mobil”

Apa yang menjadi tujuan seseorang saat mengemudi atau mengendarai mobil? Tentunya faktor kenyamanan dan keselamatan menjadi tujuan utama yang diharapkan agar bisa sampai tujuan. Sehingga tidak heran untuk mendapatkan rasa nyaman ini banyak orang yang rela untuk mengganti beberapa perangkat yang ada di dalam mobil agar bisa mendapatkan kenyamanan lebih maksimal saat mengemudikan mobil. Oleh karena itu, berikut akan disampaikan tips otomotif terbaru “posisi yang tepat saat mengemudi mobil”, dengan tujuan sebagai informasi dan pedoman bagi Anda dalam mengemudikan mobil sehingga tercipta rasa nyaman.

Tips Otomotif Terbaru “Posisi yang Tepat Saat Mengemudi Mobil”
Posisi saat mengemudi mobil (Foto: carfromjapan) 

Penggantian beberapa perangkat di dalam mobil memang menjadi salah satu langkah yang tepat agar mendapatkan kenyamanaan dalam mengemudikan mobil, namun jika hal ini tidak didukung dengan posisi yang benar saat mengendarai mobil, penggantian perangkat yang Anda lakukan tersebut akan menjadi sia-sia.

Cara Mengemudikan Mobil dengan Menentukan Posisi yang Tepat Saat Mengemudi

Sangat banyak orang yang menyepelekan posisi yang tepat atau posisi duduk saat berkendara. Bahkan pengalaman dan kenyataan di lapangan, posisi duduk yang tepat ternyata juga memberikan pengaruh yang besar atas kenyamanan berkendara apalagi saat melaju di jalan.

Baca juga: Tips Mengendarai Mobil Di Dalam Kota.

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sehubungan dengan posisi yang tepat saat mengemudikan mobil, antara lain:

  • Perhatikan posisi duduk yang tepat. Posisi duduk yang salah bisa membuat punggung dan leher terasa nyeri dan pegal. Banyak anjuran yang disampaikan agar bersikap santai dalam mengemudi, namun anjuran ini malah sering diartikan dengan membungkukkan badan dengan pungung yang terlalu melengkung atau terlalu merebahkan diri ke belakang. Cara ini menjadi sebuah kesalahan, yang apabila dilakukan secara terus menerus bisa menimbulkan rasa nyeri pada tulang punggung. Selain itu, kesalahan posisi duduk saat menyetir  juga bisa mempengaruhi reflex  dan juga koordinasi tangan saat mengemudi. Oleh karena itu, duduklah dengan posisi pinggul sedekat mungkin dengan sandaran, begitu pula dengan bahu Anda. Maka, atur sudut sandaran jok sedemikian rupa sehingga tangan Anda bisa dengan mudah mencapai setir atau kemudi.
  • Posisi kaki. Carilah posisi yang sangat nyaman agar tidak terasa pegal. Jika memungkinkan atur tinggi jok mobil sampai Anda terasa nyaman. Anda bisa mengubah jok untuk mencari posisi yang tepat sehingga kaki bisa menginjak semua pedal yang ada.
  • Posisi jok. Untuk posisi jok ini sesuaikan juga dengan sudut sandaran jok. Usahakan pula bagian belakang lutut dengan ujung jok memiliki jarak kurang lebih dua sampai tiga jari agar fungsi kaki bisa maksimal dengan tidak meninggalkan rasa nyaman. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai lutut menjadi terlalu dekat dengan dashboard agar tidak terbentur.
  • Posisi headrest. Posisikan headrest sejajar dengan bagian atas telinga. Sehingga apabila dilihat dari samping, posisi kepala berada sedikit di atas headrest. Dengan cara ini, maka posisi duduk akan menjadi jauh lebih nyaman dan keselamatan menjadi lebih terjaga.

Itu dia sedikit informasi dan tips otomotif terbaru “posisi yang tepat saat mengemudi mobil”. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda yang sering mengemudikan mobil dan menggunakan mobil setiap hari menuju ke tempat bekerja. Selain itu juga Anda bisa mendapatkan rasa aman dan nyaman saat berkendara, dan tidak juga tidak terasa capek dan perjalanan yang Anda lakukan selalu terasa menyenangkan.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Otomotif Terbaru “Posisi yang Tepat Saat Mengemudi Mobil”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel