10 TOP KULINER PACITAN

Kuliner masih menjadi hal menarik untuk dilakukan, selain bisa menjadi hobi, bagi anda yang senang menikmati wisata kuliner, tentunya hal ini akan menjadi sangat menyenangkan, apalagi selain bisa menikmati kuliner, anda bisa sekalian melakukan traveling. Bisa dikatakan sambil menyelam minum air, sambil traveling juga kulineran. Sangat menyenangkan sekali. Kali ini tema kuliner akan menjelajah sebuah daerah di ujung barat, yaitu Pacitan. “10 Top Kuliner Pacitan” menjadi sebuah ide menarik untuk dibahas, apalagi bagi anda yang belum pernah singgah di kabupaten yang memiliki banyak pesona alam ini.

Pacitan sendiri adalah sebuah daerah yang berada di ujung barat  dari Propinsi Jawa Timur. Secara umum, sebagian besar wilayah Pacitan merupakan pegunungan kapur, dan merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Kidul. Dengan alamnya yang kebanyakan merupakan pegunungan kapur, maka wajar kalau Pacitan memiliki tempat yang menarik untuk dikunjungi sebagai obyek wisata, seperti gua, pantai atau juga obyek wisata buatan yang mulai dikembangkan saat ini.

Berbicara tentang kuliner, maka Pacitan juga memiliki kuliner andalan yang bisa anda coba. Kali ini saya mencoba meng-eksplore beberapa kuliner andalan Pacitan, dengan sumber dari Pesonaid_Travel, yang juga sempat disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur, pada saat acara mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 2019 yang lalu. Namun karena kuliner ini selalu ada, maka tidak salah kalau pada kesempatan ini saya mencoba untuk menyampaikan kembali sebagai referensi anda, kalau ingin berkunjung ke Pacitan. Masih khawatir karena wabah virus corona?. Jangan khawatir, yakin saja virus ini segera berlalu, dan anda segera bisa menikmati hobi traveling dan kuliner.

10 TOP KULINER PACITAN

Berikut 10 Top Kuliner Pacitan yang bisa anda kunjungi:

10 TOP KULINER PACITAN


1. Nasi Tiwul

Bagi kita yang belum tahu apa itu tiwul, maka tiwul adalah makanan tradisional khas Jawa yang terbuat dari singkong yang telah dikeringkan. Singkong sendiri sangat banyak di Pacitan. Di Pacitan, nasi tiwul disajikan dengan beberapa lauk seperti ikan kelong goreng, dengan sayur tahu tempe ditambah lagi dengan sambal. Ikan kelong adalah anak ikan hiu yang dipotong menjadi beberapa bagian.

Nasi Tiwul
Nasi Tiwul (Sumber Gambar: ksmtour)
Nasi tiwul menjadi sebuah makanan khas Pacitan, karena dahulu sangat sulit untuk menikmati nasi, sehingga sebagai penggantinya menggunakan singkong. Di Pacitan banyak sekali tempat kuliner yang menyediakan masakan ini. Anda tinggal mampir di berbagai sudut kota dan menikmati sajian nikmat kuliner khas Pacitan.

2. Kupat Tahu

Selain nasi tiwul, masih ada kuliner Pacitan yang bisa dicoba yaitu kupat tahu. Kupat tahu adalah makanan dengan bahan dasar ketupat, tahu goreng dan bumbu kacang. Namun kalau tidak ada ketupat, biasanya diganti dengan lontong. Kenikmatan kupat tahu khas Pacitan memang berbeda dibanding kupat tahu dari daerah lain, kupat tahu Pacitan, menggunakan gula jawa, ditambah kecap kental ditaburi dengan kacang goreng utuh.

Kupat Tahu
Kupat Tahu (Sumber Gambar: putratravel)
Baca Juga: 10 Top Kuliner Ngawi.

Rahasia dan menjadi ciri khas kupat tahu Pacitan didapatkan dari kuah kecap yang kental, menjadikan rasanya yang manis dengan adanya rasa gurih dari bawang putih. Kupat tahu juga menjadi makanan khas Presiden RI Ke-6 yaitu Bapak SBY (Susilo Bambang Yudoyono).

3. Soto Pacitan

Setiap daerah pasti memiliki kuliner andalan, begitu juga dengan Pacitan, juga memiliki kuliner soto andalan. Pacitan juga memiliki soto yang disebut Soto Pacitan. Bentuknya memang unik, karena adanya pemakaian seledri, bawang goreng dan juga kacang tanah yang digoreng. Soto Pacitan menggunakan ayam kampung, dengan kuahnya yang bening dan segar.

Soto Pacitan
Soto Pacitan (Sumber Gambar: pacitanku.com)
Warna kuahnya yang bening dikarenakan Soto Pacitan tidak menggunakan santan, sehingga saat ditambahkan kecap, kuahnya akan berubah menjadi coklat tua, dengan aroma yang harum dan rasanya menjadi gurih dan manis.

4. Sego Godhong Jati

Satu lagi kuliner khas Pacitan yaitu Sego Godhong Jati, yaitu nasi yang dibungkus dengan menggunakan daun jati. Dulu nasi ini dibuat saat ada hajatan, khususnya pernikahan sebagai berkat bagi orang-orang yang menyumbang.

Sego Godhong Jati
Sego Godhong Jati (Sumber Gambar: anekawisataseru)
Isi sego godhong jati yatu nasi ditambah dengan sayur urap, tumis tempe, dengan lauk ikan asin dan juga peyek ditambah dengan srundeng kelapa. Kuliner ini sempat menjadi viral karena banyak yang kangen dengan kuliner tradisional ini. Anda bisa menjumpainya di jalanan menuju Kecamatan Arjosari atau di warung Mbak Tini, depan pabrik rokok Sampoerna di Kelurahan Sidoharjo.

5. Jadah Bakar

Anda mencari cemilan khas Pacitan?. Rasanya kuliner yang satu ini bisa menjadi pengobat kangen anda. Jadah bakar, yaitu jadah yang dibakar, jadah sendiri adalah makanan berbentuk segi empat yang terbuat dari beras yang dimasak dengan santan, kemudian ditumbuk sampai bentuknya halus, baru kemudian dibentuk kotak.

Jadah Bakar
Jadah Bakar (Sumber Gambar: www.wisataku.id)
Anda bisa mendapatkan kelezatan jadah bakar ini di Alun-alun Pacitan, dengan duduk santai menikmati jadah bakar dengan gula pasir.

6. Tahu Tuna

Selain cemilan di atas, masih ada cemilan lagi yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh yaitu tahu tuna. Tahu tuna adalah tahu yang ditambahkan isian, berupa isian tepung yang dicampur dengan sari ikan tuna beserta bumbu. Anda bisa mendapatkan tahu tuna ini dipusat oleh-oleh yang tersebar di daerah Pacitan.

Tahu Tuna (Sumber Gambar: pacitanku.com)

7. Jenang Pacitan

Selain oleh-oleh seperti diatas, masih ada lagi jajanan yang bisa dibawa pulang, yaitu jenang khas Pacitan. Jenang ini memiliki warna yang sangat khas, yaitu warna coklat tua, dengan rasanya yang manis dan kenyal, ditambah sensasi wijen. Jenang khas Pacitan ini memang sedikit berbeda dibanding jenang lainnya, jenang khas Pacitan memiki keunggulan, yang memiliki sensasi rasa tidak terlalu manis, lembut dimulut dam tidak terlalu kenyal.

Jenang Pacitan
Jenang Pacitan (Sumber Gambar: pacitanku.com)
Jenang khas Pacitan dibuat dari tepung beras, tepung ketan, santan dan juga gula merah. Jenang ini hanya bertahan tidak lama, mungkin hanya sampai satu minggu, karena tidak menggunakan bahan pengawet. Anda bisa mendapatkan jenang khas Pacitan ini di “Citro Roso” yang terletak di Jalan KH. Maghribi Arjowinangun.

8. Sale Anggur

Diantara ragam oleh-oleh khas Pacitan yang memilki bentuk unik, ya jenis makanan ini, memiliki bentuk seperti kumpulan anggur warna warni, menjadikan daya tarik tersendiri untuk oleh-oleh “Sale Anggur” ini. Sale anggur ini sebenarnya adalah sale pisang yang merupakan makanan khas di Pacitan, yang terbuat dari pisang manis yang dikeringkan secara alami, kemudian dimasak tanpa menggunaan bahan pengawet, dan bisa tahan sampai beberapa bulan.

Sale Anggur
Sale Anggur (Sumber Gambar: ksmtour.com)

9. Sego Gobyos

Kuliner ini menjadi salah satu kuliner khas Pacitan, “Sego Gobyos”, cocok bagi anda yang yang menyukai selera pedas. Disebut gobyos karena saat menikmati kepedasan nasi ini, tubuh akan terasa panas, sehingga akan penuh dengan keringat sampai gobyos.

Sego Gobyos
Sego Gobyos (Sumber Gambar: Instagram foods_jatim)
Baca Juga: 10 Top Kuliner Nganjuk.

Dalam satu porsi sego gobyos, terdiri atas sajian kuliner nikmat dan sederhana, yaitu nasi ditambah sayur daun kenikir, aneka lauk, anda bisa memilih sendiri sesuai dengan pilihan anda, bisa tahu, tempe bacem, kerupuk atau kare ayam, yang membuat pedas berasal dari kuahnya yang sangat pedas.

10. Kolong Klitik

Tertarik dengan cemilan oleh-oleh lainnya?. Sepertinya kolong klitik bisa menjadi pilihan anda. Cemilan ini adalah jajanan yang terbuat dari ketela pohon. Rasanya yang khas, renyah dan gurih membuat anda tidak bisa berhenti untuk menikmati camilan ini.

Kolong Klitik
Kolong Klitik (Sumber Gambar: pacitanku.com)
Semoga 10 Top Kuliner Pacitan ini menjadi referensi kuliner saat anda menikmati traveling ke Pacitan.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel