Tips Menyembuhkan Koreng

Siapa yang pernah kesal dengan luka yang telah membekas dan saat mengering menjadi koreng? Pasti semua orang pernah merasakan kondisi tersebut. Tentu Anda merasakan hal yang sama, yaitu merasa tidak nyaman dengan timbulnya koreng tersebut, apalagi warnannya yang gelap dengan tekturnya yang kasar yang membuat Anda merasa hal ini akan mengurangi penampilan. Mengapa? Karena warnanya yang sangat kontras dengan kulit. Berbeda dengan biasanya, kali ini akan disampaikan sedikit tips menyembuhkan koreng dengan cara yang sederhana dan juga pencegahan yang bisa dilakukan.

Koreng sendiri merupakan suatu proses pemulihan yang dilakukan oleh kulit tubuh secara alami setelah mengalami luka atau terbentuk saat luka tersebut sudah mulai mengering. Sebenarnya hal ini adalah proses yang normal, namun pada beberapa orang menganggap hal ini akan mengganggu penampilan.

Tips Menyembuhkan Koreng
Koreng pada lutut (Sumber gambar: hellosehat.com)

Dengan kata lain, koreng adalah sebuah proses alami tubuh, khususnya pada penyembuhan area kulit yang terluka dikarenakan infeksi, tentunya saat terluka, kulit akan terkikis dan pada akhirnya membentuk gumpalan darah yang disebut platelet yang timbul di atas luka agar tidak banyak darah yang keluar. Lapisan platelet yang terbentuk ini lama kelamaan menjadi mengeras dan berubah menjadi koreng. 

Cara Menyembuhkan Koreng

Terdapat banyak cara untuk menyembuhkan koreng, mulai dari cara yang sederhana sampai dengan obat-obatan. Bahkan pengalaman dari Ibu Diah Rustanti yang disampaikan dalam Tabloid Intisari Edisi No. 485 bisa menginpirasi Anda untuk mengobati koreng.

Cara yang dilakukannya cukup sederhana, yaitu dengan mengolesi luka lebar (koreng) yang gatal tersebut dengan minyak goreng secara teratur. Ternyata hal tersebut sudah dilakukan oleh keluarga besarnya sejak lama. Pada awalnya luka tersebut hanya berupa bentolan kecil berisi air pada telapak kaki. Dengan memberikan atau mengolesi minyak goreng secara teratur, siapa yang menyangka, kurang dari satu minggu, luka tersebut sudah mengering dan sembuh.

Baca juga: Kesemutan di Tangan dan Tips Mengusirnya.

Bahkan dari pengalaman ibunya, minyak goreng tidak hanya digunakan untuk menyembuhkan luka, namun juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati gatal akibat kutu air setelah mencuci. Berdasarkan pengalaman keluarga Ibu Diah, penggunaan minyak goreng bisa memberikan kesembuhan pada luka dan tidak mendatangkan efek samping.

Selain cara sederhana dengan minyak goreng, dikutip dari alodokter.com, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas luka dengan cepat sekaligus dengan menyamarkan koreng agar tidak mengganggu penampilan, antara lain:

  1. Menjaga kebersihan kulit yang timbul koreng.
  2. Mengoleskan petroleum jelly pada koreng.
  3. Melindungi luka dengan perban.
  4. Menghindari menggaruk atau menghindari mengelupas koreng.
  5. Menghindari paparan sinar matahari. 

Selain mengurangi penampilan, tentunya koreng sering menyebabkan gatal. Semoga tips menyembuhkan koreng di atas bemanfaat dan memberikan cara alami untuk menyembuhkan koreng pada kulit.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menyembuhkan Koreng"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel