Sukses Bisnis ala Arli Kurnia

Menjadi sukses menjadi impian semua orang, bahkan agar bisa dianggap sukses, orang sampai rela berhutang, untuk bisa dibilang orang sukses. Namun cara instant selalu memberikan masalah di kemudian hari. Padahal untuk mendapatkan sukses pasti membutuhkan perjuangan, proses yang panjang, semangat, keyakinan, bahkan kesabaran untuk meraihnya. Semua orang pasti ingin sukses dengan cepat, dan tidak mau merasakan sakit dan pahitnya dalam berproses. Kalau ada cara sukses dengan cepat, pasti semua orang ingin merasakannya, namun sayang, tidak ada sukses yang instan. Akhirnya, sukses bisnis ala Arli Kurnia bisa memberikan sebuah pandangan, agar anda bisa segera dan sukses melunasi hutang.

Arli Kurnia atau yang memiliki nama asli Arlianto Kurniawan, adalah seorang motivator dan mentor  bisnis yang berpengalaman dalam menjalankan bisnis, pernah ditipu rekan bisnis bahkan pernah berada dalam kubangan hutang, menjadikan Arli mengerti bagaimana melepaskan diri dari hutang tersebut, baik hutang pada orang lain dan juga hutang bank.

Sukses Bisnis ala Arli Kurnia;Arli Kurnia;
Arli Kurnia (Sumber gambar: instagram.com/arlikurnia/)

1. Mulai dari Nol, Sebuah Kisah Hidup Arli Kurnia

Banyak sekali cerita dan pengalaman menarik yang bisa dirangkum dari berbagai sumber, tentang kesuksesan Arli Kurnia dalam berbisnis dan bagaimana bisa lepas dari hutang. Bahkan saat ini pengusaha muda dari Solo ini lebih dikenal sebagai ”Pakar Pelunas Hutang dalam 30 hari”. Dikenalnya Arli sebagai pakar dan juga motivator yang bisa melunasi hutang dalam 30 hari, karena Arli Kurnia terkenal dengan e-book dan seminarnya yang diadakannya dengan tema “Melunasi Hutang dalam 30 hari”.

Sebagai orang yang pernah terjerat hutang, Arli sendiri bahkan berbagai pengalaman bahwa dia sempat merasakan hidup yang tidak nyaman karena hutang, meskipun memiliki banyak harta. Bahkan dalam setiap bulan dirinya harus membayar 6 cicilan hutang kepada leasing karena kredit yang dilakukannya.

Gaya hidup dan gengsi ini menjadi penyebab timbulnya hutang tersebut. Awal terjebak hutang disebabkan saat itu Arli Kurnia menjadi seorang pebisnis MLM (Multi Level Marketing), sukses dan bisa meraih banyak uang, menjadikan dirinya bisa membeli mobil. Namun gaya hidup dan tuntutan dalam dunia MLM yang disebut dengan “edivikasi”, yaitu suatu cara menunjukkan seorang leader dengan citra sukses dan memiliki banyak uang, yang salah satunya dengan penampilan, mobil banyak dan memaksakan gaya hidup. Hal tersebut yang pernah dialaminya.

Baca juga: Sukses Bisnis ala Saptuari Sugiharto.

Penyebab hutang menurut Arli Kurnia, yaitu:
  • Gengsi dan Spekulasi. Untuk dua hal ini bisa dihindari dengan meminimalisir penyebab hutang tersebut.
  • Musibah. Untuk hal ini harus diserahkan pada Tuhan.
Seseorang bisa sadar atas apa yang terjadi setelah terjadi sesuatu yang menimpa dirinya. Terdapat suatu kejadian dimana anaknya meminta susu, namun tanpa diduaga Arli sendiri tidak memiliki uang untuk membeli susu, padahal saat itu Arli memiliki 4 mobil, namun dengan cara berhutang. Kesadaran atau mungkin hidayah, akhirnya Arli mengajak istrinya untuk berbicara dari hati ke hati dan dengan ikhlas melepas semua barang yang dibelinya degan berhutang, demi gengsi, demi edifikasi, bahkan mesin cuci yang baru dikredit 6 bulan pun dengan cicilan setiap bulan Rp 640.000 pun dikembalikan ke toko tempat dia mengkredit.

2. Sukses Bisnis Arli Kurnia Mengembangkan Bisnis

Ada masa dimana seseorang harus mulai dari nol, dan hal tersebut menjadi awal kisah menarik, dari sebelumnya pakai mobil, akhirnya harus pergi dengan motor, ngontrak di kamar kecil. Setelah menyelesaikan semua kewajiban hutag 400 juta tidak sampai 3 bulan, bahkan hanya selesai dalam 30 hari. Arli kembali bangkit dan mencari produk yang bisa dijualnya di internet.

Baca juga: Sukses Bisnis Vita Krisna Dewi dengan ternak dombanya.

Memulai dari produk cairan penghemat bahan bakar, dan saat itu tidak langsung besar, namun dengan perjalanan panjang, akhirnya pada tahun 2013 Arli bisa mengumpulkan omzet Rp. 1,4 Miliar dari penjualan produk tersebut.

Sejak saat itu Arli Kurnia membuat e-book yang bisa dijualnya “30 Hari Bebas Hutang” yang menceritakan kisahnya terjerat utang dan bisa melunasinya.

3. Cara Sukses Binis ala Arli Kurnia

Dari berbagai hal tersebut di atas, terdapat tips agar sukses, antara lain:
  • Lunasilah seluruh hutang.
  • Lebih baik membeli bekas daripada membeli baru dengan kredit.
  • Kelola pengeluaran anda.
  • Mulailah berbisnis dan berinvestasi.
Selain cara sukses bisnis yang dibagikan Arli Kurnia, beliau juga membagikan tips menyelesaikan hutang, yaitu:
  • Harus kembali padaAlloh.
  • Ikhlas dan berserah diri, bahwa semuanya milik Alloh.
  • Jauhkanlah keinginan yang melebihi kemampuan, bahwa segala sesuatu tidak harus dimiliki, dan juga bisa mengikhlaskan jika pada akhirnya harus menjual yang dimilikinya.
Itu dia tips sukses bisnis ala Arli Kurnia dan juga tips agar bisa bebas dari jeratan hutang. Semoga sedikit tulisan ini bermanfaat untuk ada. Terima kasih.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel