TRAVELING KE YOGYAKARTA: “CANTIKNYA CANDI PRAMBANAN”

Perjalanan ke Yogyakarta kali ini, sangat berbeda dibanding perjalanan ke Yogyakarta beberapa tahun sebelumnya. Kali ini perjalanan wisata ke Yogyakarta lebih banyak mengunjungi tempat tujuan sejarah, sekaligus memberikan informasi dan pengetahuan pada anak-anak tentang sejarah

Sebagai salah satu cagar budaya dan candi yang selalu menarik perhatian untuk dikunjungi, maka  “Candi Prambanan”,   menjadi salah satu tempat wisata yang juga berfungsi sebagai tepat wisata edukasi dan tempat wisata yang menunjang bisnis daerah. Anda bisa mengunjungi candi setelah mengikuti alur perjalanan dari Istana Ratu Boko. Sebagai tempat wisata sejarah yang memiliki keindahan, kompleks candi ini berada di Kecamatan Prambanan, Sleman dan Kecamatan Prambanan Klaten, kurang lebih 17 kilometer dari Yogyakarta. Letak Candi Prambanan termasuk unik karena masuk pada dua wilayah, Candi Prambanan sendiri masuk wilayah Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk Kompleks Candi Prambanan ini masuk wilayah Desa Tlogo, Prambanan, Klaten.

TRAVELING KE YOGYAKARTA: “CANTIKNYA CANDI PRAMBANAN”
Keindahan Suasana di Candi Prambanan


Traveling Murah Ke Yogyakarta

Candi Prambanan adalah sebuah bangunan candi yang sangat bagus yang dibangun pada abad ke-10 pada masa pemerintahan dua raja, yaitu Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Candi ini menunjukkan kejayaan Hindu di Jawa dan berdiri dengan ketinggian 47 meter.

Traveling Murah Ke Yogyakarta
Candi Prambanan
Candi Prambanan memiliki tiga candi di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Candi Brahma dan Candi Siwa. Tiga candi ini merupakan lambang Trimurti dalam keyakinan Agama Hindu. Tiga candi ini menghadap ke timur. Menarik melihat keindahan Istana Ratu Boko ini, terdapat candi pendamping yang mendampingi candi utama yang menghadap ke barat, yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma , dan Garuda untuk Wisnu. Selain candi-candi tersebut terdapat beberapa candi yaitu 2 candi apit, 4 candi kelir dan 4 candi sudut ditambah lagi dengan 224 candi di halaman kedua.

Baca Juga:


Liburan Wisata Yogyakarta

Terdapat kisah yang menarik yang ada di relief Candi Prambanan, yaitu tentang Kisah Ramayana. Menurut para ahli, relief yang terdapat pada Candi Prambanan mirip dengan Cerita Ramayanan melalui cerita lisan.

Liburan Wisata Yogyakarta
Foto dari jauh Candi Prambanan
Selain cerita tentang Ramayana, terdapat cerita lain yang bisa terlihat pada relief Candi Prambanan, yaitu berbagai relief burung. Relief burung di Candi Prambanan ini tampak natural, sehingga para biolog mengidentifikasi sampai pada tingkatan genus. Diantaranya tentang relief Kakatua Jambul Kuning.

Liburan Wisata Yogyakarta
Salah Satu Anak Candi Prambanan
Selain cerita tentang relief-relief tersebut, banyak cerita-cerita lain yang bisa digali pada relief Candi Prambanan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel