Kisah Sukses Yoyok Hery Wahyono dengan Waroeng SS

Diantara kita pasti pernah melihat kuliner nikmat yang satu ini, tidak hanya melihat, mungkin saja menjadi pelanggan setia Sambal SS. Siapa yang mengira kalau Sambal SS adalah nama sebutan untuk “Waroeng Spesial Sambal” yang saat ini sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Dibalik terkenalnya Sambal SS sebagai sajian kuliner favorit, terdapat kisah sukses Yoyok Hery Wahyono dengan Waroeng SS, yang tentu saja menginspirasi para entrepreneur muda untuk memulai dan membangun bisnis.

Terdapat hal menarik yang membedakan antara jenis usaha yang dijalankan Mas Yoyok ini dengan usaha yang didirikan para pebisnis lainnya, yaitu Waroeng Spesial Sambal (SS) yang telah berdiri sejak tahun 2002 ini didirikan tanpa menggunakan hutang bank. Mas Yoyok mengembangkan SS dengan modal sendiri. Yang diawali dari warung tenda di seputaran UGM Yogyakarta, yang saat ini sudah memiliki lebih dari 90 cabang dengan jumlah karyawan hampir 4000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kisah Sukses Pengusaha Membangun Bisnis

Kalau selama ini banyak yang bilang membuka usaha dan membesarkan usaha harus pinjamn ke bank, sepertinya pernyataan ini terpatahkan dengan apa yang dilakukan Mas Yoyok owner Waroeng SS. 

Dari awal berdiri tahun 2002, sampai dengan sekarang, kami tidak mengambil pinjaman dari bank.”

Itulah yang disampaikan pria yang tidak menggunakan smartphone (tidak memiliki nomor WA dan hanya menggunakan sms dan telepon untuk berkomunikasi.

Kisah Sukses Yoyok Hery Wahyono dengan Waroeng SS;Kisah Sukses Pengusaha Membangun Bisnis
Mas Yoyok owner Waroeng Spesial Sambal (Sumber gambar: moneysmart.id)

Pernah dengar salah satu kesuksesan Mas Yoyok, salah satunya adalah gara-gara kuliah mentok, Mas Yoyok sukses membuat warung beromzet miliaran. Kalau saja kuliahnya di Teknik Kimia yang dijalani Mas Yoyok Hery Wahyono, pendiri Waroeng SS, berjalan mulus, mungkin sampai sekarang kita tidak akan melihat dan menikmati kelezatan sajian kuliner Waroeng SS.

Baca juga: Kisah Sukses Rex Marindo.

Namun, “berkat” kegalauan kuliah yag tidak kunjung selesai, Mas Yoyok harus memutar otak untuk bertahan hidup. Saat itu kuliah Mas Yoyok sedang stagnan sehingga membuatnya berpikir tidak bisa mengandalkan ijazah untuk hidup sejahtera. Maka, Mas Yoyok berpikir untuk membuka bisnis yang sangat dekat dengan apa yang dilakukannya sehari-hari.

Akhirnya, karena hobinya yang senang memasak, Mas Yoyok pun mencoba terjun di bisnis kuliner. Saat mendirikan Waroeng SS pertama kali, pada tahun 2002, Mas Yoyok hanya memiliki modal Rp 9 juta. Uang tersebut adalah tabungan Mas Yoyok dan adik sepupunya yang kemudian dikelola dengan sistem bagi hasil usaha.

Waroeng SS pertama tersebut berada di Jalan Kaliurang (di samping Grha Sabha Pramana UGM) Yogyakarta dan sampai saat ini masih berdiri.

Tips Sukses Bisnis Mas Yoyok 

Sama halnya dengan harapan setiap orang yang membangun dan membuka bisnis, tentunya warung banyak dikunjungi oleh pengunjung menjadi harapan yang sama dengan Mas Yoyok. Begitu pula saat pertama kali membuka usahanya, Waroeng Spesial Sambal banyak dibanjiri oleh pengunjung, apalagi kuliner pedas di Yogyakarta memiliki banyak penikmat, namun yang menyedihkan laris manis tidak selalu berarti untung.

Selama satu tahun merintis usaha, Mas Yoyok merasakan tidak mendapatkan keuntungan atau laba yang berarti. Akhirnya Mas Yoyok mencoba melakukan penghematan, sekaligus mempelajari bisnis secara otodidak. Dan pada akhirnya Mas Yoyok juga mencari alternatif untuk efisiensi, seperti mengambil pasokan makanan dari tangan pertama atau memilih peralatan memasak yang tidak membuat boros.

Kisah Sukses Yoyok Hery Wahyono dengan Waroeng SS;Kisah Sukses Pengusaha Membangun Bisnis;Tips Sukses Bisnis Mas Yoyok;
Waroeng Spesial Sambal (Sumber gambar: gotravelly.com)

Seiring berjalannya waktu, usaha Mas Yoyok mulai menghasilkan laba, bahkan bisa membuka lebih dari 90 cabang dengan total karyawan lebih dari 4000 orang.

Tips Mas Yoyok untuk  sukses, yaitu Mas Yoyok lebih memilih membuka cabang daripada menjadikan usahanya sebagai bisnis waralaba. Menurut Mas Yoyok, bisnis waralaba sangat berisiko, terutama untuk citra warung yang sudah dibangun dengan susah payah.

Membaca kisah sukses seseorang dalam membangun bisnis memberikan rasa penasaran dan bisa menginspirasi untuk memulai bisnis sesuai bisnis yang disukai, begitu pula dengan kisah sukses Yoyok Hery Wahyono dengan Waroeng SS-nya bisa memberikan inspirasi dalam membangun, memulai dan berproses atas bisnis yang akan dibangun.



Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Kisah Sukses Yoyok Hery Wahyono dengan Waroeng SS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel