Kisah Sukses Rex Marindo

Sering melihat atau bahkan sering nongkrong di Warunk Upnormal? Kalau sering berarti sudah tahu dengan Rex Marindo, seorang pengusaha muda yang sukses membangun kerajaan bisnisnya dengan berbagai tempat nongkrong dan tempat kuliner yang saat ini menjadi favorit anak muda kekinian. Kisah sukses Rex Marindo membangun gurita bisnis dari Warunk Upnormal sampai Bakso Boedjangan menjadi inspirasi anak muda yang ingin bangkit membangun usahanya sendiri.

Dibalik sebuah kesuksesan pasti ada proses panjang untuk meraih kesuksesan tersebut, jatuh bangun membangun bisnis, niat dan keyakinan menjadi modal awal dalam membangun bisnis, begitu pula dengan Rex Marindo. Sebelum sukses dengan usaha kulinernya, Rex Marindo adalah seorang konsultan pemasaran. Sebagai pendiri tempat makan terkenal yang sangat disukai anak muda, mulai Warunk Upnormal, Bakso Boedjangan, Nasi Goreng Rempah Mafia sampai dengan Sambal khas Karmila, siapa yang menyangka kalau Rex memulai bisnisnya dari nol.

Kisah Sukses Rex Marindo;
Rex Marindo (Sumber gambar: boombastis.com)

Kisah Sukses Pengusaha Kuliner Memulai Bisnis Dari Nol

Tidak ada usaha yang langsung besar, begitu pula dengan usaha yang dibangun oleh Rex Marindo. Rex memulai bisnisnya dari nol, dengan merintis bisnis percetakan dan desain serta bisnis branding atau konsultan merek dengan kantor di atas kamar kosnya. Kemudian bersama tiga orang temannya, yaitu Danis Puntoadi, Stefi Kurniadi dan Sarita Sutedja, Rex akhirnya memutuskan mengubah bisnisnya dan banting setir ke bisnis kuliner dan mendirikan “Nasi Goreng Mafia” di Bandung. Dengan modal Rp 100 juta, Rex membagi modal tersebut menjadi dua , yaitu untuk sewa tempat dan sisanya untuk operasional.

Baca juga: Kisah Sukses Rangga Umara dengan Pecel Lela “LELA”.

Dengan membangun grup bisnis yaitu Citarasaprima (CRP Group). Rex Marindo berhasil membangun dan mengembangkan kerajaan di bisnis kuliner. Terdapat enam brand yang sampai sekarang masih eksis dijalankan oleh CRP Group, antara lain:

  • Nasi Goreng Rempah Mafia. Kuliner ini didirikan di Dipati Ukur, Bandung pada tahun 2013, sampai saat ini sudah memiliki 33 outlet di 17 kota.
  • Warunk Upnormal. Didirikan di Bandung pada tahun 2014, sampai saat ini memiliki 13 outlet di hampir seluruh Indonesia.
  • Bakso Boedjangan. Kuliner bakso ini didirikan di Dipati Ukur, Bandung pada tahun 2015. Saat ini memiliki 64 outlet di 23 kota di Indonesia.
  • Sambal Khas Karmila. Saat ini baru memiliki tiga outlet di Jakarta dan Bandung.
  • Fish Wow Cheeseee (FWC). Tempat kuliner ini menyajikan menu fish dan chips, sebelumnya memiliki outlet di Bandung dan Jakarta, namun outlet FWC di Jakarta sudah ditutup.
  • Upnormal Coffee Roasters. Memiliki beberapa outlet yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, seperti di Jakarta, Bandung dan Makassar.

Kesuksesan Rex Marindo menjadikan dirinya tetap bersahaja, bahkan di awal kesuksesannya saat membuka bisnis kuliner, lelaki yang lahir di Palembang ini, berusaha menahan diri untuk tidak membeli mobil, dan hanya menggunakan motor. Uang yang didapat ditanamkannya kembali untuk membuka lebih banyak cabang.

Tips Sukses Bisnis Kuliner Rex Marindo

Tentunya banyak hal yang membuat seseorang berusaha untuk memulai bisnis, namun untuk sukses dibutuhkan pengorbanan yang luar biasa, begitu pula dengan Rex Marindo, terdapat beberapa tips sukses yang bisa menjadi inspirasi kaum muda saat ini untuk bisa menggapai sukses, antara lain:

Tips Sukses Bisnis Kuliner Rex Marindo
Warunk Upnormal (Sumber gambar: trend.koropak.co.id)

  1. Memulai bisnis dari hobi. Dari kesukaannya nongkrong bersama teman-temannya, menjadikannya sering mengamati dekorasi dan juga berbagai sajian kuliner yang disajikan kafe tempat ia nongkrong. Hal inilah yang menjadikan Rex memiliki inisiatif untuk mendirikan bisnis kuliner.
  2. Melakukan riset konsumen. Hal ini menjadi sebuah inspirasi bagi teman-teman entrepreneur yang ingin membuka tempat bisnis, khususnya tempat kuliner, untuk melakukan riset mendalam terhadap apa yang diinginkan konsumen, seperti apa yang disukai di kafe, apa yang membuat mereka betah, dan berbagai aksesoris yang disediakan agar para pengunjung betah.
  3. Tidak sembarangan dalam mencari investor. Membuka sebuah bisnis kuliner dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Terdapat tips yang sering dibagikan Rex sebelum memberikan penawaran pada investor, yaitu agar membuat sistem yang baik, dan juga memiliki sumber daya yang bagus. Jika dalam perancangan bisnis sudah baik, maka investor akan datang dengan sendirinya. Selain itu harus terdapat kesamaan visi atas bisnis yang akan dijalankan.
  4. Tidak berhenti untuk belajar. Sampai saat ini Rex masih aktif dan tidak pernah berhenti belajar, bahkan Rex membutuhkan waktu 1 sampai 2 bulan untuk memperdalam ilmunya.
  5. Selalu hidup sederhana. Hal ini terlihat dari gaya berpakaian, yang sering menggunakan kaos  dan lebih memilih motor daripada mobil.

Itu dia sedikit kisah sukses Rex Marindo, semoga bisa menginspirasi anak muda Indonesia yang ingin memulai dan membangun bisnis.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Kisah Sukses Rex Marindo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel