Pekerjaan Terbaik, Kenali Tandanya dan Ketahui Pekerjaanmu Sekarang, Mana yang Cocok dan yang Tidak Cocok Denganmu

Setiap orang pasti mengharapkan pekerjaan yang dilakukannya sekarang menjadi pekerjaan terbaik, menjadi pekerjaan yang nyaman dan sesuai dengan apa yang diharapkannya. Namun, apa yang terjadi bila ternyata pekerjaan tersebut malah memberikan efek yang tidak baik, khususnya dalam perkembangan pribadi dan kesehatan. Hal ini akan merugikan Anda sebagai seorang karyawan karena terjadi perurunan produktivitas kerja dan juga perusahaan tempat Anda bekerja. Untuk itu Anda harus mulai mengetahui tentang pekerjaan terbaik, kenali tandanya dan ketahui pekerjaanmu sekarang, mana yang cocok dan mana yang tidak cocok denganmu. 

Apakah pekerjaan terbaik itu? Menurut Miriam Salpeter, yang merupakan pendiri dari Keppie Careers, sebuah situs konsultasi karier dan pencari pekerjaan, seseorang bisa dikatakan memiliki karier terbaik, yaitu ketika kemampuan dan potensi mereka bisa bermanfaat untuk sebuah perusahaan dan juga orang banyak.

Pekerjaan Terbaik, Kenali Tandanya dan Ketahui Pekerjaanmu Sekarang, Mana yang Cocok dan yang Tidak Cocok Denganmu;
Ketahui pekerjaan terbaikmu (Sumber gambar: pixabay.com)

Bahkan menurut Kathryn Minshew, yang merupakan CEO dari situs The Muse, yaitu sebuah portal informasi lowongan kerja dan bimbingan karier, yang menyebutan bahwa, sebuah pekerjaan dikatakan terbaik, yaitu ketika pekerjaan tersebut bisa mendatangkan kebahagian bagi karyawan yang bersangkutan.

Tanda Pekerjaanmu Sekarang Adalah yang Terbaik 

Menguasai dan bisa melakukan pekerjaan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, apalagi bagi seorang karyawan baru. Itu semua butuh waktu dan proses untuk bisa menguasai sebuah pekerjaan dengan baik.

Baca juga: Outside The Box, Tips Sukses di Masa Pandemi.

Terdapat 7 tanda bahwa pekerjaan yang sekarang Anda jalani adalah pekerjaan terbaik untuk Anda (Sumber idntimes.com), antara lain:

  1. Anda berkembang secara kemampuan dan juga kualitas hidup.
  2. Pekerjaan yang ditekuni sekarang tidak mengganggu kesehatan.
  3. Anda bisa menjangkau banyak relasi baru dari pekerjaan yang yang ditekuni sekarang.
  4. Anda merasa tertantang dengan pekerjaan itu sendiri.
  5. Anda diberikan kesempatan untuk belajar hal-hal baru dalam pekerjaan.
  6. Anda bisa mempromosikan pekerjaan tersebut pada orang lain.
  7. Anda tidak pernah perhitungan saat disuruh melakukan pekerjaan tambahan.

Selama apa yang Anda lakukan menguntungkan perusahaan, dan begitu pula sebaliknya, maka sebenarnya tetap bertahan di tempat yang sama adalah pilihan terbaik, apalagi dengan kondisi saat ini yang semuanya terkena efek dari wabah pandemi Covid-19.

Tanda Pekerjaan yang Ditekuni Sekarang Tidak Cocok 

Zaman semakin berubah, begitu pula dengan seseorang dalam membangun karir. Generasi sekarang sangat berbeda dengan generasi jaman dahulu yang menganggap bahwa kalau sudah bekerja, mengapa harus mencari pekerjaan lagi. Beda sekarang beda jaman dahulu. Generasi muda saat ini tidak membangun karier dengan perusahaan yang sama selama bertahun-tahun. Saat ini semua pasti merasakan bahwa mencari pekerjaan baru adalah cara yang paling memungkinkan untuk mengembangkan karier.

Meskipun banyak yang berusaha bertahan di pekerjaan yang lama dengan berbagai alasan, namun mengetahui tanda-tanda berikut ini, akan menunjukkan bahwa pekerjaan yang Anda lakukan bisa saja tidak cocok, yaitu:

  1. Anda tidak bersemangat setiap bangun pagi dan mendapati kenyataan bahwa Anda harus segera berangkat ke kantor.
  2. Kultur perusahaan yang sama sekali bukan untuk diri Anda (Biasa disebut dengan yang “Nggak gue banget”).
  3. Anda tidak memiiki gairah dalam pekerjaan.
  4. Pekerjaan yang ditekuni sekarang mempengaruhi kesehatan.
  5. Ada tidak mengalami peningkatan karir apalagi saat sudah mulai berusaha.
  6. Anda kehilangan banyak waktu bahkan di luar waktu kerja sekalipun.
  7. Anda sering merasa bosan dengan pekerjaan yang ditekuni sekarang.
  8. Anda tidak dibayar sesuai dengan tanggung jawab pekerjaan.

Banyak hal yang harus direnungkan saat mengalami hal demikian, namun keluar dari pekerjaan bukanlah berarti menyerah, Anda hanya perlu menyadari bahwa terdapat pekerjaan lain yang lebih cocok dan bisa membuat bahagia.

Itu dia sedikit informasi tentang pekerjaan terbaik, kenali tandanya dan ketahui pekerjaanmu sekarang, mana yang cocok dan mana yang tidak cocok denganmu, semoga bisa bermanfaat dan bisa menjadi renungan untuk melakukan step selanjutnya dalam merencanakan hidup, baik bekerja atau pun saat mulai membangun bisnis.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Pekerjaan Terbaik, Kenali Tandanya dan Ketahui Pekerjaanmu Sekarang, Mana yang Cocok dan yang Tidak Cocok Denganmu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel