DAFTAR SNMPTN 2020 UNTUK KIP KULIAH AKAN DITUTUP

Melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi pasti menjadi harapan dan idaman bagi siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan dari jenjang SMU dan sederajat. Salah satu cara untuk masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan adalah melalui pendaftaran SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2020. Nah bagi anda para calon mahasiswa yang dikategorikan dari keluarga mampu mungkin tidak menjadi masalah, namun bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu, anda bisa menggunakan KIP-Kuliah. Namun hendaknya anda harus segera mengurus kartu ini, karena daftar SNMPTN 2020 untuk KIP Kuliah akan ditutup.

Semangat, itu satu kata bagi anda yang ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. Jangan khawatir tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi negeri idaman, meskipun anda dari keluarga kurang mampu, karena Pemerintah sudah memberikan fasilitas untuk anda yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan syarat anda harus mengurus Kartu Indonesia Pintar (KIP-Kuliah). Namun sayangnya anda harus segera mengurus karena pendaftaran SNMPTN 2020 dengan fasilitas KIP Kuliah ini akan segera ditutup pada tanggal 31 Maret 2020.

DAFTAR SNMPTN 2020 UNTUK KIP KULIAH AKAN DITUTUP
KIP Kuliah (Sumber Gambar: makassar.tribunnews.com)

1. SNMPTN 2020 Jalur Masuk Perguruan Tinggi Tanpa Tes

Banyak sekali cara untuk masuk perguruan tinggi yang tentunya melalui berbagai banyak jenis tes, seperti SNMPTN, SBMPTN dan juga ujian mandiri. SNMPTN menjadi salah satu jenis ujian yang akan kita bicarakan. SNMPTN atau singkatan dari Seleksi Nasional Mausk Perguruan Tinggi, biasa disebut dengan jalur undangan, karena proses untuk masuk hanya menggunakan nilai rapor saja dan tidak menggunakan tes tulis.

Baca Juga: Google Classroom, Solusi Praktis Belajar Online.

Melihat nama tes ini, tentunya jalur undangan atau SNMPTN ini, hanya diberikan bagi murid yang memiliki nilai baik di sekolahnya, sehingga tidak semua murid bisa mengikuti jalur ini, ditambah lagi setiap sekolah hanya mendapatkan kuota sesuai dengan akreditasi sekolahnya. Selain kuota tersebut masih ada syarat lainnya, misalnya nilai yang dipakai untuk peringkat adalah rapor pada semester 1 sampai semester 5 pada mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris ditambah mata pelajaran sesuai jurusan yang diambil.

Selain itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa masuk melalui jalur tes ini, yaitu usahakan nilai yang dipersyaratkan tidak naik turun atau minimal stabil.

2. KIP Kuliah Cara Mudah Melanjutkan Kuliah Bagi Kelurga Kurang Mampu

KIP Kuliah merupakan salah satu program pemerintah untuk mengurangi beban biaya masyarakat yang kurang mampu agar bisa melanjutkan pendidikan lebih tinggi pada jenjang perguruan tinggi. Untuk bisa mengikuti atau mendaftar KIP Kuliah Tahun 2020 anda bisa melakukan pendaftaran di website resmi Kemendikbud dengan alamat https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Pembukaan pendaftaran ini sudah dilaksanakan sejak tanggal 2 Maret 2020 dan akan segera ditutup pada tanggal 31 Maret 2020.

Cara mendaftarnya pun sangat mudah, bisa membuka alamat website KIP seperti di atas atau melalui aplikasi KIP Kuliah. Anda tinggal mengisi NISN, NIK, NPSN dan juga alamat email anda. Baru kemudian dilakukan validasi data, setelah berhasil. Sistem akan mengirimkan Nomor Pendaftaram dan juga Kode Akses ke alamat email anda.

3. Solusi Apabila NIK dan NISN Tidak Terbaca Sistem KIP Kuliah

Masa pendaftaran KIP Kuliah akan segera ditutup, pengalaman yang terjadi selama ini, begitu pendaftaran akan ditutup maka para pendaftar banyak berbondong-bondong untuk mendaftar. Ditambah lagi dengan beberapa kendala yang muncul saat mendaftar, misalnya saat memasukkan data NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan juga NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) pada laman sistem KIP Kuliah yang tidak sesuai dengan DAPODIK (Data Pokok Pendidikan) Kemendikbud.
Solusi yang bisa dilakukan menurut Plt Dikti (Dirjen Pendidikan Tinggi) Kemendikbud Nizam, apabila terkait NIK, NISN dan juga NPSN  yang tidak sesuai bisa menghubungi DAPODIK melalui sekolah.

Semoga proses pendaftaran SNMPTN bisa berjalan lancar, meskipun saat ini terjadi wabah virus Corona. Dan semoga informasi tentang “daftar SNMPTN 2020 untuk KIP Kuliah yang akan ditutup” ini bermanfaat dan bisa memberikan informasi bagi anda yang masih belum mengurus KIP Kuliah. Terima kasih.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel