Prediksi dan Peluang Bisnis Kuliner Setelah Masa Corona

Wabah corona masih menghantui semua negara, dan juga Indonesia salah satunya. Begitu banyak sektor bisnis yang terpengaruh dampak negatif akibat wabah virus corona ini. Dan bisnis kuliner juga menjadi salah satu sektor bisnis yang turut terpengaruh. Namun, diantara krisis yang tejadi pasti ada peluang untuk menggapai harapan, begitu juga harapan di masa akan datang, pasti sebagai pengusaha anda memiliki prediksi dan peluang bisnis kuliner setelah masa corona berakhir. Keyakinan dan semangat dalam menghadapi krisis saat corona menjadi sebuah cara untuk bisa melihat peluang yang ada.

Bukan seorang pengusaha namanya jika tidak memiliki ide bisnis, pintar melihat peluang dan tetap bersemangat dalam menghadapi krisis yang terjadi. Banyak sekali himbauan dan kebijakan dari Pemerintah agar tidak terjadi penyebaran virus corona secara masif, mulai dari bekerja dari rumah, melakukan social dan physical distancing, bahkan kebijakan melakukan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang dilakukan untuk menghentikan penyebaran virus corona ini.

Tentunya semua kebijakan pasti memiliki efek positif dan negatif, sebagai pengusaha tentunya tetap harus mengikuti aturan yang dijalankan. Untuk itu, banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya mengubah konsep bisnis yang dijalani, bila selama ini bisnis kuliner kebanyakan dilakukan dengan cara off line, bahkan sampai tercipta sebuah bentuk wisata kuliner atas kuliner legendaris, namun sejak adanya wabah virus corona yang melanda, menjadikan pengusaha kuliner mengubah konsepnya menjadi lebih mengoptimalkan bisnis online.

Prediksi dan Peluang Bisnis Kuliner Setelah Masa Corona
Sumber gambar: pixabay.com

1. Peluang Bisnis Kuliner Setelah Masa Corona

Sebagai pengusaha atau entrepreneur pasti anda sudah bisa melihat bisnis kuliner apa yang bisa dilakukan. Dan sebenarnya masa pandemi ini bisa menjadi sebuah bentuk ujian bagi bisnis anda, bila bisnis anda mampu bertahan di saat pandemi corona ini, bisa dipastikan bisnis anda akan tetap bisa bertahan bahkan bisa berjalan sampai masa pandemi corona ini selesai.

Baca Juga:
Memulai bisnis kuliner, bahkan mengubah konsep bisnis di saat corona menjadi sebuah peluang, terdapat beberapa hal yang bisa anda dapatkan di saat anda membuka bisnis di masa corona:
  • Membuka bisnis kuliner di masa pandemi menjadikan usaha kuliner anda lebih dikenal, karena pada masa ini banyak usaha yang tutup, karena kurangnya bahan bahkan tidak mampu membayar kewajiban karena terjadi penurunan pendapatan.
  • Anda akan mendapatkan peluang dengan bisa membuka usaha di rumah, karena kebanyakan saat ini para konsumen kuliner lebih menghindari untuk datang ke tempat kuliner, karena khawatir tertulas virus corona.
  • Anda mendapat keuntungan dengan tidak perlu membayar biaya sewa tempat, sehingga alokasi biaya sewa bisa dipergunakan untuk penambahan perputaran modal kerja usaha bisnis kuliner anda.
Pintar melihat peluang dan mau mengubah konsep strategi bisnis menjadi hal yang penting , agar anda tetap mendapatkan pemasukan usaha, meskipun tidak sebanyak yang anda dapatkan saat kondisi normal.

Setelah masa pandemic corona ini berakhir, bisnis kuliner akan semakin berkembang, dengan adanya referensi dan konsep bisnis yang berbeda sebelum terjadi pandemic virus corona.

2. Prediksi Bisnis Kuliner Setelah Masa Corona

Masa corona bisa dikatakan menjadi sebuah ujian dan masa dimana anda harus memetakan peta bisnis kuliner yang akan anda jalani. Selama anda sudah mencoba membuka bisnis kuliner di saat masa pandemi dan bisa bertahan, pasti setelah masa pandemi, bisnis kuliner anda tetap bisa berjalan, apalagi bisnis kuliner yang dilakukan dari rumah.

Selain itu, pada umumnya bisnis kuliner adalah bisnis yang tidak ada matinya, karena setiap orang pasti membutuhkan makanan. Dan saya melihat bisnis kuliner semuanya masih bisa dilakukan, namun dengan adanya penambahan jenis kuliner yang bisa dilakukan selain bisnis kuliner konservatif.

Terdapat beberapa prediksi bisnis kuliner yang semakin berkembang setelah masa corona ini berakhir, yaitu:
  1. Ghost Kitchen. Bisnis kuliner ini semakin banyak dibuka, dan semakin banyak yang mengembangkan karena bisnis ini bisa dilakukan dirumah, dan anda tinggal bekerjasama dengan delivery online yang ada saat ini, baik Go Food maupun Grab Food.
  2. Frozen food. Di saat pandemi corona, jenis kuliner seperti frozen food menjadi salah satu bahan makanan yang paling dicari, karena selain harganya murah dan mudah dalam mengolah masakan ini.
  3. Makanan ringan yang tahan lama. Di saat pandemic corona, dan disaat semua harus bekerja dari rumah, belajar dari rumah, maka anak-anak membutuhkan jajanan sebagai pengganti jajanan seperti di sekolah. Dan jenis kuliner ini tetap diminati sebagai cemilan di rumah.
  4. Rumah makan. Setelah masa pandemi, diperkirakan usaha bisnis kuliner konservatif akan kembali seperti semula, karena setiap orang membutuhakan tempat yang nyaman untuk menikmati kuliner dan juga ingin memberikan kesempatan kebersamaan bersama dengan keluarga, teman bahkan rekan bisnis.
  5. Camilan hand made. Camilan seperti ini menjadi camilan paling dicari terutama anak yang baru gede, atau anak muda kekinian. 
  6. Penjualan sayuran online. Di saat pandemi, penjual sayur keliling mencoba cara baru, dengan menanyakan kebutuhan para pelanggan, dan setelah didata tukang penjual sayur keliling ini mengantarkan semua kebutuhan para ibu dan sudah diletakkan pada plastik pembungkus. Dan setelah masa pandemic ini selesai konsep berjualan sayur secara keliling masih bisa dilakukan dengan pengembangan konsep yang lebih menarik.
Berbisnis kuliner memang sangat menarik, kekhawatiran yang terjadi saat pandemi corona ini tidak perlu terjadi dan tidak perlu dibawa berlarut-larut, dan keyakinan serta prediksi dan peluang bisnis kuliner setelah masa corona akan menguntungkan harus diyakini lebih baik, karena hal ini akan membawa dampak positif dan semangat untuk lebih maju.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel