Sukses Bisnis Andrew Darwis dengan Kaskus

Setiap orang pasti ingin sukses, namun terkadang untuk meraih sukses, kebanyakan bingung harus memulai dari mana. Tidak anda saja, semua orang pasti mengalami hal yang sama, untuk meraih sukses memang tidak ada yang tahu bagimana memulaiya, bahkan ada yag bilang, mulailah dulu apa yang harus dilakukan agar anda tahu mana yang harus segera dilakukan dan mana yang tidak. Hal ini berlaku pula dengan cerita sukses anak muda yang dulu pernah membangun sebuah komunitas di dunia maya, bahkan bisa dikatakan forum ini menjadi forum pertama di Indonesia, sebelum bermunculan berbagai e-commerce. Dan sukses bisnis Andew Darwis dengan Kaskus menjadi sebuah cerita yang bisa menginspirasi kita untuk meraih sukses.

Sebuah nasihat yang bisa kita pegang, bahwa orang pintar adalah orang belajar dari kesalahannya sendiri, sedangkan orang yang sukses adalah orang belajar dari kesalahan orang lain. Hal ini berlaku pula dengan Andrew Darwis, yang berhasil mengembangkan Kaskus. Andrew Darwis lahir pada 20 Juli 1979. Pasti ada yang mengatakan bahwa kesuksesan Andrew Darwis diraih dengan mudah Karena bantuan orang tuanya, ternyata hal ini sesuatu yang salah besar. Untuk mewujudkan mimpinya Andrew harus berjuang merintis dari nol sehingga menjadi besar seperti saat ini.

Andrew Darwis;Sukses Bisnis Andrew Darwis dengan Kaskus;
Andrew Darwis (Sumber gambar: uprint.id)

1. Sukses Bisnis di Usia Muda

Banyak hal untuk menuju sukses, salah satunya adalah memiliki hobi yang dikembangkan sehingga menjadi hal positif untuk dirinya, begitu pula dengan Andrew. Bakat Andrew yang senang mengutak-atik barang eletronik sudah terlihat sejak kecil, mendekati remaja Andrew sangat tertarik dengan dunia internet. Dan pada tahun 1997, Andrew pun berhasil membuat situs web pribadi untuk pertama kalinya.

Kisah sukses Andrew diawali setelah Andrew berhasil menyelesaikan kuliahnya di jurusan Teknik Informatika, di Universitas Binus, berbekal informasi dari teman, akhirnya Andrew  tertarik untuk kuliah di luar negeri di Seattle, dan yang menarik, untuk biaya hidup di Seattle, Andrew harus menghidupi dirinya sendiri. Dari sinilah Andrew mulai belajar tentang web programming. Keinginan kuat untuk selalu belajar menjadi salah satu ciri orang sukses yang sudah dimiliki Andrew, meskipun harus belajar di negeri orang.

Kisah Kaskus dimulai tahun 1999, saat Andrew mendapat tugas kuliah di Jurusan Multimedia dan Web Design Universitas Art Institute Seattle, saat itu berbekal dari tugas dari dosennya Andrew membuat sebuah situs pribadi, yang pada akhirnya Andrew merubah situs web pribadi yang dibuatnya menjadi situs web komunitas. Dari sini akhirnya Kaskus lahir dan menjadi sebuah ajang para mahasiswa Indoensia di Seattle dan di Amerika Serikat.

2. Sukses Bisnis Online – Kaskus

Halangan dan rintangan pasti dihadapi oleh siapa pun yang menginginkan kesuksesan bisa hadir di tangannya. Begitu pula dalam proses pengembangan Kaskus, saat itu bersama dengan dua orang temannya, Ronald dan Budi, mereka mulai mengembangkan Kaskus, meskipun saat itu hanya sebatas menerjemahkan artikel ke Bahasa Inggris yang dilakukan Ronald, sedangkan Budi memiliki tugas mengupload acara mahasiswa.

Dan ujian pun datang, Kaskus belum sukses dan belum menghasilkan menjadi kenyataan yang harus disadari saat itu, dan tahun 2000 kedua orang temanya yang membantu dalam mengembangkan Kaskus memilih keluar, dengan alasan tidak adanya keuntungan  dalam waktu 3 tahun.

Baca juga: Sukses bisnis Achmad Zakymembangun Bukalapak.

3 tahun tanpa keuntungan?. Luar biasa kesabaran yang dimiliki Andrew, bahkan Andrew sempat menjadi tukang iris tomat dan juga tukang fotokopi dokumen, hal itu dilakukan untuk bertahan hidup di Amerika dan menunggu berkembangnya Kaskus  yang dibangunnya.

Siap menghadapi proses dan kesabaran dalam melakukan bisnis menjadi sebuah kunci sukses yang sangat mahal harganya. Tetap terus berjuang, meskipun belum terlihat hasil dari Kaskus, menjadikan Andrew Darwis seorang sosok anak muda yang berkomitmen, pantang menyerah dan terus berusaha sampai apa yang dilakukannya berhasil.

3. Cara Sukses Bisnis Andrew Darwis yang Menjadikan Kaskus sebagai Situs Komunitas di Indonesia.

Bukan ciri orang sukses, bila sudah menghadapi masalah harus patah semangat, begitu pula dengan “Kaskus”, tidak akan menjadi situs besar di Indonesia, bila Founder dan Chief Community Officer dari PT. Darta Media Indonesia, Andrew Darwis saat itu patah arang dan tidak mau meneruskan apa yang diperjuangkannya. Namun semangat sukses, berani merintis dari nol, menjadikan Kaskus menjadi besar seperti saat ini.

Kerja keras Andrew Darwis terbayarkan saat tahun 2009 Kaskus bisa mendapatkan pendapatan Rp. 600 juta per bulan, sungguh pencapaian yang luar biasa, belum lagi penghargaan yang didapatkannya yang menunjukkan bahwa kerja keras tidak akan menipu hasil. Dengan dibantu Ken Dean yang saat itu menjadi CEO Kaskus Network, Kaskus menjadi sebuah perusahaan besar.

Terdapat tips sukses yang bisa diambil dari kisah sukses Andrew Darwis dalam membesarkan Kaskus, antara lain:
  • Harus memiliki semangat dan berkemauan keras.
  • Miliki passion terhadap apa yang dinginkan.
  • Harus memiliki sikap persistent.
  • Selalu belajar, belajar dan belajar.
Konsisten dan persisten menjadi kunci sukses untuk mencapai impian, juga percaya dan yakin bahwa kemampuan kita bisa menuju sukses yang diinginkannya.

Semoga sukses bisnis Andew Darwis dengan Kaskus bisa menginspirasi anda untuk tetap yakin dan bersemangat dalam meraih impian anda.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel