Tips Merawat Power Steering Mobil

Tips Merawat Power Steering Mobil - Mobil sudah menjadi sebuah kebutuhan dan tidak lagi hanya sebagai alat untuk berkendara saja. Bahkan banyak yang mengatakan, mobil sudah menjadi rumah kedua yang harus dirawat layaknya rumah tempat tinggal. Sama halnya rumah tempat tinggal, yang selalu dirawat, maka mobil juga menjadi hal yang sama. Jangan sampai saat sedang melakukan perjalanan jauh dan penting, mobil kesayangan mengalami masalah. Diantara berbagai spare part mobil yang juga perlu dirawat adalah power steering. Pernah beberapa waktu lalu, stir mobil tidak bisa berbelok alias tiba-tiba stir mobil tidak bisa digerakkan ke kanan dan ke kiri, tentunya hal ini menjadi suatu masalah yang mengganggu rencana perjalanan.

Tips Merawat Power Steering Mobil
Foto: istockphoto.com by Kanawa_Studio

Power steering itu sendiri merupakan sistem kemudi yang bisa membantu pengemudi dalam mengendarai mobil. Saat ini, kebanyakan mobil sudah menggunakan teknologi power steering, hal ini berbeda bila dibandingkan jaman dahulu saat belum dikenalnya power steering, saat itu untuk memutar kemudi sangatlah berat, apalagi saat berbelok atau berputar menjadi hal yang sangat dihindari, karena saat itu untuk melakukan manuver tersebut dibutuhkan tenaga lebih.

Power Steering adalah Sistem Kemudi Terkini yang Harus Dirawat

Dengan hadirnya teknologi power steering, kekhawatiran mengemudi seperti yang disampaikan di atas tidak perlu dikhawatirkan lagi, hal ini disebabkan power steering membantu sang pengemudi mempermudah memutar roda kemudi. Bahkan dengan teknologi power steering untuk mengendalikan mobil menjadi lebih mudah, ringan dan tidak membuat otot tangan menjadi lelah. Untuk itu, agar bisa berfungsi secara optimal, maka dibutuhkan perawatan secara rutin.

Terdapat dua macam power steering, yaitu 

  • Sistem fluida yang menggunakan minyak rem untuk menggerakkan steering box.
  • Sistem elektrik yang menggunakan motor untuk menggerakan steering boxnya.

Baca juga: Tips Merawat Ban Mobil.

Pada kesempatan ini terdapat beberapa cara sederhana untuk merawat power steering dengan menggunakan sistem fluida, antar lain:

  1. Buatlah jadwal servis, saat tiba waktunya servis, jangan perah menunda sebelum terjadi kerusakan.
  2. Selalu melakukan pemeriksaan kondisi ATF (automatic transmission fluid) dengan melihat tampilan warnanya. Apabila berwarna merah maka kondisi ATF masih bagus, namun bila warna sudah hitam maka sudah saatnya ATF diganti. Alangkah baiknya bila memeriksa kondisi minyak ini dua minggu sekali.
  3. Perhatikan pula volume ATF agar jangan sampai berada di titik minimum. Apabila sampai terjadi, dikhawatirkan akan merusak komponen yang lain, karena biaya perbaikan akibat kerusakan ini cukup mahal.
  4. Ganti ATF setiap 30.000 km sekali  atau satu tahun secara berkala. Dan yang menjadi catatan penggantian atau penambahan ATF harus dilakukan sesuai dengan petunjuk atau buku manual mobil.
  5. Saat melakukan servis, mintalah mekanik untuk memeriksa juga kondisi sabuk penggerak pompa power steering yang berasal dari mesin sehingga kondisi power steering mobil benar-benar dalam kondisi baik.
  6. Saat dipakai berjalan apabila roda kemudian terasa berat untuk diputar atau kemudi berderit, bisa jadi power steering mengalami masalah. Untuk itu, agar power steering tetap awet, biasakanlah untuk tidak memutar kemudia sampai habis (patah) dan selalu melakukan pemeriksaan secara berkala.
  7. Jangan lupa untuk memeriksakan mobil pada bengkel kepercayaan Anda agar tidak terjadi hal yang tidak diharapkan pada mobil Anda.

Itu dia sedikit “Tips Merawat Power Steering Mobil “ semoga bermanfaat dan bisa selalu mengingatkan kita semua untuk menjaga dan merawat mobil kesayangan. 


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Merawat Power Steering Mobil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel