Dompet, Jenis dan Fungsinya

Benda ini adalah benda yang selalu dibawa sehari-hari, apalagi bagi mereka yang selalu mobile. Karena fungsinya yang penting untuk menyimpan kartu identitas, kartu ATM dan juga uang untuk operasional, maka fungsi dompet menjadi sangat dibutuhkan. Kali ini dompet, jenis dan fungsinya menjadi pilihan bahasan menarik, selain berguna, dompet juga menjadi kebutuhan dengan bentuk dan modelnya yang unik.

Pada intinya, dompet adalah benda yang sengaja dibuat untuk meletakkan dan menyimpan dokumen berharga yang dibutuhan dan harus dibawa setiap saat, seperti kartu berharga (KTP, Kartu NPWP, kartu E-Money, dan beberapa jenis kartu lainnya) dan juga uang kertas. Sehingga memudahkan dalam mencarinya saat dibutuhkan.

Dompet Pria dengan Segala Fungsinya

Berbeda dengan dompet wanita yang sering dibuat dengan bentuk yang menarik dan modis, dompet pria dibuat dengan model yang minimalis dan elegan. Kebanyakan dompet pria dibuat dari kulit yang menunjukkan penampilan pemilk dompet tersebut. Tampilan dompet yang menarik bisa memberikan rasa percaya diri pada pemiliknya, apalagi dengan susunan dompet yang bersih dan rapi, ditambah dengan tanpa adanya sampah kertas struk bekas belanja atau pun struk bekas ATM.

Dompet, Jenis dan Fungsinya;Dompet Pria dengan Segala Fungsinya;
Dompet kartu (Sumber gambar: Instagram.com/coppo.leather/)

Sama halnya dengan wanita, meskipun terkadang tidak memperhatikan penampilan, namun untuk dompet, pria juga menjadi seorang tipe pemilih dan tidak sembarangan juga dalam memilih dompet, namun yang membedakannya dengan dompet wanita, aksesoris pada dompet pria lebih mendukung pada hal yang fungsional.

Baca juga: Bitcoin, Sebuah Investasi atau Komoditi.

Seiring dengan perkembangan jaman, dompet pria semakin banyak tipe dan jenisnya, antara lain:

  • Super Slim Wallet. Dompet model ini sangat pas untuk para pria atau cowok yang tidak menyukai hal yang ribet. Dompet jenis ini sangat pas untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan ukurannya yang tipis, dompet ini memiliki kapasitas slot yang sedikit. Super slim wallet memiliki ukuran panjang 10 cm dan lebar 7 cm.
  • Money Clipper. Dompet ini menjadi dompet yang unik, karena bisa dibuka sampai ukuran panjang uang kertas, dan di tengah dompet terdapat klip untuk mengaitkan uang. Dompet ini berkuran 11 cm dan lebar 7 cm.
  • Travel Wallet. Dompet ini memiliki ukuran yang lebih besar. Ide dompet ini mengapa dibuat, karena agar para pengguna dompet bisa memiliki tempat yang praktis untuk meletakkan dokumen liburan di dalam dompet tersebut.
  • Sport Wallet. Dompet ini sangat pas untuk Anda yang memiliki hobi berolahraga, yang didesain dengan resleting dan Velcro yang menjadikan dompet ini tidak mudah dibuka. Dompet ini selain bisa menyimpan uang kertas, juga aman untuk menyimpan uang koin. Selain itu, sport wallet juga bisa digunakan sebagai dompet para traveler karena minim slot sehingga hanya bisa membawa sedikit kartu.
  • Bifol Wallet. Dompet ini menjadi dompet yang sering digunakan oleh para pria, dan memiliki ciri khas dengan kompartemen terdiri atas dua buah, yaitu di kanan dan di kiri. Dan pada kompartemen bisa digunakan untuk menyimpan sepertu kartu identias atau pun kartu ATM.

Dompet Kulit Pria dan Tips Menjaga Dompet Kesayangan

Meskipun pria lebih minimalis dan fleksibel dalam aktivitas sehari-hari. Namun tidak ada salahnya  menjaga kondisi dompet agar tidak mudah rusak, apalagi dompet tersebut adalah dompet kesayangan.

Dompet Kulit Pria dan Tips Menjaga Dompet Kesayangan
Dompet pria (Sumber gambar: Instagram.com/otel_leathergoods/

Terdapat beberapa tips agar dompet kesayangan Anda tidak mudah rusak, antara lain:

  1. Jangan meletakkan dompet di belakang celana. Selain bisa rusak terkena keringat, meletakkan dompet di belakang celana bisa mengganggu fungsi tulang belakang atau bisa terkena piriform syndrome.
  2. Hindarilah terkena air. Dompet kulit sangat rentan dengan air. Air bisa membuat warna kulit menjadi pudar.
  3. Bawalah uang secukupnya. Karena dompet pria didesain dengan bentuk yang tipis, maka membawa uang secukupnya harus dilakukan agar dompet tidak mudah rusak.
  4. Bersihkan noda dengan hati-hati. Karena bahan kulit sangat rentan, maka berhati-hatilah saat membersihkan noda di dompet, jangan asal saat menggunakan air atau menggunakan penghilang noda. Sebaiknya jangan terlalu sering membersihkan dompet karena bisa menghilangkan lapisan minyak pada kulit.
  5. Perhatikan dalam menyimpan dompet. Apabila akan menyimpan dompet dalam waktu yang lama, harus diperhatikan beberapa hal, seperti isi dengan kertas agar bentuknya tidak berubah. Simpanlah dalam kantong plastik atau bahan kedap udara agar kulit tetap kering.

Itu dia sedikit informasi tentang dompet, jenis dan fungsinya. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi, apalagi untuk Anda yang hobi mengoleksi dompet.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Dompet, Jenis dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel