Tips Hemat Listrik

Tips Hemat Listrik - Listrik sudah menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan semuanya membutuhkan listrik, mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, semua menggunakan listrik, bahkan saat tidur semuanya tetap menggunakan listrik, mulai menggunakan AC, atau kipas angin juga tetap menggunakan listrik. Hal ini membuat tersedianya listrik sangatlah berpengaruh pada kelancaran kegiatan yang dilakukan setiap harinya. Namun, dengan penggunaan listrik untuk menunjang aktivitas tersebut, menjadikan konsumsi listrik menjadi hal yang harus diperhatikan, apalagi dengan banyaknya alat elektronik yang menggunakan daya listrik, menjadikan penggunaan daya listrik menjadi semakin tinggi. Untuk itu, alangkah baiknya mulai saat ini sudah harus memperhatikan penggunakaan listrik agar tidak terjadi pemborosan agar mengurangi tagihan listrik yang harus dibayar.

Tips Hemat Listrik
Foto: powertec.

Meskipun penggunaan alat listrik juga semakin banyak, namun tidak dapat dipungkiri peralatan elektronik ini membuat segalanya menjadi lebih mudah dan juga tidak membutuhkan banyak waktu. Mulai dari kulkas, microwave, water heater dan banyak peralatan listrik lainnya. Hal yang paling mudah lainnya adalah dalam pengunaan water hetaer, untuk Anda yang sudah terbiasa menggunakan air panas tidak perlu harus menunggu waktu lama untuk memasak air. Waktu untuk menunggu saat memasak air bisa digunakan untuk aktivitas lainnya. 

Namun dengan berbagai kemudahan tersebut juga mulai muncul permasalahan baru, seperti membengkaknya biaya pemakaian listrik.

Cara Menghemat Listrik 

Sebagai pengguna listrik, tentunya tanpa disadari beberapa alat atau perangkat elektronik yang digunakan sehari-hari tetap menggunakan daya listrik meskipun tidak sedang digunakan. Oleh karena itu terdapat bebarapa cara untuk menghemat listrik, sebagai berikut :

1. Anda bisa memberikan jarak antara kulkas dengan dinding dan jangan berdekatan pula dengan alat elektronik lainnya yang juga bisa menimbulkan panas, seperti oven atau microwave. Dengan cara ini udara panas bisa berputar dengan baik di sekitar bagian kondensor. Udara panas yang terjebak akan meningkatkan pemakaian energi. Jangan lupa untuk membersihkan kulkas dan bagian freezer secara teratur agar sistem operasionalnya bisa berjalan dengan baik sehingga tidak menyebabkan pemborosan.

2. Jangan lupa untuk menyesuaikan kapasitas kulkas dengan makanan dan minuman yang disimpan di dalam kulkas. Apabila sudah terlalu penuh, sirkulasi suhu dingin yang ada di dalam kulkaas  tidak bisa berjalan secara sempurna dan akan membuatnya bekerja lebih keras untuk menghasilkan energi dingin.

Baca juga: Tips Memeriksa Accu Saat Motor Mogok.

3. Saat menggunakan mesin cuci, jangan memasukkan pakaian melebihi muatan dan yang harus diperhatikan pula adalah takaran deterjen yang akan digunakan harus tepat. Busa yang terlalu banyak akan membuat mesin bekerja lebih keras sehingga bisa menghabiskan banyak energi.

4. Saat menggunakan oven, jangan terlalu sering membuka tutup oven karena setiap kali dibuka, maka suhu oven akan mengalami penurunan sebanyak 25 derajat. Alangkah sebaiknya bila menggunakan pengatur waktu, yang harus diperhatikan adalah memeriksa apabila terdapat yang terbuka, meskipun hanya sedikit pada pelapis pintu oven, agar udara panas tidak terbuang keluar.

5. Mencabut steker kabel listrik apabila tidak digunakan. Ternyata steker listrik yang masih tertancap, masih tetap mengkonsumsi listrik meskipun tidak tersambung dengan perangkat lainnya.

Itu dia sedikit informasi dan tips hemat listrik yang bisa diaplikasikan di rumah. Semoga informasi di atas bermanfaat dan dengan memperlakukan peralatan listrik dengan baik, tidak hanya bisa menghemat energi dan biaya yang dikeluarkan menjadi lebih hemat, namun barang-barang elektronik yang dimiliki akan bisa berumur panjang. 

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Hemat Listrik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel