Sukses Bisnis Chairul Tanjung Bos CT Corp

Satu lagi kisah sukses yang bisa menginspirasi anak muda Indonesia untuk menggapai mimpi. Keinginan untuk sukses harus dibarengi dengan upaya keras untuk mencapainya, namun yang sering terjadi adalah keengganan untuk berupaya dan mencoba, menjadi batu sandungan terbesar bagi siapa pun yang ingin mengejar kesuksesan tersebut. Siapa pun orangnya pasti ingin sukses dengan cepat, cepat kaya, cepat punya uang banyak, namun semua impian itu hanya semu belaka tanpa adanya kerja keras untuk meraihnya. Sepertinya sukses bisnis Chairul Tanjung Bos CT Corp harus anda baca, khususnya anda yang ingin meraih sukses bisnis.

Tidak ada bisnis yang instant, semua memerlukan proses, dan pada point inilah semua orang diuji kesabarannya untuk mau menikmati proses. Kesabaran, keteguhan, keuletan menjadi salah satu kunci sukses yang harus dimiliki setiap orang yang ingin sukses.

Begitu pula dengan orang sukses dan salah satu orang kaya di Indonesia, Chairul Tanjung, nama ini sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Kesuksesan yang diraihnya tidak diraih dengan mudah, bahkan untuk memperolehnya harus dengan perjuangan keras. Hal inilah yang menjadikan Chairul Tanjung menjadi sosok yang menginspirasi para entreprenur muda untuk meraih mimpinya.

Chairul Tanjung;Sukses Bisnis Chairul Tanjung Bos CT Corp
Chairul Tanjung (Sumber gambar: blogsangpemenang.blogspot.com)


1. Memulai Bisnis dari Nol.

Sebagai seorang anak yang lahir di Jakarta 16 Juni 1962 lalu ini dan  dalam kondisi keluarga biasa, apalagi sejak tempat bekerja ayahnya ditutup, yang menyebabkan kondisi ekonomi keluarga jatuh yang mengharuskan orang tuanya menjual rumahnya, dana harus tinggal dalam sebuah losmen kecil yang harus dihuni seluruh keluarganya dengan jumlah delapan orang (orang tua dan saudanya). Dan akhirnya karena tidak kuat membayar sewa losmen, mereka pindah ke sebuah daerah yang disebut dengan Gang Abu, Batutulis, Jakarta yang merupakan rumah nenek Chairul Tanjung.

Meskipun dalam kondisi terbatas, Chairul Tanjung tetap memutuskan untuk bersekolah sampai jenjang perguruan tinggi dan tidak tanggung-tanggung, bahkan bisa masuk Jurusan Kedokteran Gigi di Universitas Indonesa dan bisa lulus pada tahun 1987. Pada saat kuliah itulah, otak bisnisnya muncul, dan untuk memenuhi kebutuhan kuliah, dirinya mencoba bisnis kecil-kecilan mulai berjualan buku, kaos hingga fotokopi.

2. Sukses di Usia Muda dan Membangun CT Corp

Keinginan dan juga motivasi sukses bisnis membuat Chairul Tanjung mencoba masuk dalam bisnis, dan bisnis yang diseriusinya saat itu adalah toko yang menjual peralatan kodokteran dan juga laboratorium di daerah Senen, Jakarta Pusat, namun sayangnya pada kemudian hari toko tersebut bangkrut. Tidak menyerah, kemudian Chairul Tanjung membangun bisnis, bekerjasama dengan rekan-rekannya membangun bisnis ekspor sepatu anak-anak dengan nama, PT. Pariarti Shindutama, bisnis tersebut sangat bagus bahkan mendapat pesanan dalam jumlah besar dari Italia, namun karena terdapat perbedaan pandangan dan ketidak sesuaian hati, Chairul Tanjung memutuskan untuk berpisah.

Baca juga: Sukses Bisnis Bob Sadino, membangun "Kem Chicks".

Dengan kepiawaiannya dalam menjalin relasi, akhirnya Chairul Tanjung mendirikan Para Group dengan sebuah perusahaan payung dengan nama “Para Inti Holdindo”. Bisnis yang menjadi fokusnya adalah keuangan, multimedia dan properti, dan pada semua bidang tersebut terdapat perusahaan di bawah perusahaan payung tersebut. Banyak hal yang dilakukannya untuk mengembangkan bisnis yaitu dengan mengakuisisi Bank Karman dan berubah menjadi Bank Mgea, membeli saham Carrefour, bahkan pada 1 Desember 2011 Chairul merubah nama Para Group menjadi CT Corp, yang saat ini memiliki tiga anak perusahaan yaitu Mega Corp, CT Global Resources dan juga Trans Corp.

3. Cara Sukses Bisnis Chairul Tanjung

Dan benar saja, pada akhirnya Chairul Tanjung menjadi orang sukses, dari yang duunya hanya seorang pedagang serabutan sampai menjadi Menko Perekonomian, bahkan juga menjadi orang terkaya ke-6 di Indonesia (posisi tahun 2010).

Terdapat tips sukses dari orang yang pernah jatuh bangun membangun bisnisnya ini, sebagai berikut:
  • Modal utama seorang pengusaha adalah jangan cengeng dan jangan mudah menyerah.
  • Bekerjalah 2/3x lebih banyak dari orang lain, karena usaha tidak pernah membohongi hasil.
  • Gagal itu makanan sehari-hari dan itu hal biasa, yang penting adalah bagaimana menyikapinya. Evaluasi. Bangkit. Gagal lagi?. Bangkit lagi.
  • Jangan berpikir uangnya dulu, entar kerjanya gak jadi, kerja dulu yang bagus, entar uangnya bakal datang.
  • Ibu adalah kunci kesuksesan saya, setiap kali saya ingin mengambil langkah, saya selalu minta doa restu pada ibu.
Terdapat catatan khusus untuk sukses yang diberikan Chairul Tanjung, yaitu Percayalah, usaha tidak akan mengkhianati hasil. Masing-masing dari kita memiliki waktu yang sama, 24 jam dalam sehari, 7 hari dalam seminggu, 365 hari dalam setahun. Namun ada orang yang sukses dan ada yang gagal.
Ada yang bersyukur dengan cara memanfaatkan waktu 24 jam dalam sehari yang dipakai untuk bekerja keras. Dan yang kufur, dikasih waktu 24 jam dipakai untuk leha-leha dan malas-malasan. Maka jika anda mengharapkan kesuksesan yang besar, maka berusahalah lebih besar di atas rata-rata orang lain.

Masih menurut Chairul Tanjung, :
“Jika kamu selalu memikirkan uangnya, kamu tidak akan mendapatkan hasil, biarkan mengalir dan lakukan terbaik dan sesuai passionmu, maka uang akan mengikutimu”.
Itu dia sedikit motivasi dan sukses bisnis Chairul Tanjung Bos CT Corp, semoga bisa menginspirasi kita untuk meraih sukses yang kita impikan.


Sumber ide:
- Instagram.com/rintisanstartup/.
- Instagram.com/5amsuccess/.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel