Sukses Bisnis Achmad Zaky Membangun Bukalapak

Memiliki bisnis sendiri tentunya menjadi harapan semua orang. Bayangan mendapatkan uang dengan mudah dan banyak selalu ada di benak mereka. Kemudahan inilah yang selalu mendorong mereka untuk ingin cepat resign atau cepat keluar dan ingin segera membangun sebuah bisnis. Padahal kenyataannya tidak seperti itu, berbicara tentang bisnis berarti berbicara tentang keyakinan dan sebuah pilihan. Dikatakan sebuah pilihan karena kalau sudah memilih jalur bisnis, maka harus konsisten untuk menekuninya. Hal ini berlaku juga dengan seorang anak muda yang berusaha keras sehingga harus memulai bisnis, dan semoga sukses bisnis Achmad Zaky membangun Bukalapak bisa menginspirasi anda yang sampai saat ini masih ragu untuk memulai bisnis sendiri.

Tidak ada yang mudah, keinginan untuk sukses, pasti hinggap dibenak semua orang, karena kesuksesan yang telah diraih pasti menghasilkan sesuatu yang berarti, mulai dari naiknya pendapatan, memiliki dan bisa melakukan hal yang diimpikan, sampai bisa menikmati traveling yang menjadi hobi. Namun ada proses yang harus dilewati, dan hal ini tidak mudah, dibutuhkan keyakinan, semangat, optimis, kesabaran, keteguhan, dan keuletan untuk meraih impian.

Achmad Zaky adalah seorang anak muda kelahiran Sragen 24 Agustus 1986. Siapa yang mengira anak muda dari desa ini bisa membangun bisnis yang menjadi cikal bakal e-commerce di Indonesia. Sebagai anak dari orang tua yang bekerja sebagai guru, tentunya hal ini mendorong Achmad Zaky untuk terus bersekolah sampai jenjang tinggi dengan kuliah di Jurusan Informatika ITB. Hal ini juga didorong hobinya mengotak-atik software sehingga membuat Zaky semakin menyenangi pekerjaan tersebut.

Achmad Zaky;Sukses Bisnis Achmad Zaky Membangun Bukalapak;
Achmad Zaky (Sumber gambar: techinasia.com)

1. Sukses di Usia Muda

Tidak ada yang tahu besok akan menjadi apa, dan apa yang harus dilakukan, hanya bekal kemauan dan tekad yang menjadikan seseorang bisa meraih sukses. Begitu pula dengan Achmad Zaky, setelah lulus kuliah, dan pulang sebentar di kampung halamannya, Achmad Zaky banyak mengamati bahwa tetangganya di kampung yang memiliki usaha kecil, pendapatannya masih sama dengan belasan tahun sebelumnya, hal inilah yang mengispirasi Achmad Zaky untuk membangun “Bukalapak”.

Tahun 2010 sepertinya menjadi awal Achmad Zaky membulatkan tekadnya untuk membangun bisnis dengan modal seadanya, dan dalam sebuah garasi kecil menjadi awal kantor Bukalapak, dahulu dia harus bekerja keras agar banyak orang mau bergabung dan berdagang di Bukalapak. Tekad yang kuat menjadi satu hal penting yang mendorong seseorang mau melakukan sesuatu, walaupun itu hal yang sangat sulit. Hal ini juga yang menjadi hal yang sama di awal membuka Bukalapak, para pelaku UKM 99% menolak, namun memilih menjadi seorang entrepreneur menjadikan Achmad Zaky tidak memiliki pilihan selain terus bekerja keras agar Bukalapak yang dibangun bisa berjalan.

2. Sukses Bisnis Online

Memulai membangun bisnis menjadi hal yang penuh tantangan, apalagi bisnis yang akan dijalankan adalah bisnis yang belum banyak orang yang tahu, seperti bisnis online yang akan dibangun Achmad Zaky dan beberapa temannya. Sama seperti bisnis online lainnya, atau pada saat membangun sebuah blog yang dimulai dari mencari nama dan juga domain, Bukalapak juga memulai dari hal ini.
Nama Bukalapak sendiri, memiliki makna yang sederhana, yaitu “siapa pun bisa berbisnis semudah menggelar tikar atau lapak dengan software. Siapa pun bisa berbisnis dan menjadi besar melalui internet.”

Baca juga: Kisah sukses Chandra Putra Negara.

Sama halnya saat anda mau memulai membangun sebuah blog yang tidak memiliki pengunjung atau trafik sama sekali, hal yang sama juga  terjadi pada Bukalapak pada saat awal berdirinya, Bukalapak tidak mendapatkan trafik sama sekali.

Menikmati proses dan kesabaran menjadi hal yang penting agar Bukalapak bisa dikenal, dan dibutuhkan 9 bulan sejak didirikan agar Bukalapak bisa mengalami perkembangan. Dan benar saja trafik mulai bagus dan mulai banyak pengguna dan saat itu bisa mencapai 9.000 pemakai.
Saat ini Bukalapak sudah menjadi unicorn ke empat di Indonesia, yaitu sebuah startup yang memiliki nilai minimal USD 1 Miliar dan juga menjadi salah satu e-commerce terbesar di Indonesia.

3. Cara Sukses Bisnis Achmad Zaki

Sukses pasti menghadapi banyak tantangan, hal ini juga yang dialami Founder dan juga Mantan CEO Bukalapak, Achmad Zaky, dan semangat untuk mebantu pengusaha kecil dan menengah di Indonesia menjadikan sebuah kunci sukses berkembangnya Bukalapak sampai saat ini.

Baca juga: Sukses bisnis Yoyok Rubiantono, pemuda Bantul yang mengalahkan Amazon.

Terdapat beberapa tips sukses yang dibagikan Achmad Zaky yang bisa menginspirasi semua anak Indonesia untuk bisa meraih sukses, antara lain:
  • Selalu bersikap adaptif terhadap perkembangan yang terjadi, sehingga bisa memunculkan peluang usaha yang kreatif dan juga menjawab kebutuhan masyarakat.
  • Dalam membangun bisnis harus dipikirkan manfaat apa yang bisa diberikan kepada masyarakat, dan tidak hanya untuk uang dan keuntungan saja.
  • Memiliki jiwa sociopreneurship, yaitu sensitiv terhadap masalah sekitar sebagai tanggung jawab sosial dan punya keteguhan untuk mengubahnya.
  • Selalu berlatih menghadapi dan juga mengatasi tantangan.
  • Aset perusahaan terbesar adalah karyawan, oleh karena itu karyawan harus diberikan perhatian khusus agar selalu bisa berinovasi dan juga memiliki sikap dan etika kerja yang baik.
Semoga sukses bisnis Achmad Zaky membangun Bukalapak bisa menginspirasi anda untuk membangun bisnis yang bisa bermanfaat untuk masyarakat.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel