Tips Memperpanjang Umur Ban Motor

Motor sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi Anda sebagai sarana menuju tempat bekerja. Bahkan tidak hanya untuk mengantarkan ke tempat bekerja saja, masih banyak hal lain, mengapa motor menjadi kebutuhan sehari-hari. Dan juga hampir dipastikan setiap rumah memiliki motor. Tidak hanya itu, dengan banyaknya peluang bisnis yang muncul saat pandemi, banyak yang bisa dilakukan, misalnya menjadi ojol (ojek online). Diantara berbagai hal yang berhubungan dengan motor tersebut, maka tips memperpanjang umur ban motor menjadi hal menarik untuk dibahas kali ini.

Tips Memperpanjang Umur Ban Motor
Foto: riders.drivemag.com

Seperti diketahui bersama bahwa ban motor menjadi salah satu part atau komponen penting dalam menggunakan motor. Ban yang digunakan dengan kondisi prima atau terbaik sangat dibutuhkan , dengan kondisi ban yang prima maka Anda sebagai pengendara motor akan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kondisi ban pecah atau pun selip saat berkendara.

Cara Memperpanjang Usia Ban Motor

Usia ban motor dipengaruhi oleh banyak hal, selain intensitas dalam menggunakan sepeda motor tersebut. Terdapat banyak hal yang bisa diperhatikan agar ban motor bisa berumur panjang, antara lain:

  • Tekanan ban.
  • Pengereman.
  • Velg tidak rata dan shock absorber tidak baik.
  • Pemasangan ban.

Baca juga: Tips Mencuci Motor.

Tekanan ban. Sama halnya dengan kendaraan lainnya, maka memeriksa tekanan ban menjadi hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Sebagai langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membaca buku manual  dengan seksama untuk mengetahui tekanan ban yang tepat untuk sepeda motor Anda. Tekanan yang tidak sesuai akan mengakibatkan retak pada alur telapak ban, retak pada dinding samping ban, lepasnya lapisan karena panas, dan juga telapak ban aus tidak merata.

Pengereman. Tindakan ini menajdi salah satu aktivitas yang bisa membuat ban motor mengalami aus, apalagi jika Anda sering melakukan pengereman secara mendadak saat motor dikendarai dengan kecepatan tinggi. Begitu pula saat menggunakan rem depan dan rem belakang dengan tujuan untuk keseimbangan, apabila Anda berlebihan dalam menggunakan rem depan, tentunya ban depan akan lebih cepat mengalami aus.

Velg tidak rata dan shock absorber tidak baik. Kondisi velg yang tidak rata dan juga shock absorber  yang sudah tidak baik kondisinya menjadi hal yang harus diperhatikan agar ban sepeda motor Anda menjadi lebih awet. Oleh karena itu, pastikanlah kedua part atau komponen tersebut dalam keadaan baik saat akan mengendarai motor.

Pemasangan ban. Pastikan pemasangan ban dengan posisi yang severtikal mungkin agar pada saat digunakan permukaan ban bisa menapak rata pada aspal.

Selain itu, terdapat faktor lain yang tidak bisa dihindarkan, yaitu yang berhubungan dengan jalan. Permukaan jalan pada umumnya dibuat dengan bentuk agak cembung, hal ini agar air hujan tidak menggenang di tengah jalan. Otomatis hal ini akan berpengaruh pada sisi kanan tapak ban (karena sisi ini paling dekat dengan bagian tengah jalan). Yang umumnya pada bagian ini yang akan lebih cepat mengalami aus. 

Pemeriksaan kondisi ban menjadi hal yang sangat berpengaruh pada keamanan dan kenyaman, hal ini menjadi hal utama agar perjalanan Anda tidak terganggu. Semoga informasi di atas tentang “tips memperpanjang umur ban motor” bermanfaat dan bisa menjadi referensi Anda dalam merawat motor. Selain itu dengan perawatan yang tepat, maka akan membuat Anda lebih tenang dalam berkendara. 


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memperpanjang Umur Ban Motor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel