10 Top Kuliner Kabupaten Tuban

Satu lagi daerah tujuan kuliner yang membuat anda akan takjub, apalagi dengan sajian kuliner khas pantai yang luar biasa lezat. Kabupaten Tuban memang sudah terkenal memiliki tujuan wisata kuliner yang enak, hal ini juga didukung dengan wisata alam berupa pantai yang cukup menarik. Selain memiliki kekayaan obyek wisata yang beraneka ragam, Tuban juga memiliki berbagai tempat wisata kuliner yang bervariasi sehingga bisa menjadi sebuah wisata kuliner yang menarik. 10 top kuliner Kabupaten Tuban yang disampaikan menjadi bukti bahwa Tuban juga memiliki kekayaan kuliiner yang wajib dicoba saat anda mengunjungi Tuban.

Memang dua aktivitas ini menjadi satu paket yang harus dilakukan antara menikmati kunjungan wisata juga menikmati wisata kuliner, karena sebenarnya dua aktivitas ini menjadi satu kesatuan, bahkan salah satunya menjadi sebuah bentuk wisata kuliner. Begitu pula di Tuban belum lengkap rasanya jika anda menikmati traveling atau berwisata di Tuban, dan belum lengkap kalau belum menikmati sajian kuliner khas Tuban.

Informasi tentang kuliner Tuban ini didapatkan dari kumpulan informasi kuliner yang disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur saat pelepasan mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2019, dan juga disampaikan dalam situs pesona.id. Namun meskipun informasi ini disampaikan tahun 2019, informasi ini masih sangat relevan, bahkan bisa menjadi referensi saat anda ingin mengunjungi Tuban untuk mencari kuliner yang bisa anda nikmati di Tuban.

10 Top Kuliner Kabupaten Tuban

Berikut ringkasan 10 top kuliner Tuban, semoga bisa menjadi referensi pilihan untuk anda saat mengunjungi Tuban, sebagai berikut:
  1. Kare rajungan Manunggal Jaya.
  2. Becek menthok.
  3. Sate bebek.
  4. Garang asam RM. Rahayu.
  5. Belut pedas Pak Bagong.
  6. Cumi-cumi hitam.
  7. Opor ayam khas Tuban.
  8. Es bubur sum-sum.
  9. Warung Soto Sleko.
  10. Sate kambing Haji Sapuan.

1. Kare rajungan Manunggal Jaya.

Rumah makan Kare rajungan Manunggal Jaya ini berada di Jalan Manunggal No. 100, Panyuran, Palang, Tuban atau di depan SMAN 3 dan disebelah Kantor Dinas Pertambangan dan Energi. Di Tuban sendiri memiliki banyak sekali tempat kuliner yang menjual dan menyediakan sea food dan juga kuliner rajungan, namun di antara sekian banyak tempat kuliner yang menyediakan kuliner rajungan, baru rumah makan ini yang selalu ramai pembeli.

Kare rajungan Manunggal Jaya;10 Top Kuliner Kabupaten Tuban;
Kare rajungan Manunggal Jaya (Sumber gambar: gotravelly.com)
Rajungan memiliki bentuk sepeti kepiting, namun yang membedakannya, rajungan adalah kepiting yang hidup di laut dengan capit yang lebih panjang bila dibandingkan dengan kepiting biasa, dan cangkangnya memiliki ciri adanya bintik-bintik warna putih, dan dagingnya juga lebih gurih. Begitu pula dengan tempat makan ini yang menyediakan sajian kuliner khas rajungan, rajungan dimasak dengan bumbu kare pedas, membuat kenikmatan saat menikmati sensasi pedas rajungan. Bahkan ada yang menyebut kuliner kare rajungan Manungal Jaya, dengan sebutan “Rajungan remason” karena rasa pedasnya yang luar biasa.

2. Becek menthok.

Kulier Tuban yang satu ini bisa menjadi referensi saat anda berkunjung ke Tuban, yaitu Becek menthok Sor Sawo. Tempat kuliner ini berada di Jalan Majapahit, Gang Buyung, Kelurahan Karang, Kecamatan Semanding, Tuban, dan sudah beriri sejak tahun 1994. Yang menarik, kuliner yang dijajakan sejak awal berdiri, hanya kuliner berbahan unggas ini saja yaitu sate dan becek menthok.

Becek menthok;10 Top Kuliner Kabupaten Tuban
Becek menthok (Sumber gambar: loveusaha.com)
Dan nasi sebagai sajian kuliner menthok terdapat dua macam yaitu nasi jagung dan nasi putih.
Kenikmatan becek menthok terletak pada dagingnya yang meiliki tekstur kenyal, dengan seratnya yang pendek, dan yang utama sajian kuliner menthok ini tidak memiliki bau amis sama sekali.

3. Sate bebek.

Berbeda seperti biasanya, kalau biasanya yang sering kita lihat dan dijual adalah sate ayam, berbeda dengan di Tuban, terdapat olahan bebek, namun dalam bentuk sate bebek, dan hal ini menjadi pengalaman baru untuk menikmati wisata kuliner di Bumi Ronggolawe ini. Sate bebek yang disajikan memang memiliki tekstur yang lebih keras dibandingkan dengan sate ayam, namun cara mengolahnya yang membuat sajian sate bebek ini menjadi lebih empuk dan nikmat.

Sate bebek;10 Top Kuliner Kabupaten Tuban
Sate bebek (Sumber gambar: putratravel.net)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Blitar.

Untuk mendapatkan sajian sate bebek yang empuk dan nikmat tersebut, daging bebek diolah dengan bumbu khas, yaitu bawang putih, cabai merah, daun jeruk, bawang merah, cabai rawit, dan juga air jeruk lemon.

4. Garang asem RM. Rahayu.

Salah satu tempat kuliner enak yang bisa anda kunjungi adalah Rumah Makan Rahayu yang berada di Jalan Basuki Rahmat No. 135, Doromukti, Kecamatan Tuban, Tuban. Menu makanan yang disajikan di tempat kulier ini adalah sajian khas kuliner Tuban. Namun yang menjadi favorit adalah sajian menu kuliner garang asem.

garang asem;10 Top Kuliner Kabupaten Tuban
Garang asem (Sumber gambar: id.foursquare.com)
Menu garang asem yang disajikan memang berbeda bila dibandingkan dengan tempat lain, di tempat ini garang asem yang disajikan tidak menggunakan santan, sehingga kuahnya bening, dan memiliki rasa yang enak dan lezat dengan kuahnya yang segar.

5. Belut pedas Pak Bagong.

Warung belut Pak Bagong adalah salah satu tampat kuliner legendaris di Tuban, yang sudah berdiri sejak tahun 1982. Di tempat kuliner ini disediakan berbagai macam kuliner belut, mulai dari krengsengan belut, rica-rica belut, belut goreng, pepes belut dan juga belut pedas. Dan yang menjadi sajian favorit adalah belut pedas.

Belut pedas Pak Bagong;10 Top Kuliner Kabupaten Tuban
Belut pedas Pak Bagong (Sumber gambar: tempatwisatamu.com)
Belut pedas yang disajikan di Warung Pak Bagong menjadi ciri khas tersendiri, dengan belut yang dimasak bumbu kering, dengan rempah-rempah sebagai bumbunya, menjadikan sajian belut ini menjadi sangat nikmat, apalagi dinikmati dengan nasi jagung hangat. Warung Pak Bagong ini berada di Jalan Majapahit, Tegalagung, Semanding, Tuban.

6. Cumi-cumi hitam.

Di antara sajian kuliner Tuban yang menjadi favorit, alah satunya adalah cumi-cumi hitam. Yang berbeda dan memiliki ciri khas adalah sajian kuliner ini disajikan  di atas daun jati dan dinimati dengan nasi putih hangat dengan cumi hitam sebagai lauknya.

cumi-cumi hitam;10 Top Kuliner Kabupaten Tuban
Cumi-cumi hitam (Sumber gambar: google maps/lia zahratin ni'mah)
Sajian cumi bumbu hitam ini bisa anda temukan di Rumah Makan Kurnia Dewi yang berada di Jalan Tubat – Babat Km 01, Widengan, Gedongombo, Semanding, Tuban.

7. Opor ayam khas Tuban.

Salah satu sajian khas Tuban lainnya adalah sajian Opor ayam khas Tuban. Sajian kuliner ini bisa anda dapatkan di Warung opor ayam Mak Nimbing di Jalan Kemuning, Tuban. Sama halnya sajian opor ayam lainnya, kenikmatan kuliner khas opor juga dapat anda nikmati di Tuban. Ayam yang digunakan sebagai bahan opor adalah ayam kampung yang menjadikannya sangat nikmat.

Opor ayam khas Tuban;10 Top Kuliner Kabupaten Tuban;
Opor ayam khas Tuban (Sumber gambar: cecep345.com)
Rahasia kenikmatan opor ayam Tuban dengan opor lainnya terletak pada cara memasaknya, pada opor ayam Mak Nimbing ini, ayam yang digunakan dibakar terebih dahulu, baru kemudian dimasak lagi dengan bumbu opor yang nikmat.

8. Es bubur sum-sum.

Selain berbagai jenis kuliner, anda pun bisa menikmati sajian minuman yaitu es bubur sum-sum, rasanya yang manis dan segar bisa anda nikmati untuk menghilangkan dahaga setelah menikmati traveling dan jalan-jalan di Tuban. Salah satu tempat yang bisa anda tuju untuk menikmati es bubur sum sum adalah kedai es yang berada di depan Toko Tetap Terang atau berada di Jalan Pemuda, Tuban.

es bubur sum sum;10 Top Kuliner Kabupaten Tuban
Es bubur sum sum  (Sumber gambar: asyiknyaberkuliner.blogspot.com)
Baca juga: Destinasi Wisata Trenggalek.

Es bubur sum-sum ini dibuat dari tepung beras yang kemudian disiram dengan gula merah cair sehingga akan terasa lembut dan manis, baru kemudian ditambahkan es batu yang telah diserut.

9. Warung Soto Sleko.

Warung Soto Sleko ini berada di Jalan Pahlawan No. 7, Gedongombo, Semanding, Tuban. Sedangkan soto yang disajikan adalah soto ayam. Selain soto ayam juga disediakan menu ayam goreng dengan rasa yang nikmat dan segar. Meskipun hanya buka sore hari, namun warung soto ini selalu ramai dikunjungi pembeli.

Warung Soto Sleko;10 Top Kuliner Kabupaten Tuban
Warung Soto Sleko (Sumber gambar: google maps/alan kurniawan/)
Sebagai salah satu sajian kuliner khas di Tuban, warung soto ini wajib ada didaftar kunjungan wisata kuliner anda.

10. Sate kambing Haji Sapuan.

Tempat kuliner ini adalah salah satu tempat kuliner legendaris yang ada di Tuban, lokasinya berada di Jalan RE. Martadinata, Tuban. Sate kambing Haji Sapuan, adalah warung sate yang selalu dikunjungi para pelanggan, karena sate kambingnya enak dan juga gurih.

Sate kambing Haji Sapuan;10 Top Kuliner Kabupaten Tuban
Sate kambing Haji Sapuan (Sumber gambar: loveusaha.com)
Ciri khas Sate kambing Haji Sapuan adalah dagingnya yang empuk, apalagi daging kambing sebagai bahan sate berasal dari daging kambing muda yang menjadikan sajian satenya empuk dan nikmat.

Itu dia sedikit informasi tentang 10 top kuliner Kabupaten Tuban, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi saat anda menikmati traveling dan berwisata kuliner di Kabupaten Tuban.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel