Sukses Jadi Pengusaha di Tahun 2020

Wabah pandemi corona covid-19 masih menghantui masyarakat Indonesia. Begitu banyak sektor kehidupan masyarakat yang sangat terpengaruh, hal ini menjadikan Pemerintah membuat kebijakan agar bisa mencegah wabah virus ini tidak menyebar. Tahun 2020 sepertinya menjadi tahun ujian khususnya dunia usaha. Bagi anda yang di tahun 2019 sudah menetapkan pilihan dan berharap untuk sukses jadi pengusha di tahun 2020, sepertinya tahun ini menjadi batu ujian untuk anda. Selain berpengaruh pada kehidupan bisnis, keberadaan wabah ini menjadi ujian agar anda mencari solusi. Bagi seorang pengusaha tentunya pasti memiliki sebuah cara agar tetap bisa bertahan dan bisa menghidupi usahanya.

Di awal pergantian tahun yang lalu dari akhir tahun 2019 menuju awal tahun 2020, menjadi sebuah harapan dan mimpi yang indah bagi anda yang beralih profesi menjadi seorang pengusaha. Tidak ada yang tahu ke depan harus bagaimana. Yang ada adalah seorang pengusaha harus merencanakan apa yang dilakukan, dan membuat sebuah strategi untuk bisa mengembangkan bisnisnya.

Tahun 2020 menjadi sebuah tahun dengan ketidakpastian, pada tahun ini bisnis yang tahun lalu berkembang dan memberikan keuntungan yang besar, tiba-tiba pada tahun ini sejak merebaknya wabah virus corona menjadi sebuah bisnis yang ditinggalkan. Begitu pula sebaliknya, tahun 2020 ini menjadi tahun seleksi, mana pengusaha yang mampu bertahan dan pengusaha yang harus putus di tengah jalan, karena harus meninggalkan bisnisnya yang tidak bisa menghasilkan lagi.


Sukses Jadi Pengusaha di Tahun 2020
Sumber gambar: Instagram @jokam_custom

1. Cara Sukses Jadi Pengusaha di Tahun 2020

Tidak ada alasan untuk menjadi seorang pengusaha, dan tahun ini di saat mewabahnya virus corona, sepertinya banyak orang mulai dipaksa untuk menjadi seorang pengusaha. Bagaimana tidak, sejak merebaknya virus ini, banyak usaha yang harus tutup, sehingga banyak pegawai yang dirumahkan, bahkan tidak saja dirumahkan, banyak yang harus merasakan di PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) diakibatkan perusahaan tempatnya bekerja sudah tidak beroperasi lagi.

Kalau dahulu seseorang menjadi pengusaha karena beberapa alasan, sebagai berikut:
  • Tidak tahan dengan atasan.
  • Mudah bosan.
  • Terlalu kreatif.
  • Mendambakan kebebasan.
  • Terlalu ambisisus.
  • Tidak punya jalan lain.
Maka pada tahun ini, anda tidak punya jalan lain selain harus memilih cara untuk menyambung hidup. Bagi anda yang kreatif dan mendambakan kebebasan, maka anda akan melihat peluang dibalik adanya wabah corona ini. Keadaan ini tentunya bisa anda gunakan dengan menjadi seorang pengusaha, misalnya pengusaha kuliner. Dengan adanya kebijakan harus beraktifitas di rumah, bekerja dari rumah. Dan banyaknya tempat kuliner yang tutup, menjadikan anda bisa merubah dapur rumah anda menjadi sebuah tempat usaha, yaitu membuat usaha “Ghost Kitchen”. Dan untuk pengiriman anda bisa bekerjasama dengan delivery online.

2. Bekerja untuk Diri Sendiri atau Bekerja untuk Orang Lain

Hidup memang pilihan, pada intinya bekerja adalah untuk mencari uang yang bisa digunakan untuk membiayai kebutuhan hidup anda. Namun, tidak selamanya anda harus bekerja orang lain, karena semuanya pasti berubah, tidak selamanya bekerja menjadi karyawan sesuai dengan harapan anda. Bagi orang yang mendambakan kebebasan dan mudah bosan, tidak ada jalan lain melainkan harus bekerja sendiri. Kecuali anda sudah berada di zona nyaman, dan menganggap sudah tidak memiliki cara untuk mendapatkan uang, selain dengan bekerja menjadi seorang karyawan.
Baca Juga:
Ada dua pilihan, yang harus anda ambil, semua memiliki konsekwensi sendiri. Dan menjadi seorang pengusaha memang berbeda, anda dituntut memiliki kesabaran, keuletan dalam menjalani proses, karena sukses bisnis tidak bisa didapat dalam waktu yang instan. Anda bisa memilih di antara dua keputusan, di bawah ini, yaitu:
  • Memilih untuk bekerja 40 jam per minggu, untuk membantu mencapai impian orang lain dalam waktu seumur hidup anda.
  • Bekerja 80 jam per minggu, selama 5 sampai 10 tahun untuk membangun bisnis dan mencapai impian anda sendiri.
Sebuah pilihan yang sulit, namun di saat anda masih muda seperti saat ini, anda harus membuat pilihan, karena anda bekerja pun memiliki batas waktu. Di saat seperti itulah anda pasti mulai berpikir kalau seandainya...kalau dulu...

Sumber gambar: Instagram @pejuangbisnisonline
Pilihan ada ditangan anda, jangan sampai anda sudah tua masih harus bekerja, menjadi karyawan, di tengah padatnya kota, berdesak-desakan di metro mini, anda harus bermacetan di tengah kota. Jadi sudah waktunya anda mulai mempersiapkan diri sedini mungkin, minimal agar anda tidak kaget dengan kondisi di saat pensiun.

3. Kiat Sukses Jadi Pengusaha

Tahun 2020 ini menjadi sebuah tahun yang luar biasa, tahun ujian dan tahun di saat anda harus mempersiapkan segala rencana untuk menuju kesuksesan anda. Bagi yang sudah memulai menjadi seorang pengusaha atau entrepereneur. Tahun ini sepertinya menjadi tahun untuk bersabar dan mulai membuat strategi, khususnya setelah masa pandemi ini berakhir.

Bagi yang masih bekerja dan ingin memulai bisnis, di saat ini anda bisa mempersiapkan untuk mulai membuka bisnis, apalagi kalau saat ini anda harus dirumahkan meskipun anda hanya mendapatkan setengah gaji. Jangan takut melangkah dan memulai, anda bisa mengambil kiat atau kunci sukses untuk meraih impian yang anda inginkan ditahu 2020, sebagai berikut:
  • Beranilah seperti singa.
  • Rajin seperti semut.
  • Gesit seperti cheetah.
  • Ganas seperti hiu.
  • Fokus seperti rajawali.

Kiat Sukses Jadi Pengusaha
Sumber gambar: Instagram @businessbooksummary.id
Tidak ada alasan untuk memulai, semua bisa karena kita mau untuk memulai dan bertindak. Semoga meskipun saat ini terjadi pandemi virus corona, anda bisa memulai bisnis dan sukses jadi pengusha di tahun 2020  Salam sukses.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel