Seduh Kopi Manual

Kopi, sajian minuman ini memang memiliki daya tarik terseniri, bagaimana tidak, banyak pecinta kopi belum bisa melakukan aktivitasnya di pagi hari kalau belum menikmati kopi. Kopi memang memberikan efek semangat yang disebabkan adanya kandungan kafein dalam kopi. Tidak seperti biasanya, kali ini kita akan membahas seduh kopi manual yang bisa memberikan informasi untuk anda bila ingin menyeduh kopi secara mnual. Sebenarnya bisa saja anda menikmati di coffee shop favorit anda, namun di kala anda harus di rumah seperti saat ini, tentunya menyeduh kopi sendiri menjadi bagian aktivitas yang harus anda lakukan.

Dari berbagai referensi terdapat banyak cara menyeduh kopi secara manual, dan ini yang menarik dan bisa menjadi referensi di kala ingin menikmati kopi. Manual brew adalah cara menyeduh kopi yang sangat populer dalam kehidupan sehari-hari tanpa menggunakan bantuan mesin. Hal yang perlu diketahui dalam menyeduh kopi secara manual adalah menyeduh kopi adalah suatu proses untuk mengeluarkan rasa dan aroma terbaik dari ekstraksi kopi.

Meskipun belum memahami tentang teknik manual brewing, minimal anda tahu tentang tujuan membuat kopi nikmat dengan teknik manual brewing atau menyeduh kopi secara manual, yaitu untuk mendapatkan cita rasa kopi yang sesuai dengan cita rasa yang diinginkan. Terdapat lima teknik seduh kopi manual yang bisa anda pelajari dan anda lakukan, antara lain:
  1. Metode tubruk.
  2. Dengan pour over (V60)
  3. Menggunakan Vietnam Drip.
  4. Teknik press.
  5. Moka Pot.
Kelima teknik tersebut menjadi teknik yang paling banyak digunakan untuk mendapatkan kopi dengan cara seduh kopi manual.

1. Tubruk

Metode ini adalah cara membuat kopi paling sederhana dan sangat sering dilakukan dan populer dalam kehidupan masyarakat. Caranya sangat mudah, kopi tinggal diseduh langsung (ditubruk) dengan air panas tanpa menggunakan alat kopi modern.

Metode tubruk;Tubruk;Seduh Kopi Manual;
Metode tubruk
Baca Juga: 

2. Pour Over (V60).

Teknik pour over merupakan sebuah teknik menyeduh kopi secara manual dengan mengalirkan air pada bubuk kopi melalui sebuah filter, dan air seduhan kopi akan langsung turun ke gelas saji.

Pour Over (V60);Seduh Kopi Manual;
pixabay.com

3. Vietnam Drip

Metode menyeduh kopi dengan vietnam drip dilakukan dengan cara meletakkan vietnam dripper, berupa alat saring yang menyerupai gelas kecil tempat bubuk kopi diseduh. Untuk menikmati kopi nikmat melalui seduhan manual ini, akan membutuhkan waktu yang lama, karena air kopi akan turun setetes demi setetes melewati saringan kopi.

Vietnam Drip;Seduh Kopi Manual;
pixabay.com

4. Press

Teknik press biasanya menggunakan alat, berupa French Press atau Aeropress, cara menyeduh kopinya dilakukan dengan cara di press atau ditekan dengan menggunakan salah satu alat press tersebut.

Press;Seduh Kopi Manual;
pixabay.com

5. Moka Pot

Alat ini menjadi sebuah alat kopi terkenal di Italia dan setiap rumah tangga di Italia dipastikan memiliki alat membuat espresso tradisional ini, pada prosesnya alat ini menggunakan tekanan untuk mengektraksi kopi.

Moka Pot; Seduh Kopi Manual;
pixabay.com
Itu dia cara mendapatkan kopi nikmat dengan teknik seduh kopi manual. Semoga informasi tentang membuat kopi secara manual ini bermanfaat bagi anda. Terima kasih.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel