Outside The Box, Tips Sukses di Masa Pandemi

Dunia semakin berkembang dan bergerak cepat, ditambah persaingan yang semakin ketat, lulusan perguruan tinggi juga semakin banyak, ditambah pengangguran yang sebelumnya juga belum terserap kerja, dan hal ini diperparah dengan efek pandemi yang belum tahu kapan usainya. Melihat kondisi ini tentunya dibutuhkan sebuah solusi agar kita sendiri bisa mendapatkan peluang ditengah kesemrawutan yang terjadi. Melihat kondisi ini, saya teringat seorang creative yang langkahnya selalu menginspirasi anak muda untuk terus bergerak, yaitu Yoris Sebastian. Outside the box, tips sukses di masa pandemi, mencoba mengurai sedikit banyak cara agar bisa melangkah dengan cara yang creative dan membuat peluang di era pandemi ini.

Wabah pandemi Covid-19 saat ini memang memberi efek yang luar biasa pada semua bidang kehidupan, mulai dari pendidikan, kesehatan, pola hidup, bahkan kelangsungan bisnis, semua terpengaruh karena wabah corona ini. Tidak ada yang bisa dilakukan dan tidak ada yang tahu bagaimana sebenarnya wabah corona ini, apakah hanya sekedar ilusi atau benar-benar terjadi. Namun yang pasti, efeknya sudah membuat pelaku industri bahkan pelaku usaha kecil harus kalang kabut mempertahankan usahanya agar tidak bangkrut.

Bahkan tidak hanya pelaku bisnis skala besar, pelaku usaha kecil harus menjerit menerima konsekwensi, tidak ada cara lain yang bisa dilakukan selain melakukan sebuah usaha yang creative dan out of the box yang berbeda dibanding pesaing atau pelaku bisnis lainnya.

Out of The Box, Bangkit dari Keterpurukan

Berbicara tentang Yoris Sebastian, saya masih teringat buku karyanya yang pernah ditulisnya Januari tahun 2013 beberapa tahun lalu, dengan judul "101 Creative Notes". Ketertarikan tentang Yoris saat itu sebenarnya tidak terlalu utama, namun yang menjadi sangat menarik karena ide dan eksekusi atas ide tersebut yang menggunakan gadget modern yang sangat saya suka, yaitu  menggunakan Samsung Galaxy Note 10.1. Karena ketertarikan tersebut, saya mulai mengenal ide liar Yoris tentang kreativitas.

Outside the box;Outside The Box, Tips Sukses di Masa Pandemi;Out of The Box, Bangkit dari Keterpurukan;Menciptakan Peluang dengan Kreativitas;
Outside the box (Sumber gambar: philmckinney.com)

Pandemi dan efek yang ditimbulkannya, tentunya tidak ada yang mau mendapatkan efek negatif atas pandemi tersebut. Namun bagi seorang entrepreneur atau orang yang bisa melihat peluang, tentunya tidak akan berhenti untuk bergerak meskipun terdapat halangan dalam usahanya, malah hal ini menjadi pendorong besar agar usahanya masih tetap bisa maju atau minimal bisa bertahan. 

Baca juga: Tips Bisnis Kuliner Agar Bisa Bertahan di Tengah Pandemi Corona,

"Thinking ouside the box, execute inside the box" mengambil ide yang disampaikan Yoris untuk tetap bergerak dalam era yang sebegitu gila ini. Misalnya kalau selama ini, anda sudah bergerak dalam usaha kuliner, dan ternyata karena efek yang terjadi dalam beberapa bulan lalu harus menutup usaha, kini saatnya anda bangkit, dengan menggunakan konsep berbeda dengan tingkat kreativitas yang berbeda, dengan "ghost kitchen" misalnya. Tentunya ini akan menjadi awal anda untuk bangkit.

Menciptakan Peluang dengan Kreativitas

Pandemi...semua orang saat ini pasti merasakan, tidak hanya di Indonesia, namun semua negara juga merasakan imbasnya. Bukan orang sukses namanya kalau tidak bangkit dan membuat peluang sendiri agar bisa bertahan. Bagi anda yang saat ini juga sempat merasakan di PHK atau harus berusaha untuk berjualan ditengah pandemi, saat ini menjadi awal bagi anda untuk bangkit. Hidup adalah pilihan, kita mau bergerak atau tidak. Sambil tetap berusaha, kita bisa mencoba hal lain yang bisa dilakukan di lain waktu di waktu utama untuk mencari penghasilan. 

Cara yang bisa dilakukan untuk mengasah kreativitas, antara lain:

  • Membiasakan diri untuk kreatif, bisa dimulai dari ide kecil.
  • Mengubah rutinitas dan juga menciptakan pola baru. Kalau selama ini, kita hanya bergantung pada sektor offline, saat ini kita bisa menggunakan teknologi dan media sosial untuk meningkatkan penjualan. Tentunya anda sudah bisa memilih cara tersendiri yang berbeda dengan orang lain.
  • Jangan takut tampil beda. Bisa saja anda menjual sesuatu yang sederhana, yang tidak dijual orang lain namun dibutuhkan, atau bisa mengambil konsep kekinian yang membedakan dengan produk yang dijual orang lain.
  • Selalu belajar dan menginstropeksi, agar usaha bisa selalu berkembang dan menjadi lebih baik.

Every big step starts with an inch. Memulai dengan ide kecil pasti lebih baik daripada kita tidak pernah memulainya, dan mencoba berpikir “Outside the box”, tips sukses di masa pandemi menjadi hal utama agar bisa bertahan di era saat ini.                                      


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Outside The Box, Tips Sukses di Masa Pandemi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel