Tips Mengatasi Rasa Kantuk Saat Mengemudi

Anda akan melakukan perjalanan jauh yang harus ditempuh dengan menggunakan mobil? Tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan, tidak hanya sekedar kondisi mobil yang prima, namun Anda sendiri yang harus mengemudikan mobil sendiri juga harus dalam keadaan dan stamina yang baik, baik secara fisik maupun secara mental. Karena apabila stamina sang pengemudi tidak dijaga dikhawatirkan akan menganggu rencana perjalanan yang akan dilakukan. Salah satu gangguan yang sering terjadi adalah munculnya rasa kantuk, apalagi saat Anda sedang lelah atau dalam kondisi melakukan perjalanan panjang. Oleh karena itu, di bawah ini akan disampaikan tips mengatasi rasa kantuk saat mengemudi, dengan tujuan untuk selalu mengingatkan kita semua agar selalu waspada saat mengemudikan mobil.

Tips Mengatasi Rasa Kantuk Saat Mengemudi
Mengantuk saat berkendara (Foto: idrivealberta

Dalam beberapa kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi, penyebab paling banyak disebabkan karena kondisi kendaraan yang tidak layak digunakan, kelalaian mengemudi seperti tetap meneruskan mengemudi, meskipun rasa kantuk menyerang, menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Cara Mengatasi Rasa Kantuk Saat Berkendara 

Seperti diketahui bersama bahwa pihak berwajib dalam hal ini Satlantas (Satuan Lalu Lintas) Polri sering dan selalu menghimbau para penggguna jalan tentang bahaya mengantuk saat mengemudi yang saat ini bisa dilihat dimana-mana, namun masih saja banyak terjadi kecelakaan yang diakibatkan pengemudi yang mengantuk.

Baca juga: Tips Mengendarai Mobil Bersama Anak.

Oleh karena itu, agar selalu terjaga saat mengemudikan kendaran dalam hal ini mobil, terdapat beberapa hal yang harus dilakukan, antara lain:

  1. Apabila memungkinkan, kendarailah kendaraan Anda saat di luar masih terang, sesudah matahari terbit atau sebelum matahari terbenam, hal ini disebabkan pada lingkungan yang relatif lebih gelap tubuh manusia menjadi lebih mudah mengantuk.
  2. Bawa satu kantung es saat mengendarai mobil. Apabila rasa kantuk mulai melanda, letakkan katung yang berisi es tersebut di belakang leher dan di pelipis sejenak, apabila rasa kantuk belum juga hilang, bukalah jendel dan biarkan angin berhembus menerpa bagian tubuh yang basah terkena hembusan es.
  3. Putarlah musik kesukaan Anda, bisa dari kaset, CD, MP3 atau bisa dengan memutar musik dan informasi dari stasiun radio favorit. Dengan mendengarkan musik tentu saja Anda akan terjaga selama mengemudi.
  4. Minum kopi. Cara ini sering dilakukan dan bisa dikatakan sangat efektif untuk mengusir rasa kantuk. Kafein yang terkandung dalam kopi bisa meningkatkan efektifitas dan juga sensor pada susunan saraf pusat yang akan mengakibatkan Anda merasa segar sampai sulit untuk tidur (dalam artian positif bisa dianggap sebagai cara penghilang rasa kantuk). Namun yang harus diingat adalah dosis kafein yang tinggi bisa berpenharuh terhadap denyut jantung dan juga frekeunsi pernapasan.
  5. Cara yang terakhir ini yang bisa menjadi cara pamungkas dan bisa dikatakan sebagai cara paling efektif dan sangat dianjurkan yaitu dengan menepi dan beristirahat sejenak. Anda bisa menggunakan tempat-tempat khusus yang telah disediakan, seperti di bahu jalan, atau kalau sedang melalui jalan tol dengan mencari rest area terdekat. Dan yang perlu dicatat saat beristirahat adalah jangan lupa untuk memasang tanda peringatan agar para pengendara lain mengetahui keberadaan Anda yang ada di bahu jalan.

Selalu waspada dan tetap berhati-hati menjadi salah satu cara aman dalam berkendara, khususnya dalam mengendarai mobil. Mencegah agar tidak terjadi sesuatu yang diharapkan saat berkendara menjadi hal penting. Semoga informasi dan tips mengatasi rasa kantuk saat mengemudi ini bermnfaat dan bisa mengingatkan kita untuk selalu berhati-hati saat mengemudikan kendaraan.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengatasi Rasa Kantuk Saat Mengemudi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel