VW Beetle, Mobil Unik dari Jerman

Kali ini mobil kuno dan unik dari Jerman menarik perhatian saya, apalagi setelah beberapa teman sering datang ke rumah dengan mengunakan mobil tersebut. VW Beetle, mobil unik dari Jerman, akhirnya meruntuhkan hati saya tidak hanya sekedar menanyakan, namun juga mencari tahu lebih detail tentang mobil ini. Mobil ini menjadi salah satu mobil VW yang sangat sering muncul di jalan-jalan, apalagi dengan banyaknya komunitas mobil VW yang sering mengadakan acara kumpul bersama. Lokasi dan tempat tinggal yang dekat dengan para penggemar VW menjadikan sedikit banyak tergiur dengan kekuatan dan kecantikan mobil ini.

VW Beetle atau yang lebih sering disebut VW Kodok adalah salah satu mobil yang sudah lama ada di Indonesia. VW sendiri adalah kepanjangan kata dari “Volkswagen”. Mobil VW yang banyak dikoleksi di Indonesia kebanyakan produksi tahun 1950 sampai tahun 1970-an. Yang menarik adalah, meskipun produksi mobil ini di negara asalnya sudah berhenti sejak tahun 1990-an, namun mobil ini masih sangat disukai dan begitu populer, tidak hanya di Indonesia namun juga di dunia.

VW Beetle, Mobil Unik dari Jerman
VW Beetle (Sumber gambar: www.foxnews.com)

1. VW Beetle Bekas

Mobil antik ini memang menarik, VW Beetle adalah mobil yang lahir sekitar tahun 1938. Dan meskipun banyak dipakai di Indonesia, tentunya mobil VW Beetle yang ada adalah VW Beetle bekas, namun jangan salah, meskipun bekas, mobil ini sangat terawat, karena yang memilikinya tentu saja bukan pemilik mobil yang asal pakai, tentunya orang yang benar-benar mengerti mobil dan nilai history dari sebuah mobil.
Baca Juga:
Mobil ini memang sengaja didesain menjadi sebuah mobil yang sangat terjangkau, sangat bisa diandalkan dan juga praktis. Mengambil referensi dari sumber yang lain, maka setiap lekukan yang khas dan dengan bentuknya yang bulat pada VW Beetle ini adalah sebuah simbol dari “small is beaitifull” dan juga merupakan counter culture pada jamannya.

Secara history, VW Beetle diproduksi yang diawali dari ide dari Adolf Hittler, untuk membuat sebuah mobil yang bisa terjangkau bagi para pekerja Jerman. Dan pada tahun 1938, Hitler memilih Ferdinand Porsche untuk mendesain VW Beetle ini, dan oleh Hitler, mobil ini disebut dengan “mobil rakyat”.

2. VW Beetle Harga

Sebagai mobil yang sensasional dan memiliki nilai historik yang tinggi, maka memiliki mobil klasik menjadi sebuah investasi tersendiri apalagi memiliki mobil klasik atau retro saat ini, menjadi sebuah tren, karena semakin tua usia VW Beetle nilai jualnya menjadi semakin tinggi.

Untuk VW Kodok atau VW Beetle tipe 1200, 1300 dan tipe 1303 yang diproduksi tahun 1958 sampai tau 1965, memiliki kisaran harga antara Rp. 15 juta sampai dengan Rp 70 juta. Namun ada yang lebih mahal yaitu VW Beetle yang diproduksi sekitar tahun 1950 varian 1200 yang bisa mencapai harga sampai Rp. 1,5 Miliar.

VW Beetle, Mobil Unik dari Jerman;VW Beetle Harga;
VW Beetle (Sumber gambar: dendymarhendra)
Untuk anda yang baru memulai ingin mengoleksi mobil unik ini, sebagai saran pilihlah VW Kodok yang umurnya masih sangat muda sekitar tahun 1970 an, selain umurnya masih muda, juga masih nyaman untuk dipakai jalan-jalan dan juga tidak mudah rewel. Harganya pun dikisaran Rp 50 juta an.
Secara umum untuk harga, bisa dibilang harga VW Beetle bisa dikatakan masih sangat buram alias gelap, maksudnya tidak ada patokan yang pasti tentang harga mobil ini.

Tertarik untuk memiliki VW Beetle, mobil unik dari Jerman ini?. Tenang saja, anda bisa mengikuti komunitas VW Beetle yang ada di kota anda. Selain anda terbantu untuk mendapatkan mobil VW Beetle yang masih bagus, juga anda bisa mendapatkan spare part dengan cepat bila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di kemudian hari.


Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel