10 Top Destinasi Wisata Kediri

Banyak cara untuk menikmati hidup, salah satunya dengan melakukan traveling di berbagai daerah yang memiliki banyak obyek wisata, selain bisa menyegarkan pikiran, juga mengurangi dan menghilangkan rasa stress. Kali ini tujuan wisata yang akan dibahas adalah sebuah kota atau daerah yang memiliki julukan sebagai kota tahu, yaitu Kediri. Kediri memang memiliki banyak wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi, mulai dari wisata gunung, situs sejarah sampai air terjun, semua ada di Kediri. 10 top destinasi wisata Kediri ini, sengaja menyuguhkan sekelumit wisata Kediri yang akan memberi daya tarik tersendiri, agar anda tertarik berkunjung ke Kediri.

Kediri adalah sebuah daerah yang berada di Propinsi Jawa Timur, dan merupakan kota terbesar ketiga di Jawa Timur. Kediri memiliki banyak pesona alam yang akan membuat anda penasaran dengan berbagai tempat wisata yang ada di Kediri. Tempat wisata di daerah Kediri memberikan sensasi liburan yang sangat lengkap, ditambah dengan wisata sejarah, dimana Kediri pernah menjadi sebuah ibu kota Kerajaan Kediri, yaitu kerajaan Hindu pada abad ke-11.

Informasi destinasi wisata Kediri juga pernah disampaikan Gubernur Propinsi Jawa Timur saat pelepasan mudik yang bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019, dan juga ada di pesona.id. Namun, meskipun informasi ini pernah disampaikan pada tahun 2019, informasi ini masih sangat relefan untuk menjadi referensi wisata Kediri.

10 Top Destinasi Wisata Kediri

Berikut 10 destinasi wisata Kediri, yang bisa anda kunjungi, sebagai berikut:
  1. Monumen Simpang Lima Gumul.
  2. Taman Hijau Simpang Lima Gumul.
  3. Kampoeng Anggrek.
  4. Gunung Kelud.
  5. Goa Selomangleng.
  6. Sumber Ubalan.
  7. Kampung Indian.
  8. Kampung Inggris Pare.
  9. Bukit Dhoho Indah.
  10. Air Terjun Irenggolo.

1. Monumen Simpang Lima Gumul.

Tempat wisata ini menjadi salah satu tempat wisata favorit yang selalu dikunjungi para wisatawan, Monumen Simpang Lima Gumul, berada di Jalan Erlangga, Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. Tempat ini menyerupai monumen Arc de Triomphe yang berada di Paris. Bentuknya yang menarik dan juga seperti berada di Paris menyebabkan banyak wisatawan yang senang menikmati swafoto di tempat ini.

Monumen Simpang Lima Gumul;10 Top Destinasi Wisata Kediri
Monumen Simpang Lima Gumul (Sumber gambar: instagram.com/trisno_budi_utomo/)
Dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan tahun 2008, monumen ini memiliki ukiran relief yang menceritakan tentang sejarah Kediri yang terinspirasi dari kisah kepahlawanan Prabu Joyoboyo. Monumen ini sangat indah dengan dikelilingi pohon pakis hijau menambah keteduhan monumen ini.

2. Taman Hijau Simpang Lima Gumul.

Tempat wisata yang satu ini masih berhubugan dengan SLG (Simpang Lima Gumul), yaitu Taman Hijau Simpang Lima Gumul, yang berada di Jalan Raya Kediri – Plosokaten No. 163, Dadapan, Sukorejo, Kecamatan, Ngasem, Kediri. Taman ini sangat nyaman dan bersih, yang sangat cocok untuk anda yang memiliki hobi fotografi.

Taman Hijau Simpang Lima Gumul.;10 Top Destinasi Wisata Kediri
Taman Hijau Simpang Lima Gumul (Sumber gambar: radarkediri.jawapos.com)
Sebagai salah satu kebanggaan warga Kediri, Monumen berikut Taman Simpang Lima Gumul ini tentunya menjadi tempat wisata menarik untuk dikunjungi.

3. Kampoeng Anggrek.

Satu lagi tempat wisata di Kediri yang bisa anda kunjungi selain Gunung Kelud yaitu Kampoeng Anggrek,  lokasi tempat wisata ini berada di kaki Gunung Kelud, tepatnya di Dusun Sumber Petung, Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kediri. Sebagai tempat wisata anggrek, tempat memiliki berbagai ragam jenis dan macam bunga anggrek yang beraneka ragam.

Kampoeng Anggrek;10 Top Destinasi Wisata Kediri
Kampoeng Anggrek (Sumber gambar: pesonajatim.com)
Di tempat ini, selain anda bisa melihat budidaya anggrek, anda juga melihat proses pembibitan dan juga proses pemasaran anggrek. Anda juga bisa melihat laboratorium anggrek dengan kultur jaringan yang luas lahan anggreknya mencapai 400 hektar. Dan yang menarik, koleksi anggreknya mencapai 20 spesies, yaitu dedrobium, phalaenopsis dan berbagai jenis spesies anggrek lainnya.

4. Gunung Kelud.

Ini dia wisata legendaris di Kediri, Wisata Gunung Kelud. Sejak meletus tahun 2014, kini Gunung Kelud semakin menarik dengan berbagai spot wisata yang membuat anda ingin selalu mengabadikan suasana indah Gunung Kelud. Gunung Kelud berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Malang dan Blitar.

Wisata Gunung Kelud;10 Top Destinasi Wisata Kediri
Wisata Gunung Kelud (Sumber gambar: biniswisata.co.id)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Kabupaten Tulungagung.

Gunung Kelud yang sekarang berbeda dengan Gunung Kelud yang dulu, saat ini Gunung Kelud telah di bagi menjadi tiga zona, yaitu :
  • Zona Sirkuit Kelud untuk wisata sporty, disini anda bisa melihat keindahan Kawah Gunung Kelud diantara Puncak Gajah Mungkur, Puncak Kelud dan Puncak Sumbing.
  • Zona Agrowisata Margomulyo, yang memberikan berbagai keindahan dengan pemandangan tanaman bunga.
  • Zona Produksi, di zona ini anda bisa menikmati kelezatan kuliner dan juga tempat oleh-oleh.
Gunung Kelud juga memberikan keindahan wisata yang harus anda nikmati, yaitu Puncak Gunung Kelud, Mystery Road Gunung Kelud, Flying Fox Gunung Kelud, Agrowisata Gunung Kelud, dan juga Kampung Durian.

5. Goa Selomangleng.

Goa Selomangleng, adalah sebuah tempat wisata yang termasuk situs bersejarah di Kediri dan merupakan warisan sejarah Raja Airlangga. Gunung ini berada di kaki Gunung Klotok atau berada di Jalan Mastrip, Pojok, Mojoroto, Kediri.

Goa Selomangleng;10 Top Destinasi Wisata Kediri
Goa Selomangleng (Sumber gambar: Pesonaindo)
Di sekitar gua terdapat sebuah museum yang menyimpan berbagai benda bersejarah salah satunya adalah relief yang terukir di batu andesit dan merupakan jejak Panji di Kediri. Dahulu Goa Selomangleng adalah sebuah tempat pertapaan Dewi Kilisuci yang merupakan putri mahkota dari Raja Airlangga yang menolak tahta kerajaan yang diwariskan kepada Dewi Kilisuci.

6. Sumber Ubalan.

Satu lagi tempat wisata di Kediri yang harus anda kunjungi, yaitu Sumber Ubalan, tempat wista ini berada di Desa Jarak, Kecamatan Plosoklaten, Kediri. Tempat ini menjadi tempat yang sangat menarik, selain karena keindaahnnya juga terdpat taman yang ditumbuhi banyak pepohonan.

Sumber Ubalan;10 Top Destinasi Wisata Kediri
Sumber Ubalan (Sumber gambar: instagram.com/wisatakabupatenkediri/)
Sebagai tempat wisata yang menarik, Sumber Ubalan, menjadi tempat wisata yag selalu dikunjungi para wisatawan, dikarenakan kejernihan air yang mejadi daya traik utamanya.

7. Kampung Indian.

Berbicara tentang tempat wisata di Kediri, maka Kampung Indian, sepertinya menjadi tempat wisata yang harus anda kunjungi saat anda di Kediri. Tempat wista ini erada di Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kediri. Kampung Indian ini adalah kampung dengan replika suku Indian.

Kampung Indian;10 Top Destinasi Wisata Kediri
Kampung Indian (Sumber gambar: satulensa.com)
Karena konsepnya adalah replika, maka m,ulai dari rumah, pakaia adat sampai tarian poun semuanya mengambil konsep seperti Suku Indian asli. Tempat wisata inididirikan Agustus 2017.

8. Kampung Inggris Pare.

Kampung Inggris Pare adalah sebuah daerah atau tempat belajar Bahasa Inggris, dikatakan Kampung Inggris, disebabkan terdapat tempat kursus yang khusus mengajarkan Bahasa Inggris. Kampung ini berada di Jalan Kemuning No. 62, Tulungrejo, Pare, Kediri.

Kampung Inggris Pare;10 Top Destinasi Wisata Kediri
Kampung Inggris Pare (Sumber gambar: www.tribunnews.com)
Baca juga: 10 Top Destinasi Wisata Blitar.

Di tempat ini anda bisa belajar bahasa Inggris, dan yang menarik, juga unik, penduduk di Desa Tulungrejo ini juga menggunakan Bahasa Inggris dalam kegiatan sehari-hari, hal ini dilakukan sebagai dukungan masyarakat dengan adanya Kampung Inggris yang juga mendongkrak ekonomi masyarakat.

9. Bukit Dhoho Indah.

Tempat yang satu ini menjadi tempat wisata yang sayang bila tidak dikunjungi, yaitu Bukit Dhoho Indah, yang berada di Gondang Tiron, Banyakan, Kediri. Tempat wisata ini juga disebut Taman Hammock, karena banyaknya hammock yang disediakan di taman ini.

Bukit Hammock Dhoho Indah;10 Top Destinasi Wisata Kediri
Bukit Hammock Dhoho Indah (Sumber gambar: dakatour.com)
Tempat ini menjadi tempat hits dikalangan anak muda, karena Bukit Hammock Dhoho Indah memiliki pemandangan yang indah, yang cocok bagi anda yang memiliki hobi fotografi. Terdapat banyak aktivitas lain yang bisa anda lakukan selain menikmati hammock, yaitu bersantai sambil memancing di kolam pemancingan, taman bermain anak, kebun binatang mini, area outbond, naik motor ATV, dan juga nongkrong di gazebo.

10. Air Terjun Irenggolo.

Wisata alam yang satu ini menjadi tempat wisata wajib yang harus anda kunjungi saat singgah di Kediri, Air Terjun Irenggolo, berada di Jalan Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kediri. Konon katanya nama Irenggolo berasal dari nama seorang panglima tentara bernama Iro Manggolo, yang kemudian bertapa di air terjun ini sampai meninggal.

Air Terjun Irenggolo;10 Top Destinasi Wisata Kediri
Air Terjun Irenggolo  (Sumber gambar: instagram.com/ttoneeton/)
Air terjun memiliki bentuk seperti anak tangga, dengan ketinggian 80 meter dan dengan kemiringan 45 derajat.

Itu dia, sekelumit informasi tentang 10 top destinasi wisata Kediri yang bisa anda kunjungi. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi, saat anda ingin menikmati wisata di Kediri. Terima kasih.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel