Tips Sehat dan Bugar untuk Ibu Hamil

Mendengar anugerah dengan hadirnya si kecil dalam hidup Anda menjadi sebuah berita besar yang selama ini sudah ditunggu-tunggu, sehingga bisa dikategorikan Anda menyandang predikat baru dan luar biasa dalam hidup, yaitu status yang ditunggu-tunggu untuk Anda yang menunggu kehadiran calon bayi tersebut, yaitu dengan status “ibu hamil”. Menyadari bahwa sudah terdapat calon bayi mungil dalam tubuh Bunda, tentunya tidak salah dalam bahasan berikut akan diberikan tips sehat dan bugar untuk Ibu hamil.

Sangat penting bagi sorang ibu hamil untuk menjaga kesehatan diri dan bayinya selama 9 bulan. Pada kurun waktu tersebut, janin yang ada dalam perut juga akan tumbuh dengan sehat sampai kelahirannya jika ibu sehat.

Tips Sehat dan Bugar untuk Ibu Hamil;
Foto: health.usnews.com

Dalam bahasan tentang menjaga kebugaran untuk ibu hamil terinspirasi dari beberapa catatan dalam “Majalah Mother & Baby Indonesia” yang memberikan catatan bagaimana dan apa yang seharusnya dilakukan oleh Ibu Hamil.

Panduan Sehat dan Bugar untuk Ibu Hamil

Menjaga kesehatan bagi ibu hamil memang tidak semudah dilakukan atau bisa dikatakan gampang-gampang susah. Namun, semua yang dilakukan dengan tujuan untuk menjaga kesehatan akan tercapai bila Anda mengikuti beberapa panduan berikut ini.

Trimester Pertama

Pada trimester pertama ini terdapat beberapa hal yang bisa dan harus dilakukan pada setiap bulannya, yaitu:

  • Bulan Pertama. Pada awal bulan pertama ini terdapat kondisi  Anda tidak tahu entah sedang hamil atau tidak. Namun, kalau Anda sudah merasa hamil, Anda harus mulai mengubah gaya hidup untuk menjadi lebih sehat. Apabila Anda seorang perokok, Anda harus mulai menghentikan kebiasaan ini. Merokok selama kehamilan bisa meningkatkan risiko keguguran, berat badan bayi yang berkurang, terjadi kelahiran premature, lahir meninggal atau bisa juga terjadi kematian mendadak pada balita. Pada bulan pertama ini, bila Anda sering meminum alkohol, pada tahap bulan pertama ini Anda harus mengurangi meminum alkohol, karena bisa menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, dan juga cacat pada janin.
  • Bulan Kedua. Pada bulan ini, jelas Anda positif hamil. Biasanya pada bulan ini terjadi Morning sickness atau All-day Sickness, yang merupakan hal normal yang terjadi pada 12 minggu pertama. Anda bisa minum air jahe atau bisa juga teh peppermint untuk mengurangi mual. Pada tahap bulan kedua ini Anda juga diperkenankan untuk ngemil agar kadar gula darah stabil sehingga tidak mudah pusing. Selain itu, hal yang harus diperhatikan adalah mengurangi mengonsumsi hati, karena hati mengandung vitamin A yang sangat tinggi, sedangkan ibu hamil tidak boleh mengonsumsi terlalu banyak vitamin A.
  • Bulan Ketiga. Pada saat ini, Anda sudah melalui masa-masa khawatir  pada 12 minggu pertama sehingga risiko keguguran akan turun drastis. Pada bulan ketiga, Anda juga harus menemui dokter kandungan Anda untuk memeriksa tekanan darah, ukuran perut, urin dan juga detak jantung janin.

Baca juga: USG, Cara Mudah Melihat Si Kecil yang Menggemaskan.

Tips Ampuh Melalui Trimester Pertama

Pada tahapan ini terdapat tips yang bisa Anda lakukan untuk melalui trimester pertama kehamilan Anda, antara lain:

  • Bangun lebih pagi untuk mengatasi rasa mual, bisa dengan makan snack di atas tempat tidur, dan bersantai sejenak sebelum benar-benar bangun untuk melakukan aktivitas.
  • Oleskan juga body lotion yang mengandung kaya pelembab ke perut Anda setiap hari untuk mencegah kemungkinan strechmark, dan juga pastikan bahan pelembab aman untuk kehamilan
  • Atasi kelelahan dengan tidur ayam, tidur selama 15 menit sudah cukup untuk mengisi kembali energi Anda.

Trimester Kedua

  • Bulan Keempat. Pada beberapa ibu yang beruntung, morning sickness akan segera berlalu. Salah satu aktivitas yang sangat diajurkan pada bulan ini adalah  dengan melakukan olahraga setidaknya 20 menit dalam sehari dan dalam 3 kali seminggu. Gerakan yang disarankan adalah gerakan ringan, seperti berjalan dan yoga yang bisa bermanfaat untuk mengatasi susah tidur, kaki bengkak dan juga sembelit, serta juga membantu dalam proses kelahiran menjadi lebih mudah. Selain itu, hal yang harus dilakukan adalah mengurangi beban kerja, kalau bisa untuk Anda yang masih bekerja, minlatah dispensasi atau keringanan yang ramah bagi ibu hamil.
  • Bulan Kelima. Pada  bulan ini perut sudah semakin membesar dan mulai terlihat, dan juga terasa gerakan janin. Anda bisa mulai berlatih untuk melakukan senam kegel untuk mengendalikan keinginan buang air dan juga meningkatkan kenikmatan seks. Selain itu, mengonsumsi sayuran hijau juga dibutuhkan untuk mencukupi asuan zat besi, dan juga kacang-kacangan, sereal dan coklat, ditambah dengan jus jeruk yang bisa menyempurnakan penyerapan zat besi ke dalam tubuh.
  • Bulan Keenam. Pada bulan-bulan ini, Anda terasa lebih baik, meskipun terdapat hal-hal yang harus diwaspadai. Pada momen ini juga Anda akan sering buang ari kecil, meskipun hal ini adalah hal yang wajar, yang perlu menjadi perhatian apabila saat buang air kecil terasa sakit atau terasa panas, segera berkonsultasilah ke doketr, karena dikhawatirkan bila bayi lahir secara prematur. Untuk mencegah timbulnya kaki bengkak dan varises, Anda harus menghindari menggunakan celana ketat.

Tips Ampuh Melalui Trimester Kedua

Pada tahap kedua ini terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Nikmatilah hidup Anda, sebelum si bayi lahir. Anda bisa berlibur atau memilih aktivitas yang menenangkan, dan jangan memilih aktivitas yang terlalu gembira karena dikawatirkan akan membuat Anda lelah.
  • Makan dalam jumlah sedikit namun sering, sangat dianjurkan pada periode ini, pilihlah camilan sehat dan kaya energi, seperti biskuit susu atau pun coklat.
  • Nikmatilah kehidupan seks Anda, apalagi pada periode ini libido sedang tinggi-tingginya, dan Anda sudah tidak mual dan perut belum terlalu besar.

Trimester Ketiga

Pada periode ini tentunya menjadi periode yang menyenangkan, apalagi si bayi sudah mulai aktif di dalam perut. Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan dalam trimester ketiga ini, antara lain:

  • Bulan Ketujuh. Karena dikenal sebagai periode yang tidak nyaman bagi ibu hamil, biasanya ditandai dengan susah buang air besar, hal ini bisa diatasi dengan makan makanan yang banyak serat, buah segar dan juga sayur dan banyak minum air putih. Pada periode ini, tinggalkan agenda diet Anda, karena pada momen ini, Anda menikmati makanan untuk dua orang. Apabila terjadi gejala seperti mengalami bengkak pada tangan, pipi, kaki, pandangan kabur dan juga migrein, bisa tidak mungkin ini adalah gejala pre-eclampsia, maka segeralah menghubungi dokter.
  • Bulan Kedelapan. Pada bulan ini adalah momen dimana Anda harus mempersiapkan tubuh. Anda bisa mengonsumsi teh untuk melegakan saraf yang tegang. Pada momen ini biasanya agak susah tidur, yang bisa diatasi dengan mengurangi minum setelah jam 7 malam, agar Anda tidak terbangun untuk buang air. Pada periode ini, ASI sudah mulai keluar, dan hal ini adalah hal normal, kalau ternyata dikhawatirkan bocor dan terlihat di baju, Anda bisa menggunakan breastpads dalam bra.
  • Bulan Kesembilan. Bulan ini menjadi bulan yang menegangkan ditandai dengan stamina yang fluktuatif, Anda bisa berenergi namun terkadang terasa kelelahan. Melakukan pijat perineum, yaitu area kecil diantara vagina dan anus, karena pada daerah ini bisa saja robek saat kelahiran. Untuk mengurangi risiko robek tersebut, Anda bisa menggunakan jempol dengan minyak zaitun dan memijatnya mulai dari vagina sampai ke anus.

Baca juga: Pre-Eclampsia dan Gejalanya.

Tips Ampuh Melalui Trimester Ketiga

Terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan pada periode ini, antara lain:

  • Minumlah segelas susu sebelum tidur. Asam amino yang dihasilkan susu akan membuat Anda yang susah tidur menjadi mudah mengantuk.
  • Perhatikan postur Anda. Dengan duduk tegak, Anda akan merangsang posisi bayi menjadi siap lahir.
Itu dia sedikit informasi tips sehat dan bugar untuk Ibu hamil. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi bagi Anda yang saat ini menunggu kelahiran buah hati tercinta.



Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Sehat dan Bugar untuk Ibu Hamil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel