Cingur Sapi, Bahan Pilihan Kuliner Lezat Khas Surabaya

Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang kaya akan ragam budaya. Di balik keragaman budaya tersebut tersimpan kekayaan kuliner luar biasa, yang harus dicoba oleh setiap traveler dan pecinta kuliner, tidak hanya dunia, namun juga para pecinta kuliner dan food blogger wajib untuk mencobanya. Surabaya menjadi salah satu kota yang dipilih untuk membahas salah satu kuliner enak dan lezat, namun kali ini yang dibahas bukanlah sajian kuliner, namun salah satu bahan yang menjadi bahan utama sajian kuliner khas Surabaya. Cingur sapi, bahan pilihan kuliner lezat khas Surabaya ini menjadi topik bahasan menarik, selain unik, Anda akan terkejut setelah mengetahui cingur itu apa.

Banyak sebutan yang disematkan pada kota terbesar Indonesia ini, mulai dari Kota Pahlawan, kota mall, kota reliji, kota perdagangan, kota kuliner dan masih banyak sebutan untuk Kota Surabaya. Begitu banyak pilihan kuliner di Kota Surabaya, dan yang menarik, semua kuliner tradisional tersebut sangat enak dan lezat. Bisa saja sajian kuliner Surabaya tersebut ada di kota Anda, namun belum afdhol kalau belum mencoba sendiri di kota asalnya.

Cingur Sapi adalah Bahan Utama Kuliner Khas Surabaya

Berbicara tentang cingur, pasti bayangan kuliner yang ada di benak kita adalah sajian kuliner lezat dengan bumbu warna hitam yang disiram di atas sajian kuliner tersebut. Ya... benar... Rujak Cingur… Kuliner ini menjadi kuliner favorit warga kota Surabaya, bahkan tidak hanya warga Kota Surabaya saja yang memfavoritkannya, namun pecinta kulier dari daerah lain juga menjadikan kuliner ini sebagai sajian kuliner utama yang harus dicoba saat berkunjung ke Kota Surabaya.

Cingur Sapi, Bahan Pilihan Kuliner Lezat Khas Surabaya;Cingur Sapi adalah Bahan Utama Kuliner Khas Surabaya;
Cingur sapi (Sumber gambar: wisata.kompasiana.com/)

Terlepas dari rujak cingur, sebenarnya apakah cingur sapi itu? Cingur dalam Bahasa Jawa diartikan sebagai mulut. Dalam pembahasan ini, maka cingur diartikan sebagai sebagai irisan mulut atau moncong sapi yang telah direbus dan dicampurkan dalam hidangan kuliner tersebut.

Baca juga: 10 Top Kuliner Surabaya.

Cingur merupakan bagian dari tulang rawan yang ada pada hidung sapi. Siapa yang mengira bagian tulang rawan sapi ini bila diolah dengan cara yang benar, bisa menjadi sajian kuliner lezat dan nikmat. Siapa pun yang baru pertama kali mencoba kelezatan cingur ini pasti mengira yang dimakan adalah makanan berbahan tepung yang nikmat dan kenyal. 

Kuliner Surabaya Berbahan Cingur Sapi

Surabaya sebagai kuliner tentunya memiliki sajian kuliner nikmat yang unik, bahkan tidak hanya itu, Surabaya juga menjadi kota dengan wisata kulinernya yang menarik. Masa pandemi memang belum usai, namun meskipun masih berada di masa pandemi, kuliner Surabaya masih tetap buka, dan jangan takut, kebanyakan sudah mengikuti protokol kesehatan, begitu pula sebagai penikmat kuliner Surabaya harus tetap mengikuti protokol kesehatan, dengan teap memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Diantara berbagai sajian kuliner tersebut, maka kuliner dengan bahan cingur sapi menjadi sebuah pilihan menarik. Terdapat dua kuliner yang akan dibahas yang sama-sama menggunakan cingur sapi, yaitu rujak cingur sebagai kuliner legendaris khas Surabaya dan bakso cingur sapi yang saat ini menjadi viral di Kota Surabaya.

Rujak Cingur. Sebagai sajian kuliner legendaris, tentu saja rujak cingur selalu menjadi favorit warga Kota Surabaya. Sesuai dengan namanya, maka rujak cingur adalah rujak yang didalamnya juga ditambahkan cingur sapi. Dalam penyajiannya, rujak cingur disajikan dengan berbagai bahan sayur dan irisan buah. Bahan yang diberikan biasanya mentimun, krai (yaitu seperti mentimun khas Jawa Timur), mangga muda, bengkuang, kedondong, nanas, baru kemudian ditambah tempe, tahu, lotong, cingur, dan ditambah lagi dengan sayuran, seperti taoge, kacang panjang dan juga kangkung.

Kuliner Surabaya Berbahan Cingur Sapi;
Rujak cingur (Sumber gambar: doyanresep.com)

Bahan tersebut di atas kemudian dicampur dengan bumbu yang dibuat dari olahan petis udang, sedikit air yang sudah matang, gula merah, cabai, kacang tanah yang sudah digoreng, garam, bawang goreng, dan irisan tipis pisang klutuk (yaitu pisang berbiji yang masih muda). Baru kemudian bumbu dicampur dengan mengulek, sehinga ada sebagian pecinta kuliner ini yang menyebut rujak cingur dengan “rujak ulek”.

Baca juga: Rujak Cingur -Warung Suyoso.

Bakso dengan Cingur Sapi. Selain rujak cingur, Kota Surabaya juga terkenal akan kuliner nikmat lainnya, salah satunya adalah bakso, namun berbeda dengan sajian bakso yang satu ini, kuliner bakso di “Bakso 27 Suroboyo” yang berlokasi di Jalan Kupang Jaya No. 7, Sonokwijenan, Kecamatan Sukomanunggal, Kota Surabaya ini, selain menyediakan bakso seperti biasanya, bakso yang sajikan oleh Bakso 27 ini juga menyediakan sajian bakso dengan cingur dan bahan dari jeroan sapi (Sumber video: www.instagram.com/bakso27suroboyo/). 


Tentunya menarik sekali sajian modifikasi cingur untuk disajikan sebagai tambahan bahan yang disajikan dengan kuah bakso yang segar. Menarik bukan?

Semoga informasi tentang cingur sapi, bahan pilihan kuliner lezat khas Surabaya ini, bermanfaat untuk Anda, khususnya Anda yang ingin menikmati sajian kuliner khas Surabaya berbahan cingur sapi.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Cingur Sapi, Bahan Pilihan Kuliner Lezat Khas Surabaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel