Prediksi Tren Kuliner 2020 Pasca Corona

Wabah virus corona covid-19 masih menjadi topik bahasan bagi semua kalangan di Indonesia, begitu pula dengan pengusaha kuliner yang sangat terimbas dengan wabah virus ini. Bagaimana tidak?. Dengan adanya wabah ini, menjadikan para pengusaha kuliner harus memutar otak agar bisnisnya bisa bertahan, dan juga agar terhindar dari kebangkrutan. Kondisi ini juga merubah sedikit peta prediksi tren kuliner 2020, yang sebelumnya sudah dipetakan, menjadikan pola yang berubah, begitu pula dengan prediksi tren kuliner 2020 pasca corona. Namun, keyakinan dan semangat yang tumbuh pada jiwa seorang pengusaha akan terus tumbuh selama masih adanya peluang untuk berbisnis.

Pada akhir Desember 2019, sebenarnya prediksi tren kuliner tahun 2020 sudah diperkirakan tidak jauh berbeda dengan tren kuliner tahun 2019, yang didominasi munculnya kuliner boba dan all you can eat, ditambah dengan mulai sadarnya masyarakat dengan makanan dan pola hidup sehat, sehingga banyak café dan tempat kuliner yang menyediakan menu makanan sehat dan bahkan untuk mereka yang menganut pola hidup vegetarian.

Di Januari 2020, para penyedia jasa delivery online yang memberikan aplikasi kerjasama pengambilan makanan juga memberikan sebuah sinyal adanya kuliner yang semakin meningkat di tahun 2020, yaitu ada pada kuliner nasi telur, bubur ayam dan juga lauk ikan. Hal ini berlaku pula untuk kuliner cemilan, posisi yang meningkat terdapat pada tahu, bakwan dan juga donat. Hal ini didasarkan pada data dan survey yang telah dikumpulkan GoFood pada kisaran tahun 2019.

Prediksi Tren Kuliner 2020 Pasca Corona;Perubahan Pola Tren Kuliner 2020;Prediksi Tren Kuliner 2020 Setelah Masa Corona
Kuliner geprek keju (Sumber: pixabay.com)

1. Perubahan Pola Tren Kuliner 2020

Pada sekitar Bulan Maret 2020, sejak diumumkannya persebaran virus corona yang begitu masif dan pada pertengahan Maret 2020 juga diumumkan bahwa semua pelajar mulai dari tingkat dasar sampai dengan mahasiswa harus belajar dari rumah. Begitu pula dengan para pegawai dan karyawan yang harus mengikuti arahan Pemerintah untuk bekerja dari rumah (WFH- Work From Home). Pola tren kuliner menjadi sangat berubah, tidak lagi pda kuliner yang bisa dimakan di tempat, termasuk jenis jajanan dan cemilan juga berubah sangat drastais.

Baca Juga:
Perubahan ini disebabkan, karena adanya kekhawatiran tertularnya virus corona, sehingga semua tempat makan dan café hanya diperkenankan menyediakan makanan yang bisa dimakan di tempat. Melihat kondisi tersebut, berpengaruh pada pendapatan sehingga banyak pengusaha kuliner yang sengaja menutup usaha kulinernya. Yang mengakibatkan peta bisnis kuliner pada tahun 2020 saat dan setelah corona pasti berubah.

2. Prediksi Tren Kuliner 2020 Setelah Masa Corona

Tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan wabah virus corona turut berpengaruh terhadap perkembangan bisnis kuliner, begitu pula dengan konsep kulinernya turut berubah dan membuat adanya perubahan dalam penyajian dan cara mendapatkan makanan yang diinginkan.

Berikut prediksi tren kuliner 2020 setelah masa corona, antara lain:
  1. Ghost Kitchen. Jenis kuliner yang satu ini sebenarnya adalah solusi pilihan kuliner bagi para pengusaha yang tidak memiliki tempat kuliner dengan menggunakan rumah atau dapur milik sendiri, dengan hanya menggunakan jasa promosi online dan menggandeng jasa delivery online. Pada saat masa corona, Ghost Kitchen sangat laku keras, karena adanya kebijakan jaga jarak, dan kebutuhan makanan harus tetap terpenuhi, untuk kuliner yang disajikan memiliki banyak ragam. Dan diprediksikan setelah masa corona, jenis kuliner ini tetap bertahan dan masih memiliki prospek yang bagus.
  2. Coffee shop dan bisnis minuman semakin tumbuh. Untuk coffee shop menjadi satu pilihan bagi para pecinta kuiner yang tidak sempat menikmati kopi di rumah, dan sama halnya dengan ghost kitchen, sajian kopi dan bisnis minuman ini masih tetap bertahan, khususnya masih menjadi satu cara untuk memberikan kesempatan mereka yang ingin menikmati kopi, namun tidak sempat ke café.
  3. Nasi box. Sejak sebelum adanya wabah virus corona, nasi box sudah menjadi favorit dengan berbagai pilihan, namun dengan adanya wabah virus corona, nasi box menjadi jenis kuliner alternatif, khususnya bagi pecinta kuliner yang tidak bisa memasak, sehingga membutuhkan jasa pembuat kuliner ini.
  4. Aneka frozen food. Makanan ini selalu menjadi pilihan cadangan, bagi mereka yang membutuhkan sajian cemilan atau lauk. Namun di masa pandemi, jenis kuliner ini menjadi sajian makanan utama, dan diprediksikan kuliner ini tetap bisa berkembang di tahun 2020.
  5. Salad dan catering makanan sehat. Dengan berkembangnya pola hidup sehat, dan adanya pandemi corona, maka pecinta kulier yang kesulitan mencari bahan makanan sehat, menjadi terbantu dengan penyedia makan sehat ini.
  6. Bakso. Jenis kuliner ini menjadi kuliner yang bertahan sepanjang masa, bahkan saat ini banyak tempat kuliner legendaris bakso yang menyediakan berbagai pilihan bakso, bahkan memiliki terobosan baru dengan berbagai pilihan bakso nikmat, seperti bakso iga, bakso mercon dan banyak pilihan jenis kuliner bakso lainnya.
  7. Ayam geprek. Sajian kuliner ayam masih menjadi favorit, dan pada kondisi terkini, kuliner ayam geprek diprediksikan tetap bisa bertahan dan berkembang.
  8. Bubur ayam.  Jenis kuliner ini menjadi sajian kuliner yang dipastikan tetap ada, bahkan memiliki banyak pilihan, dipastikan setelah masa corona berakhir, bisnis kuliner bubur ayam masih menggeliat dengan berbagai aneka pilihan toping yang menarik.
  9. Gorengan, khususnya bakwan goreng dan tahu goreng. Di beberapa kota besar, kuliner ini sudah dikemas dengan bentuk yang menarik, dan dengan packaging yang bagus.
  10. Boba atau minuman buble milk. Minuman dengan jenis ini mulai dikenal sejak tahun 2019 kemarin, namun diprediksi di masa datang minuman ini tetap menjadi minuman favorit anak muda yang gaul.
Berbicara tentang prediksi tren kuliner 2020 pasca corona, memang memberikan sebuah harapan bahwa bisnis kuliner setelah masa pandemi corona berakhir, bisnis kuliner kembali pulih dan memberikan secercah peluang menarik yang bisa digapai.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel