Kesemutan di Tangan dan Tips Mengusirnya

Dunia semakin berkembang, begitu pula dengan pekerjaan dan aktivitas yang Anda lakukan. Tuntutan target dan berbagai macam aktivitas didalamnya membuat Anda untuk selalu bergerak, namun di tengah aktivitas yang begitu banyak tersebut, terkadang Anda bisa merasakan pegal yang berada di bahu belakang. Kalau orang Jawa bilang “terasa cekot-cekot” atau rasa sedikit kesemutan, yang membuat Anda terasa tidak nyaman. Untuk itu, Anda harus tahu apa penyebab kesemutan di tangan dan tips mengusirnya.

Rasa kesemutan dalam kondisi yang parah bahkan bisa terasa dan menjalar sampai ke lengan dan juga jari tangan, hal ini bisa terjadi baik pada tangan kanan atau kiri. Terkadang hal ini membuat rasa was-was, bahkan ada yang mengira hal ini disebabkan salah tidur atau bahkan ada yang mengatakan ini disebabkan oleh masuk angin. Tentuya hal ini tidak bisa ditebak begitu saja harus diketahui sumber dan penyebabnya.

Kesemutan Pada Tangan dan Tips Mengatasinya

Situasi yang menyebabkan kesemutan di tangan bisa saja terjadi, yang disebabkan sindrom bahu dan lengan atau shoulder arm syndrome atau secara bahasa kedokteran disebut dengan brachial plexus injury. Menurut dr. Tinah Tan, seorang Ahli Chiropractic, sumber dan penyebab masalah kesemutan ini berada pada tulang belakang bagian atas (cervical) dan dada (thorax), yang tepatnya di cervical ruas 5 dan 6, cervical 7 dan antara cervical 8 dan thorax 1.

Kesemutan di Tangan dan Tips Mengusirnya;Kesemutan Pada Tangan dan Tips Mengatasinya;
Foto: livingwellmn.com

Gangguan yang terjadi pada tulang belakang ini tentu saja tidak mendadak, bisa terjadi karena masa lalu, misalnya si penderita mengalami kecelakaan yang akhirnya berdampak pada tulang belakang. Apabila pada suatu saat terjadi kecelakaan atau sesuatu hal yang menjadi pemicunya di sekitar area tersebut, maka tentu saja sakit tersebut akan kambuh. Namun bisa saja terjadi dikarenakan sistem saraf dan juga kualitas otot yang kurang baik.

Baca juga: Kolesterol dan Cara Berhitungnya.

Pada kehidupan sehari-hari bagi orang awam, sering menyebut hal ini disebut masuk angin  yang pada akhirnya mengatasi pegal dan kesemutan dengan cara mengerik pada kulit yang mengalami kesemutan, atau bisa saja ke dokter untuk meminta obat penahan rasa sakit . Masih menurut dr. Tinah Tan, seorang chiropractor pada Klinik Citylife Chiropractic, pada ilmu chiropractic, seorang chiropractor akan melakukan diagnosa keluhan dan melakukan koreksi, dan pada beberapa kasus ringan , koreksi bisa dilakukan dengan cepat.

Terdapat beberapa tips menurut dr. Tinah Tan, untuk menjaga agar tidak terjadi keluhan yang diakibatkan tulang belakang, antara lain:

  • Rutin memeriksakan kondisi tulang belakang, meskipun tidak terdapat suatu keluhan.
  • Memperhatikan aktivitas sehari-hari yang tidak melakukan aktivitas yang bisa membebani kerja tulang dan otot.
  • Apabila terjadi suatu keluhan yang berhubungan dengan tulang, otot dan saraf, sebaiknya tidak ditangani sendiri agar tidak mengalami sakit yang berkelanjutan. Segera berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui sumber penyebab dan segara dilakuna terapi fisik.

Itu dia sedikit informasi dan tips tentang “Kesemutan di Tangan dan Tips Mengusirnya”, semoga bermanfaat dan memberikan wawasan untuk Anda.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Kesemutan di Tangan dan Tips Mengusirnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel