Buah Naga si Kaya Khasiat

Buah yang satu ini memang sedikit berbeda, selain namanya yang tidak dihubungkan dengan nama tumbuhan dan warnanya yang lebih menantang, namun untuk rasa, buah ini memiliki rasa yang nikmat. Dalam kehidupan sehari-hari, buah ini sering dinikmati ibu-ibu di rumah bila ingin diet atau mengurangi berat badan, apalagi seusai puasa satu bulan penuh. Buah naga si kaya khasiat menjadi tema menarik kali ini. Buah ini juga sering dilihat dijajakan para penjual buah di pinggir jalan, apalagi dengan harganya yang sangat terjangkau, belum lagi kalau sedang musim panen, harganya menjadi sangat murah sekali.

Buah naga atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan Pitaya merupakan buah dari beberapa jenis kaktus yang berasal dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini awalnya berasal dari Meksio, Amerika Tengah dan Amerika Seklatan, namun saat ini buah ini banyak dibudidayakan di negara Asia, seperti Indonesia, Filipina, Vietnam dan juga Malaysia.

Buah Naga si Kaya Khasiat
Buah naga (Sumber gambar: savoryexperiments)

Pada awalnya, tanaman buah naga ini dibawa oleh orang Prancis dari Guyana ke Vietnam sekitar tahun 1870, yang digunakan sebagai tanaman hias. Oleh karena itu, buah ini selalu diletakkan diantara dua ekor patung naga berwarna hijau di atas meja altar baik di Vietnam atau pun di China. Kebiasaan ini oleh orang Vietnam yang terpengaruh oleh Budaya China yang mengakibatkan buah ini disebut dengan Thang Loy atau buah naga dan di negara lain atau di Eropa disebut dengan Dragon Fruit.

Sekilas Tentang Buah Naga

Buah naga yang masuk dalam family kaktus sering dikonsumsi dalam keadaan segar  dengan rasanya yang manis. Selain untuk dikonsumsi, buah naga juga dijadikan bunga, sayuran, produk kesehatan dan juga obat-obatan. Buah naga dijadikan bunga dikarenakan tanaman ini dikenal dengan nama pitahaya yaitu yang berbunga pada malam hari, dengan bunganya yang indah  dan sangat popular untuk dijadikan hiasan dekorasi.

Untuk buah, apabila dibelah, buah naga akan memperlihatkan biji kecil seperti halnya selasih dengan tekstur kenyal dan berwarna hitam, diantara daging buah pada bagian besarnya.

Baca juga: Makanan Untuk Meningkatkan Imun Tubuh.

Selain itu, buah naga termasuk tanaman tropis  yang mampu tumbuh dengan baik  pada curah hujan 600 mm sampai dengan 1300 mm per tahunnya. Hujan deras apalagi hujan berkepanjangan malah akan membuat buah atau tanaman buah naga bisa menjadi rusak. Temperatur maksimum  yang dibutuhkan agar buah naga tumbuh dengan baik yaitu sekitar 38 sampai 40 derajat Celsius.

Buah Naga untuk Diet

Meskipun saat ini sudah banyak yang mengetahui apa itu buah naga, namun banyak juga yang belum pernah merasakan kenikmatan buah naga, meskipun rasa buah naga ini sangat enak dan segar. Selain ragu-ragu juga khawatir tentang rasa dari buah naga ini. Selain rasanya yang segar, buah naga ini memiliki fungsi yang bagus untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan sering digunakan dan dikonsumsi sebagai makanan untuk diet.

Berdasarkan penelitian, ternyata buah naga memiliki khasiat sebagai penyeimbang gula darah, menguatkan fungsi ginjal dan tulang, juga menguatkan daya kerja otak, meningkatkan ketajaman mata, mencegah kanker usus, mengurangi kolesterol, menyembuhkan panas dalam dan sariawan, mengurangi keluhan keputihan, juga bisa untuk menghaluskan kulit. 

Selain beberapa fungsi buah naga seperti tersebut di atas, buah naga juga bagus untuk menurunkan berat badan, antara lain:

  1. Mempercepat diet.
  2. Membakar lemak.
  3. Menghaluskan metabolisme.
  4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  5. Sebagai tambahan nutrisi.
  6. Membantu menurunkan berat badan.
  7. Merampingkan diet.
  8. Mengatur pola makan.

Sebenarnya masih banyak yang bisa disampaikan tentang informasi seputar buah naga, namun semoga sedikit inforrmasi tentang “Buah naga si kaya khasiat” tersebut bermanfaat untuk Anda.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Buah Naga si Kaya Khasiat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel