Gigi Sensitif, Penyebab dan Tips

Suasana Bulan Puasa Ramadhan sungguh menyenangkan, tentu saja banyak sekali makanan enak, ditambah sajian es yang disajikan sebagai takjil. Diantara berbagai sajian makanan dan minuman tersebut, tentunya kesegaran es sangat menggiurkan, mulai es campur, es durian, dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, sayang, ada saja gangguan yang datang secara tiba-tiba, yaitu gigi terasa ngilu saat akan menikmati sajian es nikmat yang sudah disiapkan saat akan buka puasa tiba. Tentu Anda akan mulai mencari tahu mengapa terjadi gigi ngilu tersebut. Untuk itu, dalam bahasan kali ini akan dibahas, gigi sensitif, penyebab dan tips untuk memberikan solusi apabila terjadi serangan gigi sensistif secara tiba-tiba.

Gigi Sensitif, Penyebab dan Tips ;
Foto: mgadental.com.au

Tentu Anda sudah sering melihat berbagai iklan yang ada di televisi, yaitu iklan yang mempertontonkan bagian gigi terasa ngilu saat menikmati es favorit, mungkin hal ini juga terjadi pada Anda, yaitu gigi tiba-tiba terasa ngilu saat menikmati segelas es buah atau saat akan menikmati hangatnya sup? Sungguh menjengkelkan bukan? Namun dibalik rasa ngilu, ternyata hal tersebut adalah sesuatu yang harus diwaspadai yaitu suatu gejala dimana Anda menderita gigi sensitif.

Gigi Sensitif Penyebab yang Harus Diketahui

Berbicara tentang gigi sensitif, maka gigi sensitif adalah salah satu penyakit yang terjadi pada gigi dan gusi sehingga membutuhkan perawatan khusus.

Ada pun penyebab gigi sensitif terdapat beberapa faktor, antara lain:

  • Gusi yang kondisinya sudah melemah atau bahkan terjadi penyusutan pada gusi, sehingga menyebabkan bagian gigi yang terhubung dengan ujung saraf tidak terlindungi dari pengaruh luar.
  • Cara menyikat gigi yang terlalu keras dan tidak dilakukan secara benar atau horisontal dari kiri ke kanan.
  • Kurangnya kebersihan rongga mulut dan juga penumpukan sisa makanan di dalam rongga mulut.
  • Terkikisnya email gigi.

Baca juga: Tips Menghaluskan Bibir dengan Bahan Alami.

Kalau melihat berbagai informasi di internet dan juga majalah yang membahas tentang gigi sensitif, pada umumnya gigi sensitif yang terjadi pada saat makan atau minum panas atau dingin biasanya disebabkan oleh dentin yang terbuka, kebanyakan penyebabnya yang sering terjadi adalah kesalahan dalam menyikat gigi. Bahkan gigi yang pernah ditambal juga bisa menimbulkan sensitivitas gigi apabila tambalan pada gigi tersebut sudah bercelah atau bisa juga rusak.

Gigi Sensitif Permasalahan dan Solusi 

Gigi sensitif memang membutuhkan perawatan khusus untuk mengatasi masalahnya. Bahkan saat ini sudah mulai ada dan telah beredar di pasaran pasta gigi yang mampu mengurangi rasa ngilu pada gigi dan gusi yang sensitif yang diakibatkan karena kondisi gusi yang melemah atau menyusut, sehingga bagian gigi yang terhubung dengan ujung syaraf tidak terlindungi dari pengaruh luar.

Tips dan solusi untuk penderita gigi sensitif, antara lain:

  • Jagalah kebersihan rongga mulut dengan cara menyikat gigi minimal dua kali sehari pada pagi hari setelah sarapan pagi dan di waktu malam sebelum tidur.
  • Jangan menyikat gigi terlalu keras. Selalu timbulkan kebiasaan mulai menyikat gigi dari gusi ke arah gigi, bukan dengan cara horisontal ke kiri dan ke kanan.
  • Pilih dan gunakan sikat ggi yang memiliki bulu sikat yang lembut.
  • Gunakanlah pasta gigi yang khusus untuk gigi sensitif, dengan tujuan untuk mengurangi rasa ngiliu pada gigi dan gusi yang sensitif.
  • Lakukan secara teratur memeriksakan gigi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.

Itu dia sedikit informasi tentang “gigi sensitif, penyebab dan tips”, semoga bermanfaat dan memberikan informasi untuk Anda yang mengalami gigi sensitif dan semoga gigi yang terasa ngilu tersebut cepat sembuh dan kembali normal.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Gigi Sensitif, Penyebab dan Tips "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel