Tips Melakukan Grup Riding

Guys senang sekali pada kesempatan ini bisa bertemu lagi untuk membahas hal-hal kecil dan remeh, namun bisa membangkitkan semangat. Bagi kami, membahas sesuatu meskipun itu kecil lebih bermanfaat daripada tidak melakukan sesuatu. Ada yang masih senang melalukan Sunmori atau “Sunday Morning Riding” bersama kawan-kawan atau menikmati Saturday Riding bersama pasangan? Tentunya menikmati hobi adalah sebuah kesenangan tersendiri. Namun, meskipun ingin menghabiskan waktu dan kebersamaan bersama kawan-kawan, pastinya terdapat hal yang harus diperhatikan saat akan melakukan grup riding. Untuk itu sekedar mengingatkan, di bawah ini akan disampaikan tips melakukan grup riding untuk Anda sekalian.

Tips Melakukan Grup Riding
Foto: bikebandit.com

Group riding atau pergi bersama-sama dengan menggunakan motor, terutama saat mudiuk atau menghabiskan waktu saat akhir pekan akan memberikan suatu keasyikan tersendiri. Ada banyak hal positif yang bisa didapatkan saat melakukan grup riding, seperti memupuk kebersamaan, terwujudnya sikap saling bahu membahu dan juga pergaulan bertambah luas, hal ini menjadi nilai tambah dari aktivitas menarik ini.

Tips dan yang Harus Diperhatikan Saat Grup Riding

Memiliki kesenangan dalam menikmati perjalanan dengan naik motor memang sangat menyenangkan, apalagi motor yang digunakan adalah motor favorit yang khusus digunakan untuk melakukan perjalanan jauh. Namun, terdapat hal-hal yang harus diperhatikan agar perjalanan yang dilakukan dengan grup riding tetap aman dan nyaman.

Selain itu, hal yang harus diperhatikan dalam melakukan grup riding, karena dalam pelaksanaannya bersama orang lain, maka dituntut persiapan dan konsentrasi yang lebih bila dibandingkan berkendara sendiri.

Baca juga: Tips Memeriksa Accu Saat Motor Mogok.

Terdapat tips yang bisa Anda catat saat melakukan grup riding, antara lain sebagai berikut:

  1. Datang untuk berkumpul tetapat waktu dan jangan lupa untuk mengisi bensin dengan penuh. Jangan lupa untuk memberitahu koordinator kelompok tentang kondisi badan Anda, agar koordinator atau pemimpin kelompok bisa memperkirakan waktu tempuh juga tempat istirahat sementara. Agar pelaksaaan riding bisa berjalan lancar dan manajemen waktu bisa terjaga. Pilihlah koordinator yang berpengalaman, mengerti jalan dan bisa mengambil keputusan terbaik dengan cepat dan segera.
  2. Setiap pengendara harus mempersiapkan kebutuhannya sendiri. Terdapat hal yang harus dibawa secara pribadi, seperti perkakas (obeng, kunci pas, busi cadangan) dan obat-obatan pribadi. Dan juga jangan membawa barang secara berlebihan karena selain bisa mengurangi kontrol dalam berkendara, juga dikhawatirkan bisa mengganggu pengendara lainnya.
  3. Sangat dianjurkan untuk berkumpul bersama sebelum pergi, agar masing-masing pengendara saling mengenal satu sama lain.
  4. Saat di perjalanan, hal utama adalah selalu menjaga jarak antara pengemudi, minimal 2 detik berselang. Dan dianjurkan pula untuk tidak berdampingan, apalagi di jalan berliku karena sangat berbahaya.
  5. Pecah kelompok menjadi beberapa bagian, misalnya dengan setiap kelompok terdiri dari 3 sampai 5 pengendara. Hal ini dimaksudkan, selain demi keamanan juga untuk memberikan ruang bagi kendaraan lainnya.
  6. Saat akan mendahului, jangan mengekor pada motor yang ada di depan, karena sangat berbahaya bagi keselamatan Anda sendiri. Pastikanlah terlebih dahulu terdapat ruang dan jarak yang cukup untuk mendahului. Jangan lupa untuk memberi tanda, apakah dalam bentuk klakson atau bisa “dim” pada kendaraan yang akan didahului.
  7. Apabila Anda menjadi seorang koordinator atau pemimpin kelompok, pastikanlah bahwa anggota Anda setiap orangnya mengetahui rute yang akan ditempuh dan di mana saja pemberhentian berikutnya. Bawa juga peta agar dapat mengetahui posisi setiap dibutuhkan.

Itu dia sedikit saran dan informasi tentang “tips melakukan grup riding”, semoga bermanfaat.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Melakukan Grup Riding"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel